Sukses

Beauty

5 Tanda Ini Menunjukkan Bahwa Kamu Konsumsi Garam Berlebih

Sama seperti konsumsi gula, konsumsi garam berlebih sangat tidak baik buat kesehatan. Jika konsumsi gula berlebih bisa meningkatkan risiko diabetes, konsumsi garam berlebih bisa sangat berisiko tekanan darah tinggi, stroke hingga jantung.

Menambahkan sedikit garam ke setiap makanan yang dikonsumsi tentu akan membuat rasa setiap makanan tersebut akan semakin sedap, gurih dan menggugah selera. Namun, jika konsumsi garam itu telah berlebih, dikutip dari laman boldksy.com, bahayanya bisa sangat fatal. Penelitian yang dipublikasikan di jurnal The Nutrition Source, Harvard School Of Public Health menemukan bahwa adanya asupan garam berlebih di dalam tubuh meningkatkan berbagai risiko penyakit berbahaya dan mematikan.

Ada beberapa tanda bahwa tubuh telah mengonsumsi garam berlebih. Tanda tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

Konsumsi garam berlebih sangat tidak baik buat kesehatan | Photo: Copyright Thinkstockphotos.com

    Haus Berlebih

    Tanda pertama yang paling bisa dirasakan ketika tubuh kelebihan asupan garam adalah rasa haus berlebih. Haus bisa terjadi dalam waktu yang sangat cepat. Haus ini bahkan terjadi meski kamu tidak sedang melakukan pekerjaan berat sekalipun.

    Tekanan Darah Tinggi

    Meningkatnya sodium di dalam darah bisa meningkatkan risiko tekanan darah tinggi. Tak hanya meningkatkan tekanan darah tinggi, dalam beberapa kasus, seseorang yang kelebihan asupan garam mengalami risiko stroke dan masalah serius pada organ ginjal.

    Kulit Kering

    Jika kamu mendapati kulit kering dan bersisik, ini bisa menjadi tanda bahwa kamu mengalami kelebihan asupan garam. Usahakan untuk segera mengurangi asupan garam dan konsumsi sayur, buah serta air putih cukup untuk mengatasinya.

    Perut Kembung

    Konsumsi garam berlebih bisa membuat perut menjadi kembung, mual hingga sakit. Semakin banyak garam yang dikonsumsi, kemungkinan besar akan semakin banyak air yang diminum. Kelebihan air dalam tubuh bisa membuat perut kembung dan cairan dalam tubuh tak bekerja dengan baik.

    Sering Sakit Kepala

    Semakin sering kamu makan makanan asin atau mengandung banyak garam, maka akan semakin sering pula kamu mengalami dehidrasi. Sodium dalam darah yang banyak juga memungkinkan meningkatkan risiko masalah di otak. Kondisi ini terkadang bisa menyebabkan risiko sakit kepala dan nyeri di leher.


Itulah beberapa tanda yang bisa dirasakan ketika kamu konsumsi garam berlebih. Selain tanda di atas, tanda lain yang bisa dirasakan antara lain adalah ginjal bermasalah, menumpuknya lemak di perut, pembengkakan pada kaki, tangan hingga mata dan rambut rontok serta keinginan untuk makan asin terlalu besar. Semoga informasi ini bermanfaat.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading