Sukses

Beauty

Usai Berbuka dengan Makanan Tinggi Kolesterol? Segera Lakukan Ini

Kadang karena undangan buka puasa bersama, kita jadi sulit mengendalikan diri untuk makan semua yang tersaji. Atau ketika di rumah sudah dibuatkan aneka makanan lezat untuk buka puasa, kita akan senang hati menghabiskannya. Yang terjadi kemudian kita jadi tak sadar sudah kebanyakan mengonsumsi makanan tinggi kolesterol.

Setelah berbuka puasa dengan makanan tinggi kolesterol, kamu bisa coba melakukan sejumlah hal untuk menjaga kesehatan tubuhmu. Seperti hal-hal berikut ini.

Minum Air Putih Hangat
Jangan minum air es, karena ini bisa membekukan minyak dan kolesterol di dalam pencernaan sehingga sulit dicerna dan menyusahkan organ liver, usus dan lambung. Sebagai gantinya, minumlah air putih hangat. Minum air hangat mampu meluruhkan minyak dan kolesterol sehingga tak masuk ke pembuluh darah dan disimpan di dalam tubuh. Jadi hindari minuman dingin, bersoda, atau berkafein setelah mengonsumsi makanan yang tinggi kolesterol ya.

Konsumsi Buah yang Asam
Cobalah makan buah yang terasa asam seperti belimbing wuluh/sayur, lemon, jeruk, tomat, dan buah lainnya yang asam. Kandungan asam bisa menetralkan minyak dan membantu penghancuran kolesterol. Tapi kalau kamu punya perut yang rentan maag atau sensitif, tak perlu dipaksakan mengonsumsi buah yang rasanya asam ini.

Gerakkan Tubuh
Pada dasarnya, untuk membakar kalori dan membuang kolesterol dalam tubuh, kamu perlu olahraga atau menggerakkan tubuh paling tidak 20 menit, tapi jangan yang terlalu keras. Bisa dengan jalan kaki santai, naik turun tangga, atau stretching ringan. Dan yang tak kalah penting adalah jangan langsung tidur begitu selesai makan. Beri waktu tubuhmu untuk mencerna makanan dengan optimal.

Imbangi dengan Konsumsi Banyak Sayur dan Buah
Sudah cukup makan makanan berlemak dan berkolesterol? Sekarang saatnya untuk menambah asupan buah dan sayur. Agar asupan gizi dan nutrisi yang masuk dalam tubuh bisa tetap seimbang. Dan nantinya di waktu berbuka puasa berikutnya, sebisa mungkin hindari makanan yang terlalu berlemak dan berkolesterol lagi.

Nah itu tadi tips-tips sehat berbuka puasa. Kalau kamu sendiri, biasanya apa yang kamu lakukan usai berbuka dengan makanan yang terlalu berlemak dan berkolesterol?







(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading