Sukses

Lifestyle

7 Alasan Mengapa Anak Tengah Adalah Anak Terbaik dalam Keluarga!

Orang bilang anak pertama selalu disukai banyak orang karena dewasa dan selalu memimpin, sedangkan anak terakhir selalu mendapat perhatian lebih dari orangtua. Sebagai anak tengah, mungkin kamu jadi kesal karena tidak terlalu dianggap.

Tapi tahukah kamu bahwa sebenarnya anak tengah adalah anak yang punya kepribadian paling baik? Ini alasan yang mendukung pernyataan tersebut.

1. Tahu betul bagaimana jadi kakak dan adik sekaligus

Kamu tahu bagaimana jadi kakak yang pengertian bagi adikmu, sekaligus bagaimana jadi adik yang baik buat kakakmu. Kamu tidak mengedepankan egomu seperti anak sulung atau anak bungsu.

2. Punya pemikiran fleksibel

Sebagai anak tengah, seringkali kamu harus mengalah dan lebih toleran, baik terhadap kakak maupun adikmu. Kamu jadi mengenal lebih banyak karakter, dan dari sinilah kamu juga mengembangkan pemikiran terbuka dan fleksibel, menerima apa yang kamu hadapi.

3. Peran Penengah

Uniknya, ketika ada pertengkaran antara adik dan kakak, sesuai urutan lahirnya, anak tengah seringkali jadi penengah. Kamu berada di sisi netral, tidak memihak dan tidak suka jika pertengkaran terus berlangsung. Karena kamu sadar, harus ada sisi netral di antara dua kutub.

Anak tengah punya banyak kelebihan/copyright Pixabay.com

4. Karena kurang perhatian, kamu jadi lebih tangguh

Jadi anak tengah mungkin menyebalkan karena seringkali orangtua lebih mencurahkan perhatian pada kakak atau adikmu. Tapi justru kurangnya perhatian inilah yang kemudian membentuk karaktermu lebih kuat dan tahan banting. Kamu bukan tipe manja seperti adikmu atau haus pujian seperti kakakmu.

5. Lebih sabar dan mudah beradaptasi

Karena kamu terbiasa menghadapi sikap kakakmu yang ingin mendominasi dan adikmu yang ingin menang sendiri, kamu jadi belajar bersabar dan berkompromi. Kamu juga ingin seperti mereka, hanya saja tak punya pilihan lain selain ekstra sabar. Dan inilah yang melatihmu menjadi pribadi yang mudah beradaptasi di situasi apa pun.

Kelebihan terlahir jadi anak tengah/copyright Shutterstock.com

6. Jadi yang paling nakal atau paling kalem

Tergantung setiap orang bagaimana menghadapi takdir sebagai anak tengah. Ada beberapa orang yang jadi super bandel karena kurang perhatian, atau justru berkembang jadi anak paling tenang dan kalem. Keduanya punya tujuan sama, ingin menonjolkan karakter.

7. Tidak pernah merasa kesepian

Karena merasa kesepian bisa membuatmu tak bahagia, kamu tak perlu merasa kesepian jadi anak tengah, karena kamu punya banyak saudara. Kakakmu bisa jadi tempat bertanya ini itu, dan ketika dia menikah dan pindah dari rumah, kamu masih punya adikmu saat di rumah.

Kamu memang tak bisa meminta dilahirkan pertama, kedua atau terakhir dari rahim ibu, tapi semua itu ada sisi positifnya dan bersyukurlah dilahirkan jadi anak tengah, karena diam-diam kamu punya kualitas baik yang tidak dimiliki kakak atau adikmu.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading