Sukses

Beauty

Berbuka dengan yang Manis Tidak Selalu Baik, Ini Alasannya

Saat puasa tubuh akan kekurangan gula. Maka tidak mengherankan jika tubuh menjadi lemas dan pusing selama puasa. Untuk itulah disarankan saat berbuka mengonsumsi makanan dan minuman manis. Kolak pisang, es buah dan kurma banyak dikonsumsi sebagai menu puasa. Hmm, tapi benarkah makan dan minum yang manis baik untuk kesehatan?

Mengonsumsi makanan yang manis ketika berbuka puasa itu baik. Karena saat berpuasa, asupan makanan dalam tubuh sangat terbatas, sehingga menyebabkan gula darah menurun sehingga memiliki efek tubuh menjadi lemas. Namun mengonsumsi makanan manis itu baik bila secukupnya saja untuk mencegah hypoglikemia yang terlalu lama.

Hindari makanan yang terlalu banyak mengandung gula tambahan. Nah, jika mengonsumsi makanan manis terlalu berlebihan, dapat berbahaya bagi kesehatan. Sebab, akan terjadi lonjakan dari hormon insulin karena makanan manis yang berlebihan menyebabkan kadar gula tinggi. Lonjakan hormon insulin tersebutlah yang meningkatkan risiko terjadinya resistensi insulin yaitu penyebab diabetes tipe 2.

Jika memang ingin mengonsumsi makanan manis, hindari makanan yang banyak mengandung gula buatan. Cukup makan buah tanpa perlu tambahan sirup dan gula. Asupan gula dapat kamu peroleh dari kandungan gula alami pada buah.

Well, mulai sekarang kamu tidak perlu bingung lagi bukan. Yang manis memang baik, namun jika berlebihan justru berbahaya. Semoga bermanfaat.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading