KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. VIDEO RESEP

13 Aturan Yang Wajib Anda Ingat Saat Makan

Rabu, 24 September 2008 16:20 Penulis:
(c)asiaworld-expo
Vemale.com - Menjaga image itu adalah hal yang penting bagi Anda. Misalnya saja Anda menghadiri acara makan malam dengan beberapa orang yang penting. Apabila Anda tidak menjaga sikap, maka akan meninggalkan kesan buruk bagi mereka.

Anda ingin tahu etiket makan yang baik? Baca artikel berikut. Menurut Dr. Dave dan Dr. D ada 13 etiket makan yang perlu Anda lakukan.

1. Katakan 'tidak' untuk semua jenis alat elektronik

Jadi di sini Anda wajib mematikan semua alat elektronik Anda. Handphone, MP3 Player, Ipod, dsb. Anda wajib mematikan semua alat komunikasi Anda. Sekalipun ada telepon, sangat disarankan untuk tidak menerimanya di meja makan. Apabila memang hal itu mendesak, minta ijinlah meninggalkan meja makan. Carilah tempat yang nyaman untuk menerima panggilan tersebut. Aturan berikutnya jangan sekali-kali menggunakan laptop atau notebook di meja makan. Hal itu sangat tidak sopan. Kegiatan utama yang dilakukan di meja makan adalah menyantap menu makan Anda. Bukan melakukan kegiatan lain yang seharusnya tak dilakukan di meja makan.

2. Tata letak lap makan

Bukan cuma kota saja yang punya tata letak. Ternyata di lap makan yang biasa kita abaikan ada aturan letaknya. Jadi sebelum makan Anda wajib meletakkannya di sebelah kiri. Anda boleh meletakkan di pangkuan Anda. Jangan lupa untuk melap mulut Anda setelah minum. Apabila Anda menunggu menu lain Anda tetap harus meletakkan di sisi kiri piring Anda. Sisi kanan piring hanya digunakan setelah Anda benar-benar telah menyelesaikan makan Anda. Lipat kembali lap makan Anda. Letakkan di kanan piring Anda.

3. Tamu atau Penjamu?

Jika Anda adalah penjamu, maka Anda harus memulai acara makan terlebih dahulu. Begitu sebaliknya, apabila Anda tamu harus menunggu si penjamu. Namun keduanya tetap harus menunggu semua siap dengan menu di piringnya. Barulah jamuan makan bisa dimulai.

4. Alat makan

Alat makan merupakan alat perang yang tak boleh salah dalam menggunakannya. Gunakan saja patokan bahwa yang harus Anda pakai adalah alat makan yang ditata paling luar (paling pinggir). Alat makan selalu ditata dari luar ke dalam. Dan ingat! Jangan kembalikan alat makan yang telah Anda pakai ke atas meja. Namun letakkan di piring. Garpu dan pisau diletakkan berjajar dengan arah jam 4 di atas piring. Sendok sup diletakkan di dalam mangkuk sup. Sedangkan sendok teh diletakkan di atas alas gelas.

5. Roti

Di beberapa tempat (makanan eropa) pada umumnya selalu disediakan roti. Ketika Anda mengambilnya, letakkan di piring Anda. Bagi menjadi beberapa bagian, baru oleskan mentega. Jangan biarkan ukurannya terlalu besar. Makan dengan mulut yang terlalu penuh tak bagus untuk Anda.

6. Posisi duduk sangat penting saat makan. Anda harus duduk tegak. Jangan membungkuk, namun biarkan makanan yang ada di sendok Anda yang menghampiri mulut Anda.

7. Posisi tangan

Anda boleh meletakkan pergelangan tangan Anda di meja. Namun jangan menempelkan siku ke meja. Itu dianggap tidak sopan dalam etika makan.

8. Posisi kaki

Posisikan kaki Anda selalu dekat dengan kursi Anda. Tujuannya supaya tidak bertabrakan dengan kaki orang lain.

9. Usahakan untuk selalu mengunyah dengan mulut tertutup. Oleh sebab itu jangan memasukkan terlalu banyak makanan ke dalam mulut Anda. Kunyah hingga habis, baru lanjutkan suapan berikutnya.

10. Membuang makanan

Adakalanya ada sesuatu makanan yang sulit dicerna dan Anda bermaksud membuangnya. Boleh-boleh saja. Ada cara sopannya. Anda dapat menggunakan sendok untuk mengeluarkannya. Kemudian letakkan kembali di sisi kosong piring Anda. Jangan diletakkan di meja. Akan terlihat menjijikkan dan tidak sopan.

11. Ada beberapa hal yang harus Anda hindari saat berada di meja makan.

Misalnya, mengunyah dengan suara keras, menyisir, berbicara dengan mulut penuh makanan, atau berdandan. Apabila memang diperlukan. Seperti aturan yang pertama, Anda bisa minta ijin untuk meninggalkan meja. Jangan lupa untuk selalu meminta ijin pada yang lain saat Anda akan meninggalkan meja.

12. Yang perlu Anda ingat dan tidak boleh dilupakan adalah ucapkan terima kasih. Tugas seorang waiters adalah melayani Anda. Namun Anda harus tetap memelihara kesopanan dengan mengucapkan terima kasih padanya setiap ia selesai menyajikan menu makanan, atau menuangkan air minum Anda.

13. Aturan terakhir adalah makan dengan santai. Tidak tergesa-gesa. Nikmati saja kelezatan makanan yang Anda nikmati. Selamat menikmati makan malam Anda. (vem/bsb/bee)
KOMENTAR PEMBACA
TOPIK TERKAIT