Sukses

Lifestyle

Sebabkan Keracunan, Makanan & Alat Dapur Ini Harus Segera Dibuang!

Ketika memperhatikan keselamatan dan kebersihan dapur, ada banyak makanan dan peralatan dapur yang ternyata juga bisa berbahaya dan menyebabkan keracunan karena menjadi tempat berkembangnya bakteri dan mungkin sudah terlalu lama disimpan dan dipakai. Itulah mengapa kamu perlu tahu kapan 'masa kadaluwarsa' barang dan makanan di dapur.

1. Spons cuci piring
Spons cuci piring yang sering dipakai mungkin akan menipis dan sobek-sobek, tapi masih bisa dipakai. Meski begitu, spons cuci piring sudah harus dibuang dan diganti baru karena dengan banyaknya rongga dan selalu dalam keadaan basah, cenderung jadi tempat berkembang biaknya bakteri. Ketika sudah menipis dan berbau, sebaiknya ganti bau.

2. Teflon yang sudah mengelupas
Material yang mengelupas dari teflon bisa membahayakan kesehatan jika masuk ke dalam tubuh. Lebih baik ganti baru untuk menghindari keracunan.

3. Sisa makanan yang terlalu lama disimpan di kulkas
Terkadang ada banyak makanan yang tidak habis dimakan dan akhirnya harus disimpan di kulkas. Sayangnya, banyak yang tidak ingat kapan terakhir kali memasukkan sisa makanan tersebut. Jika sudah begitu, pilih alternatif paling aman, yaitu membuangnya. Karena bukan hanya rasanya saja yang sudah diragukan, tapi juga kandungan nutrisi dan bakteri di dalamnya.

4. Makanan kemasan yang sudah terbuka
Makanan kaleng seperti tuna, kornet, susu kotak dan lainnya yang mengandung air, lebih baik segera diolah setelah kemasannya dibuka. Karena menyimpan makanan kemasan dalam keadaan sudah dibuka di kulkas hanya membuat makanan tersebut ditumbuhi bakteri.

5. Telur lama
Membeli telur dalam jumlah banyak sekaligus memang punya risiko busuk setelah disimpan lama. Biasanya, jika telur terlalu lama disimpan akan pecah bagian kuningnya atau menimbulkan bau, segera buang. Tidak perlu diolah karena telur sebenarnya sudah rusak.

6. Talenan yang banyak goresan
Talenan yang sering dipakai akan menimbulkan banyak goresan pisau di atasnya. Sela-sela goresan ini bisa dijadikan tempat bagi bakteri untuk berkembang biak, bahkan ketika sudah dicuci bersih, susah membersihkan sela-sela ini. Beberapa peralatan lain yang punya potensi sama adalah peralatan dengan bahan kayu.

Itu dia sekian makanan dan alat dapur yang kemungkinan besar haru segera dibuang atau disingkirkan dari dapur dan kulkas karena berpotensi mengandung racun.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading