Sukses

Beauty

Cengkeh Ternyata Penuh Nutrisi Lho

Kalau bicara masalah tanaman asli Indonesia, tanaman cengkeh ini pasti tidak akan bisa dilewatkan. Soalnya, tanaman dengan nama latin Syzygium Aromaticum ini dikenal secara mendunia sebagai tanaman asli Indonesia lho Ladies. Hebat bukan?

Kenapa hebat? Soalnya,tanaman cengkeh atau yang disebut dengan clove di kawasan dunia barat ini populer sekali di sana Ladies. Baik untuk bumbu masakan maupun untuk tanaman obat. Di Indonesia, selain digunakan sebagai bumbu, cengkeh ini dipakai juga untuk bahan utama dalam rokok kretek khas tanah air.

Tanaman yang termasuk dalam keluarga pohon Myrtaceae ini juga memiliki fungsi sebagai tanaman obat nih Ladies. Soalnya dalam cengkeh ini ada senyawa aktif yang bernama eugenol yang menurut whfoods.com sangat sering dipakai penelitian di Eropa lho. Tentunya yang diteliti adalah khasiat dari tanaman khas Indonesia ini.

Tanaman cengkeh ini memiliki banyak khasiat lho Ladies, baik untuk menetralisir racun dari polusi udara seperti carbon tetrachloride, melawan kanker usus dan juga merawat radang sendi. Bahkan di Amerika, cengkeh ini diekstrak kandungan eugenolnya dan digunakan untuk perawatan gigi.

Eugenol dan kandungan lain dalam cengkeh seperti beta-caryphyllene diketahui dapat berfungsi sebagai anaesthetic ringan Ladies, mangkanya sering digunakan sebagai obat bius lokal dalam perawatan gigi, di samping sifatnya sebagai anti baktri alami. Di beberapa negara, minyak cengkeh digunakan sebagai bahan campuran obat semprot untuk mengatasi sakit tenggorokan dan sebagai cairan pencuci mulut.

Oleh: Sony Anshar

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading