Sukses

Lifestyle

Berdasarkan Kepribadian, Begini Caramu Membuat Tujuan Hidup

 

Fimela.com, Jakarta Jika ingin hidup bahagia, salah satu caranya adalah memulai dari diri sendiri. Bahagia itu pilihan, dan jika seseorang mampu menciptakan kebahagiaan di dalam dirinya, itu adalah modal awal merasa bahagia dalam banyak hal. Salah satu hal yang bisa jadi ukuran apakah kamu bahagia atau tidak adalah ada tidaknya tujuan hidup.

Setiap orang memiliki cara sendiri dalam menentukan tujuan hidup. Ternyata dari kepribadian, kita bisa menebak bagaimana seseorang menentukan tujuan hidup, sekaligus mengukur seberapa bahagia kamu dengan hidupmu. Seperti yang diungkapkan Gretchen Rubin, penulis The Happiness Project, ada empat tipe kepribadian berdasarkan ekspektasi intrinsik dan ekstrinsik yang mampu mengungkap caramu membuat tujuan hidup.

1. The Upholder

Orang dengan kepribadian the upholder adalah tipe yang menentukan tujuan hidupnya secara mandiri dan mendorong orang lain untuk mencapai tujuan hidup mereka. Orang upholder tidak suka meninggalkan orang lain tertinggal di belakang, terutama mereka yang ia sayangi atau dekat dengannya. Sebisa mungkin ia akan membantu, sembari fokus dengan tujuan hidupnya sendiri. Ia suka jika sukses bersama-sama dan tidak kenal lelah mengingatkan dan menyemangati orang lain untuk meraih tujuan hidupnya.

2. The Questioner

Orang dengan kepribadian the Questioner adalah tipe yang hanya akan fokus dengan satu tujuan saja dalam hidup jika ia merasa tujuan itu sangat berarti, bisa membuatnya bahagia dan penting untuk dilakukan, bukan hanya tuntutan dari pihak luar. Slogannya adalah 'be true to yourself' dan gapai apa pun untuk dirimu sendiri. Ia tidak terpengaruh dengan ekspektasi orang lain terhadapnya, namun jika keinginan orang lain sehati dengan keinginannya, itu akan memberinya semangat lebih. Tipe Questioner adalah orang yang mandiri, punya pendirian, mampu menghargai dan mencintai diri sendiri dengan baik, serta tidak suka menyampuri urusan orang lain.

3. The Obliger

Orang dengan kepribadian the Obliger adalah tipe people-pleasing, yang akan mengikuti komitmen dan mencapai tujuan karena merasa ia bertanggung jawab akan hal itu. Mereka tak masalah membiarkan impian sesungguhnya pudar, asal tidak merepotkan orang lain. Ketika orang-orang berekspektasi padanya, the obliger merasa ingin memenuhi ekspektasi tersebut karena tak suka mengecewakan orang yang menyayanginya, misalnya orangtua, keluarga atau pasangan. Tipe orang seperti ini mudah beradaptasi tapi juga mudah kewalahan dan tidak puas.

4. The Rebel

Seperti namanya, orang dengan kepribadian the Rebel adalah tipe pemberontak yang percaya pada perasaannya sendiri. Ia menolak semua aturan dan ekspektasi orang lain. Mereka merasa keputusan memang sepenuhnya ada padanya, seringkali memiliki emosi naik turun, dan terkadang akan berhenti di tengah jalan sebelum mencapai tujuan hidup. Mereka sangat termotivasi oleh rasa kebebasan dan kemerdekaan menentukan jalan hidupnya sendiri. Semakin kamu memintanya melakukan sesuatu, semakin tak mau dia, bahkan jika itu sesuatu yang sebenarnya ia sukai.

Jadi, manakah kira-kira tipe kepribadianmu Sahabat Fimela? Sudah bisa melihat dirimu sendiri sekarang?

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading