Sukses

Beauty

10 Cara Menghilangkan Ketombe Menggunakan Tea Tree Oil

Rutinitas yang padat seakan menjadi gaya hidup baru di masa kini. Kondisi tersebut ternyata juga memberikan dampak negatif, terutama pada kesehatan kulit dan rambut. Tidak adanya waktu luang untuk merawat kulit tubuh dan rambut akan membuatmu rentan terkena masalah rambut berketombe. Namun, jangan khawatir karena masalah rambut berketombe dapat diatasi dengan menggunakan tea tree oil.

Untuk melengkapi khasiat tea tree oil, gunakan shampo dengan kandungan argan yang dikenal sebagai bahan alami untuk melembabkan kulit dan rambut. Salah satunya adalah HEAD & SHOULDERS Suprême Anti-Hair Fall Shampoo yang juga bisa kamu dapatkan di sini.

Kandungan Argan Crème, ekstrak madu, minyak argan, ZPT, dan kondisioner pada HEAD & SHOULDERS Suprême Anti-Hair Fall Shampoo mampu membantu mengunci kelembaban, memperbaiki rambut kusam, sehingga membantu rambutmu tampak berkilau dan terasa lembut loh.

Tea tree oil mengandung antiseptik yang dapat menjaga kulit kepala tetap bersih. Agar dapat bekerja dengan optimal, coba lah untuk membuat masker rambut berikut.

1. Tea Tree Oil dan Jojoba Oil

Kali ini bagi yang ingin mengatasi ketombe sekaligus menghilangkan bau tidak sedap pad akulit kepala bias menjatuhkan pilihan pada masker rambut berikut. Campurkan tea tree oil dan jojoba oil pada sebuah wadah. Aduk hingga merata dan oleskan pada kulit kepala secara menyeluruh. Diamkan selama beberapa menit agar kandungan di dalamnya dapat meresap baik pada kulit kepala. Bagi yang ingin mendaptakan hasil optimal, juga bisa membiarkannya selama semalaman penuh. Sesudahnya, bilas menggunakan shampo anti ketombe dan akhiri dengan mengaplikasikan kondisioner.

2. Tea Tree Oil dan Minyak Eukaliptus

Bahan lain yang dapat digunakan sebagai campuran tea tree oil dalam mengatasi ketombe adalah minyak eukaliptus. Campurkan beberapa tetes tea tree oil dan minyak eukaliptyus dengan perbandingan yang sama. Balurkan pada kulit kepala disertai dengan memberikan pijatan lembut. Bisa juga mengombinasikannya dengan air untuk dijadikan bilasan setelah keramas. Bagi yang ingin membasmi ketombe dengan praktis juga bisa menambahkan kedua minyak tersebut pada sampo.

3. Tea Tree Oil dan Minyak Zaitun

Minyak lain yang dikenal dengan beragam khasiatnya dalam merawat dan menjaga kesehatan serta kecantikan tubuh adalah minyak zaitun. Bahan satu ini tidak hanya memiliki kandungan moisturizer tetapi juga diperkaya dengan beragam nutrisi yang akan mengoptimalkan kesehatan kulit kepala. Tidak heran jika perpaduannya dengan tea tree oil akan senantiasa melembapkan kulit kepala kering yang menjadi salah satu penyebab ketombe.

4. Tea Tree Oil dan Sampho Anti Ketombe

Bagi yang tidak memiliki waktu lebih untuk membalurkan masker rambut, tidak perlu khawatir. Pasalnya, tea tree oil dapat dicampurkan pada shampoo anti ketombe favoritmu. Kombinasi antara tea tree oil dan bahan aktif dalam sampo akan mengoptimalkan kesehatan kulit kepala. Terutama bagi rambut berketombe yang disebabkan oleh iritasi atau pun seborrheic dermatitis. Cukup tambahkan lima hingga enam tetes tea tree oil pada sampo yang akan digunakan untuk mengeramasi rambut.

5. Air Bilasan Tea Tree Oil

Ingin menggunakan tea tree oil tanpa mencampurnya dengan bahan lain? Siasati saja dengan memanfaatkannya sebagai air bilasan setelah berkeramas. Kandungan antiseptik yang ada dalam tea tree oil akan membasmi jamur penyebab ketombe secara menyeluruh. Selain itu, bagi yang sedang mengalami iritasi juga dapat menggunakannya untuk meredakan kulit kepala yang gatal-gatal. Langkah ini juga ampuh digunakan bagi pemilik jenis kulit kepala kering.

6. Tea Tree Oil Spray

Kegiatan padatmu tidak membiarkan untuk sejenak membersihkan kulit kepala dan rambut? Tidak usah khawatir, siasati saja dengan membuat hair spray alami berbahan baku tea tree oil. Cukup campurkan beberapa tetes dari tea tree oil murni dengan sedikit air. Tuangkan kombinasi tersebut pada sebuah spray bottle. Semprotkan pada rambut dan kulit kepala saat gatal melanda. Langkah ini ampuh dalam mengatasi ketombe dengan cara melembapkan serta mengurangi jumlah jamur penyebab ketombe.

7. Tea Tree Oil dan Peppermint Oil

Bagi yang sedang berjuang mengatasi ketombe sekaligus kulit rasa gatal pada kulit kepala, gunakan saja masker rambut berbahan tea tree oil dan minyak mint. Kombinasi dari zat antiseptik dalam kedua minyak tersebut akan menjaga kulit kepala terbebas dari jamur penyebab ketombe. Selain itu, sensasi dingin yang diberikan oleh peppermint oil juga dapat meredakan serta menyegarkan iritasi pada kulit kepala.

8. Tea Tree Oil dan Sampo Bayi

Bagi yang memiliki kulit sensitive, tidak ada salahnya untuk menggunakan produk perawatan khusus bayi. Formulanya yang menggunakan bahan-bahan ringan dan lembut akan menjaga kulit dan rambut tetap sehat. Apalagi bagi yang sedang mengalami rambut berketombe. Mencampurkan beberapa tetes tea tree oil pada sampo bayi bisa menjadi solusinya.

9. Tea Tree Oil dan Minyak Sayur

Tidak memiliki minyak esensial bukan lah alasan untuk tidak mengatasi ketombe. Gunakan saja minyak sayur yang ada di dapur. Mencampurkan tea tree oil dan minyak sayur dapat membantumu dalam mengatasi masalah ketombe secara alami. Kandungan nutrisi di dalamnya akan melembapkan sekaligus membasmi jamur penyebab ketombe secara menyeluruh.

10. Tea Tree Oil dan Minyak Kelapa

Gemar mengaplikasikan minyak alami untuk merawat kecantikan tubuh? Tidak ada salahnya jika kali ini memanfaatkan minyak kelapa dalam mengatasi rambut berketombe. Kandungan moisturizer pada minyak kelapa akan melembapkan kulit kepala secara optimal. Sedangkan zat antiseptik pada tea tree oil akan menghilangkan jamur serta bakteri penyebab ketombe secara menyeluruh.

Tea tree oil memang sudah tidak asing di antara pecinta minyak esensial. Manfaatkan secara tepat untuk cara menghilangkan ketombe yang cepat.

(vem/kki)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading