Sukses

Lifestyle

Ngeri.. Jamur Ini Dijuluki Tangan Setan dan Seolah Tumbuh Dari Telur

Alam selalu menyediakan beragam hal indah dan mengagumkan. Dan salah satu keindahan yang disajikan alam adalah jamur. Seperti yang kita tahu, jamur yang merupakan tumbuhan tanpa klorofil ini memiliki bentuk yang bermacam-macam dan memiliki rasa yang bermacam-macam pula.

Beberapa jamur aman untuk dikonsumsi dengan bentuk yang sangat sederhana. Tapi, beberapa lain beracun dengan bentuk yang sangat cantik dan mengesankan. Bahkan, ada satu jamur yang memiliki bentuk sangat unik. Saking uniknya, jamur ini cenderung mengerikan dan ia pun mendapat julukan sebagai tangan setan.

Jamur yang dijuluki sebagai tangan setan | Photo: nerdist.com

Dikutip dari laman nerdist.com, jamur yang dijuluki sebagai tangan setan ini adalah Clathrus Archeri. Jamur ini sendiri asli dari Australia dan Selandia Baru. Ia bisa ditemukan di tengah hutan di sana. Menurut beberapa riset yang pernah dilakukan, jamur jenis ini cukup langka. Biasanya, mereka akan ditemukan di tengah hutan. Dari laporan yang ada, awal kemunculan jamur berbentuk bulat-bulat putih seperti telur dan seperti ada cairan atau agar-agar di dalamnya. Sementara terus tumbuh, beberapa hari selanjutnya jamur akan membuka dan keluarlah bagian tubuh jamur yang berbentuk seperti jari tangan lengkap dengan cairan merah seperti darah.

Jamur yang berbentuk seperti tangan karena belum mekar sempurna| Photo: Copyright icetrend.blogspot.com

Jari-jari pada jamur ini biasanya sebanyak 4 hingga 7 ruas. Bentuknya ramping, baunya cukup busuk dan seperti ada darah merah yang keluar dari dalamnya. Bentuk jari dan bau busuk ini sebenarnya untuk menarik serangga. Menariknya serangga ini akan membuat jamur bisa memproduksi spora berharga di tubuhnya. Dengan begitu, jamur itu pun bisa kembali tumbuh suatu saat nanti. Jari-jari pada jamur akan ditutupi oleh massa kecil yang disebut spora Gleba. Meskipun dari jauh terlihat indah, jika didekati, baunya akan sangat menyengat.

Jamur tangan setan | Photo: Copyright pinterest.com

Beberapa sumber lain seperti pinterest.com menyebutkan jika jamur ini pertama kali digambarkan sebagai Lysurus Archeri oleh Rev. MJ Barkeley pada tahun 1860. Ia juga dikenal sebagai jamur tangan setan karena bentuknya yang menyerupai tangan tetapi sangat menyeramkan dan baunya busuk. Beberapa orang pernah bertanya apakah jamur ini aman untuk dikonsumsi? Dan jawabannya cukup mengejutkan. Jamur ini aman saat ia sudah mekar. Beberapa penduduk lokal yang pernah makan jamur ini dan memakan agar-agar di dalam jamur yang belum mekar pernah mengalami pengalaman yang tak menyenangkan. Setelah makan agar-agar tersebut, tubuh menjadi kejang-kejang dan muntah.

Indah atau mengerikan Ladies? | Photo: Copyright asturnatura.com

Wah, jamur yang unik sekali ya Ladies. Bagaimana, apakah kamu pernah bertemu dengan jamur yang unik seperti ini pula? Kalau menurut kamu, jamur ini ngeri atau justru indah?

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading