Sukses

Beauty

6 Gejala yang Ditunjukkan Tubuh Sebelum Serangan Jantung

Serangan jantung pada wanita mungkin lebih sering diabaikan. Gejala yang bisa dilihat pun tidak ekstrem, bahkan terkesan sangat tidak mengkhawatirkan. Padahal, serangan jantung sangat mematikan dan jika tidak diketahui sedari awal, nyawa seseorang yang mengalami bisa saja terancam.

Ini tanda-tanda serangan jantung pada wanita yang harus kamu ketahui dan sadari mulai sekarang.

1. Pusing
Kebanyakan serangan jantung tidak selalu menyerang hingga membuatmu kehilangan kesadaran, namun timbul dengan perlahan yaitu dengan kepala pusing. Ini adalah tanda bahwa darah kekurangan oksigen karena jantung tidak berdetak dengan baik untuk memompa ke otak.

2. Tubuh bagian atas yang nyeri
Jantung kita tidak punya banyak syaraf yang menghubungkan ke segala tubuh. Umumnya, efek yang dirasakan ketika jantung tidak bekerja dengan semestinya adalah timbulnya rasa sakit atau nyeri di bagian punggung, bahu, lengan, leher dan rahang. Beberapa wanita menggambarkannya seperti ada sesuatu berat membebani punggung.

3. Kelelahan
Merasa sangat kelelahan biasanya dirasakan wanita yang akan mengalami serangan jantung lebih dari satu bulan sebelumnya. Dan ini tidak disebabkan karena sering begadang atau kurang tidur, bahkan tidak banyak kegiatan membuat mereka sangat lelah.

Gejala serangan jantung seringkali tidak terlihat/copyright healthblog.uofmhealth.org

4. Berkeringat
Berkeringat dingin di malam hari sangat umum untuk wanita yang sedang menopause atau baru saja olahraga. Tapi jika bukan dua hal itu yang sedang dilakukan, ini bisa jadi tanda serangan jantung.

5. Mual
Tidak sedang hamil tapi mual-mual? Serangan jantung pada wanita umumnya menunjukkan gejala mual-mual. Hal ini terjadi dua kali lebih sering dan mungkin bagi wanita dibanding serangan jantung pada pria.

6. Nafas pendek-pendek
Jika melakukan aktivitas sederhana seperti berjalan cepat atau olahraga sejenak bisa membuatmu kehabisan napas atau mengalami nafas pendek-pendek seakan sudah olahraga berat, ini bisa jadi tanda serangan jantung.

Gejalanya memang tidak heboh seperti yang mungkin banyak orang lihat di sinetron, tapi gejala serangan jantung pada wanita ini tak bisa diabaikan dan perlu penanganan segera agar tidak menimbulkan kejadian yang tak diinginkan.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading