Sukses

Beauty

Hasil Penelitian: Jalan Kaki Bikin Otak Makin Cerdas

Setiap hari kita jalan kaki. Selama ini kita sering menganggap aktivitas jalan kaki sebagai aktivitas yang biasa saja. Tapi kalau dilakukan dengan baik dan benar, jalan kaki ternyata bisa memberi dampak positif pada fungsi otak.

Ada sebuah studi yang menarik terkait aktivitas jalan kaki dan dampak positifnya untuk otak. Dilansir dari thehealthsite.com, menurut penelitian yang dipresentasikan di pertemuan tahunan American Physiological Society (APS) pada Experimental Biology 2017 di Chicago, gerakan kaki saat berjalan bisa mengirimkan gelombang tekanan melalui pembuluh arteri yang secara signifikan bisa mempengaruhi dan meningkatkan suplai darah ke otak.

Dalam studi tersebut, para peneliti dari New Mexico Highlands University menggunakan ultrasound non invasif untuk mengukur aliran darah hemispheric cerebral di kedua belahan otak pada 12 orang muda sehat saat berdiri tegak, beristirahat, dan berjalan santai (satu meter per detik). Para peneliti menemukan meski jalan kaki memberi efek yang tak lebih banyak daripada lari, jalan kaki tetap memberikan gelombang tekanan pada tubuh yang bisa meningkatkan aliran darah ke otak.


Meski efek jalan kaki tak lebih besar daripada lari, tapi efeknya masih terbilang lebih besar dibandingkan olahraga sepeda. Data yang baru dengan jelas menyatakan bahwa aliran darah otak sangat dinamis dan secara langsung bergantung pada tekanan aortik siklik (cyclic aortic pressures) yang berkaitan dengan detak tekanan retrogad dari gerakan kaki. Dengan kata lain, aktivitas jalan kaki bisa membantu meningkatkan fungsi otak dan juga kebugaran tubuh secara keseluruhan.

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan secara terpisah tahun lalu di jurnal Open Science, sebuah tim peneliti dari Australia dan Afrika Selatan membuktikan bahwa evolusi kecerdasan manusia tidak hanya dipengaruhi oleh ukuran otak. Tapi juga berkaitan erat dengan suplai darah ke otak.

Untuk membuat fungsi otak berjalan lebih baik, imbangi kegiatan olahraga rutin dengan konsumsi makanan yang sehat dan istirahat yang cukup, ya Ladies. Stay healthy :)

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading