Sukses

Fashion

Tips Mengatasi Ketombe yang Datang Lagi

Memiliki tubuh yang sehat merupakan dambaan bagi sebagian orang. Tidak terkecuali dengan rambut yang indah dan terbebas dari masalah ketombe. Salah satu cara menyiasatinya adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat seperti berikut. Dijamin, rambut akan terbebas dari masalah ketombe yang datang lagi dan tumbuh dengan subur.

1. Kurangi Pemakaian Hair Spray

Hairs spray memang dapat menjadikan tatanan rambutmu lebih tahan lama. Namun, pemakaiannya yang terlalu sering justru dapat memicu rambut berketombe. Hal ini dikarenakan adanya bahan kimia yang dapat mengurangi kesehatan kulit kepala dan rambut. Apalagi jika residu bahan kimia tersebut masih tertinggal di kulit kepala yang menjadikan kulit lebih rentan terkena iritasi.

2. Be Happy!

Terlalau banyak memikirkan suatu hal memang tidak baik. Kebiasaan buruk tersebut akan membuatmu rentan terkena stres. Saat kondisi tubuh dan pikiran melemah, penyakit pun akan lebih mudah menyerang pertahanan tubuh. Termasuk dengan rambut berketombe. Saat stress, kulit akan mudah mengalami iritasi serta memudahkan proses perkembang biakan malassezia.

3. Hello to the Sun!

Salah satu cara memelihara kesehatan kulit adalah dengan berjemur. Langkah tersebut juga dapat digunakan untuk mengatasi rambut berketombe. Pasalnya, berjemur dapat mengaktifkan vitamin E yang baik dalam menjaga kesehatan kulit, termasuk kulit kepala. Kondisi tersebut akan menjauhkanmu dari penyebab ketombe. Namun, jangan terlalu lama berjemur agar kulit dan rambut tidak terbakar.

4. Sisiri Rambut Secara Rutin

Menyisir rambut memang terdengar sepele. Namun, gerakan menyisir rambut ternyata dapat mengatasi masalah ketombe dengan cara menstimulasi produksi sebum untuk melembapkan kulit kepala. Selian itu, menyisir rambut juga meluruhkan kotoran atau jamur penyebab ketombe yang menempel pada kulit kepala.

5. Hair Spa

Salah satu cara mengimbangi padatnya aktiitasmu adalah dengan memanjakan diri. Menikmati hair spa dapat menjadikanmu lebih relaks serta mempertahankan kesehatan rambut dan kulit kepala. Apalagi, proses pemijatan kulit kepala dan hair mask akan menstimulasi pertumbuhan sel baru yang lebih sehat serta melancarkan peredaran darah. Langkah ini juga dapat mengatasi ketombe membandel.

6. Cuci Rambut Secara Berkala

Padatnya aktivitas jangan dijadikan alasan untuk tidak mencuci rambut. Pasalnya, kotoran yang menumpuk justru akan menjadi media bagi jamur penyebab ketombe untuk berkembang biak. Maka dari itu, keramasilah rambut dengan sampo yang tepat setiap dua hari sekali. Hal ini bertujuan agar kulit kepala senantiasa bersih dan sehat.

7. Perhatikan Komposisi Shampo

Rambut yang sehat tentu menjadi dambaan banyak orang. Maka dari itu jangan sampai salah menggunakan sampo. Salah satu cara tepat untuk memilih sampo adalah dengan memperhatikan kandungan di dalamnya. Misal untuk mencegah ketombe, gunakan sampo yang mencampurkan coal tar atau pun sulfur di dalamnya. Bagi yang memiliki kulit keringg bisa mengaplikasikan sampo dengan tambahan moisturizer.

8. Perbanyak Air Putih

Bagi yang gemar menyesap minuman berwarna seperti teh, kopi atau pun soda, jangan terlalu sering mengonsumsinya. Kebiasaan satu ini ternyata dapat menjadi  penyebab ketombe yang tidak diketahui oleh banyak orang. Cara menyiasatinya adalah dengan memperbanyak asupan air putih yang melembapkan sel tubuh secara optimal. Kondisi sel tubuh yang lembap terutama sel kulit akan menghindarkanmu dari masalah ketombe.

9. Perhatikan Asupan Makanan

Hal lain yang perlu diperhatikan sebelum mencegah ketombe adalah makanan. Sebisa mungkin, konsumsilah sajian bergizi untuk memenuhi asupan harian. Sel tubuh yang sehat tentu menjadi lebih optimal dalam bekerja, termasuk dengan sel kulit yang lebih lembap dan ternutrisi. Kondisi tersebut tentu akan mencegah ketombe datang.

Terapkan beberapa tips di atas untuk menjadikan rambut terbebas dari masalah ketombe yang datang lagi. Namun, jangan lupa untuk melakukannya secara rutin agar hasilnya lebih optimal.

(vem/kki)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading