Sukses

Beauty

Konsisten Jaga Pola Hidup Lebih Sehat Bisa Bikin Panjang Umur

Siapa yang tak ingin memiliki usia hidup yang lama dan sehat secara fisik maupun psikis? Bisa dipastikan bahwa semua orang menginginkan hal ini. Sayangnya, pola hidup yang tidak sehat sering kali membuat seseorang harus kehilangan nyawa di usia yang masih sangat muda. Karena pola hidup yang tidak sehat pula, seseorang bisa terserang berbagai penyakit mulai dari yang paling ringan hingga paling berat sekali pun.

Dikutip dari laman asiantown.net, sebuah studi baru yang dilakukan para ahli menyebutkan bahwa hidup yang lebih lama sebenarnya bisa didapatkan semua orang. Dengan catatan, mereka harus mau memperbaiki pola hidup dan konsisten untuk menerapkan pola hidup sehatnya.

Periset menemukan bahwa kenaikan 20% pada nilai kualitas diet seseorang dikaitkan dengan penurunan risiko kematian mulai dari 8 hingga 17%. Penelitian yang dipublikasikan di The New England Journal of Medicine, disebutkan bahwa mereka yang mau mengurangi asupan daging dan menggantinya dengan kacang merah, almond atau kedelai, lebih mungkin memiliki kualitas hidup yang lebih baik dan sisa hidup yang lebih lama atau panjang umur.

Mercedes Sotos Prieto, penulis dari penelitian ini sekaligus profesor sains ilmu gizi di Ohio University di Athens, Ohio menyebutkan bahwa pada 4 ons daging merah atau 1/5 ons daging olahan, nutrisinya setara dengan segenggam kacang merah atau kacang polong. Yang membuat lebih menarik, pada kacang tidak ada efek samping serius bagi tubuh. Ini berbanding berbalik dengan daging.

Studi ini juga menemukan bahwa memperbaiki pola makan dan hidup sehat secara konsisten juga berkala dari waktu ke waktu akan meningkatkan angkat harapan hidup lebih besar. Ini juga akan menurunkan serangan berbagai risiko penyakit mematikan yang mengancam jiwa seseorang. Penelitian ini sendiri dilakukan pada sedikitnya 74 ribu orang terdiri dari wanita dan laki-laki rentang usia 30 - 75 tahun.

Menurut para peneliti, tak perlu melakukan diet yang terlalu berat dan menyiksa ketika ingin mendapatkan tubuh sehat, berat badan ideal dan pikiran nyaman. Yang terpenting, terus perbaiki pola makan dan hidup, cukupi kebutuhan air, istirahat dan olahraga teratur. Dibanding dengan konsumsi sumber protein dari sumber makanan hewani, alangkah baik jika kita konsumsi protein yang bersumber dari sumber makanan nabati.

Berbagai nutrisi dan vitamin terbaik untuk tubuh umumnya terkandung pada buah-buahan, sayur-sayuran dan biji-bijian. Semoga informasi ini bermanfaat.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading