Sukses

Beauty

Obat Herbal: Temulawak

Temulawak. Siapa yang tak kenal tanaman herbal asli Indonesia ini. Temulawak umumnya menjadi pilihan favorit bagi penggemar jamu, karena walaupun rasanya pahit, temulawak dikenal memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh.

Temulawak termasuk dalam suku temu-temuan (Zingiberaceae). Obat herbal yang satu ini memiliki kandungan yang cukup kompleks. Seperti dilansir permathic.blogspot.com, temulawak terdiri dari pati, kurkuminoid, dan minyak asiri.

Pati adalah kandungan terbanyak dalam temulawak, sekitar 48-54% (tergantung dari ketinggian tempat tumbuh, makin tinggi tempat tumbuhnya, semakin rendah kadar patinya, dan semakin tinggi kadar minyaknya. Pati temulawak tersusun atas abu, karbohidrat, lemak, protein, serat, kurkuminoid, kalsium, natrium, kalium, magnesium, zat besi, mangan, dan kadnium.

Sedangkan kurkuminoid dalam temulawak mempunya aroma yang khas, tidak beracun, dan terdiri kurkumin yang mempunyai aktivitas anti-inflamasi dan anti hepatotoksik. Dan kandungan terakhir adalah minyak asitri yang berupa cairan berwarna kuning atau jingga, dan berbau menyengat.

Seperti dikutip dari khasiat-temulawak.blogspot.com, temulawak memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh, antara lain sebagai detoks alami untuk hati, antiseptik, antibakteri, dan anti-inflamasi alami, meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI, meringankan rasa sakit saat haid, mengontrol metabolisme lemak dan kadar kolesterol, menjaga metabolisme sistem pencernaan, menjaga daya tahan tubuh, mengobati mag, sakit kepala, masuk angin, konstipasi, jerawat wajah, serta menambah nafsu makan.

Selain itu, temulawak juga mengandung xanthorrhizol yang berfungsi sebagai anti kariogenik yang dapat mencegah perkembangan bakteri perusak gigi. Sedangkan kandungan minyak asitrinya, dapat meningkatkan produksi cairan empedu dan menekan terjadinya inflamasi dalam jaringan tubuh.

Nah, ladies, tertarik untuk memasukkan temulawak kedalam konsumsi harian anda?

Oleh: Asizah

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading