Sukses

Beauty

Cermati Kondisi Rambutmu! Kondisi Rambut Mencerminkan Kesehatanmu

Selain berfungsi untuk menunjang penampilan, rambut juga memiliki manfaat besar bagi kesehatan tubuh seperti melindunginya dari sinar matahari, menghindari kulit langsung terkena sinar matahari, dapat menjaga kelembapan, bahkan dapat mengetahui jika tubuh dalam kondisi kurang baik atau sehat.

"Berbagai kondisi kesehatan bisa dilihat dari rambut seperti kondisi rambut dengan warna yang pucat, rambut memerah, mudah tercabut, tekstur rambut kasar serta tipis dan rambut rontok. Bila kondisi tersebut terjadi, sudah dipastikan tubuh kekurangan nutrisi serta gizi," ujar Dr. Caessar Pronocitro dari KlikDokter, saat ditemui dalam acara playdate with Zwitsal bersama Vemale.com di the Hook Restaurant, Jakarta.

Dr. Caessar menambahkan, kerusakan bukan hanya pada rambut luar saja, melainkan kulit kepala yang mudah teriritasi.

"Kulit kepala teriritasi biasanya ditandai oleh kulit kepala memerah dan mudah mengelupas. Bila terjadi seperti ini, bersihkanlah menggunakan air hangat, lalu keramas menggunakan sampo. Setelah itu, kamu boleh memeriksakan diri ke dokter agar tahu mengapa terjadi masalah tersebut. Masalah itu bisa terjadi entah itu karena jamur, alergi, atau bakteri. Dari situlah dokter akan langsung menanganinya dan memberikan obat," tambahnya.

Untuk itu, rambut sehat memang butuh perawatan yang ekstra seperti rajin keramas, jangan terlalu kencang bila menguncir rambut, sisir rambut secara lembut agar rambut tak mudah patah dan rontok. Sedangkan tebal dan model rambut memang tergantung pada faktor genetik.

Usahakan untuk selalu mencermati kondisi rambut kamu agar lebih memahami kondisi kesehatan tubuh.

(vem/asp/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading