Sukses

Beauty

5 Cara Mudah Menjaga Tubuh Biar Nggak Gampang Sakit

Sering kan mendengar lebih baik mencegah daripada mengobati? Kalau tubuh sudah jatuh sakit, proses pengobatan dan penyembuhannya bisa butuh waktu yang lama. Belum lagi dengan makin terbatasnya gerak dan aktivitas karena kondisi tubuh sedang ngedrop.

Biar nggak gampang sakit, ada sejumlah cara yang bisa kamu lakukan, ladies. Seperti cara-cara mudah berikut ini. Menjaga kekebalan tubuh ternyata bisa dimulai dari membiasakan hal-hal sederhana.

Penuhi Kebutuhan Tidur Cukup Setiap Hari
Dilansir dari prevention.com, dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Carnegie Mellon University, meskipun orang-orang berkata bahwa mereka merasa segar setelah tidur kurang dari tujuh jam per hari, tapi mereka memiliki risiko tiga kali lipat lebih besar terkena flu dibandingkan orang-orang yang tidur minimal delapan jam setiap harinya. Sesibuk apapun dirimu, tetap luangkan waktu yang cukup untuk tidur setiap harinya ya. Tubuh tetap butuh istirahat maksimal agar tidak gampang jatuh sakit.

Kelola Stres dengan Meditasi Rutin
Kalau pikiran sedang stres, tubuh rentan terkena berbagai jenis penyakit. Kalau kondisi pikiran stabil, risiko tubuh terkena penyakit bisa makin berkurang. Salah satu cara meredakan stres adalah dengan meditasi. Meditasi ini diyakini bisa mengurangi pengaruh fisik yang disebabkan oleh stres yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Olahraga Minimal 30 Menit Sehari
Saatnya untuk lebih rutin olahraga, ladies. Berolahraga 30 hingga 60 menit sehari bisa memperlancar aliran darah sehingga sel-sel imun dapat tersalurkan ke semua bagian tubuh. Sangat disarankan untuk rutin olahraga setidaknya lima kali seminggu agar kebugaran tubuh terjaga.

Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh Setiap Harinya
Sudah minum air putih cukup hari ini? Jamey Wallace, MD, kepala petugas medis di Bastyr Center untuk Natural Health di Seattle mengatakan bahwa memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan baik bisa mencegah kita terkena infeksi. Ia memaparkan bahwa selaput lendir dan sel-sel imun di sekresi kita bertugas untuk melawan virus penyakit flu, dan fungsinya tidak akan berjalan baik jika tubuh mengalami dehidrasi. Jadi, kemana pun kamu pergi selalu pastikan bawa air minum yang cukup, ya.

Cuci Tangan Rutin dan Keringkan
Setiap kali selesai beraktivitas atau melakukan sesuatu, cuci tangan sampai bersih. Tapi cuci tangan saja tidak cukup, kamu juga harus benar-benar mengeringkannya. Kenapa? Karena bakteri masih bisa menempel di tangan yang masih basah.

Itu tadi lima tips dasar dan sederhana yang bisa kamu coba untuk meningkatkan kekebalan tubuh agar tidak gampang jatuh sakit. Semoga infonya bermanfaat, ya ladies.



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading