Sukses

Beauty

Cara Menghilangkan Ketombe dengan Ramuan Dari Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang banyak digunakan untuk merawat kecantikan. Terutama bagi kesehatan dan keindahan rambut. Bagian yang sering dipakai adalah gelnya yang mengandung beragam nutrisi baik. Bahkan, lidah buaya tidak hanya dapat melebatkan rambut saja tetapi juga ampuh dalam membasmi ketombe. Nah, daripada penasaran, simak 10 cara menghilangkan ketombe dengan ramuan dari lidah buaya berikut.

1. Masker Super Lembap

Selain mengaplikasikan langsung gel lidah buaya, bahan ini juga bisa dikombinasikan dengan bahan lain. Misalnya saja dadih susu dan minyak zaitun. Ketiga bahan tersebut akan melembapkan kulit kepala secara optimal. Kondisi demikian tentu akan menghindarkamu dari penyebab ketombe seperti kulit kering. Selain itu, kandungan protein di dalam dadih akan menutrisi sel kulit kepala dan rambut

2. Masker Pembersih Ketombe

Jika ingin mendapatkan kulit kepala dan rambut yang senantiasa segar dan bersih, tidak ada salahnnya untuk mencampurkan gel lidah buaya dengan minyak eukaliptus. Minyak satu ini akan membantumu dalam membasmi ketombe. Kandungan zat di dalamnya juga dapat meluruhkan kotoran serta jamur penyebab ketombe dari kulit kepala.

3. Masker Bebas Ketombe

Salah satu jenis biji-bijian yang telah lama dipercaya dapat mengatasi ketombe adalah biji fenugreek. Biji satu ini akan menutrisi kulit kepala secara optimal. Tidak heran jika kulit kepala akan terasa lebih sehat dan terbebas dari kulit kepala kering yang kerap menjadi penyebab ketombe. Agar lebih mudah untuk diaplikaskan, sebaiknya gunakan biji fenugreek yang sudah diolah dalam bentuk pasta atau campurkan dengan lidah buaya.

4. Masker Tea Tree

Bagi yang pernah mengalami wajah berjerawat tentu sudah tidak asing dengan jenis minyak ini. Apalagi jika bukan tea tree oil. Bahan satu ini memiliki kandungan anti-jamur, anti-bakteri dan antiseptik yang ampuh dalam mengusir jamur penyebab ketombe. Mencampurkannya dengan gel lidah buaya dapat menjaga kulit kepala lebih steril dan terbebas dari iritasi.

5. Masker Lemon

Gel lidah buaya juga dapat dikombinasikan dengan air perasan lemon yang kaya akan antioksidan. Bahan satu ini akan menutrisi dan menjaga sel kulit kepala tetap sehat. Kandungan asam dalam air perasan lemon juga membasmi jamur atau pun kotoran penyebab ketombe. Dikombinasikan dengan lidah buaya, khasiatnya pun baik untuk kulit kepala.

6. Masker ala India

Daun neem merupakan daun yang memiliki zat anti-bakteri dan anti-jamur. Maka tidak ada salahnya untuk memanfaatkan daun ini dalam mengatasi ketombe. Mengaplikakan campuran gel lidah buaya yang telah dicampur dengan daun neem juga meredakan iritasi yang menyerang kulit kepala. Langkah tersebut juga menstimulasi pertumbuhan rambut yang lebih kuat dan subur.

7. Masker Kamper yang Wangi

Kamper biasa digunakan sebagai tambahan dalam pewangi ruangan atau pun pakaian. Namun, siapa yang akan menyangka jika kandungan dalam kamper ampuh dalam mengatasi iritasi penyebab ketombe. Apalagi jika dikombinaskan dengan gel lidah buaya yang akan menyegarkan kulit. Selesai perawatan kulit kepala akan terasa lebih ringan dan bebas dari beragam masalah.

8. Masker Rambut Sehat

Mengombinasikan tiga bahan yang bermanfaat sekaligus bisa menjadi salah satu referensi dalam membuat masker rambut. Jadi, tidak ada salahnya menggabungkan santan kelapa, gel lidah buaya dan wheat germ oil. Kandungan protein dan nutrisi di dalam santan kelapa akan mencukupi asupan yang diperlukan oleh sel kulit. Sedangkan wheat germ oil akan meluruhkan jamur penyebab ketombe.

9. Masker Alami

Memadukan madu, yoghurt dan gel lidah buaya juga bisa menjadi salah satu masker yang ampuh dalam mengatasi ketombe. Masing-masing bahan tersebut ampuh dalam menutrisi, melembapkan sekaligus membasmi jamur atau pun kotoran penyebab ketombe. Bahkan, yoghurt yang kaya akan protein juga mengandung zat anti-bakteri yang menjaga kulit kepala dan rambut tetap steril dan terhindar dari iritasi.

10. Masker Asam yang Segar

Siapa sih yang tidak tahu dengan cuka apel? Bahan satu ini memang sering digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan, bahkan rambut berketombe. Hal tersebut dikarenakan kandungan asamnya yang dapat mengembalikan keseimbangan pH kulit kepala. Selain itu, cuka apel bersama gel lidah buaya dapat membantu meredakan iritasi yang menyerang kulit kepala.

Ragam perawatan rambut dengan campuran ekstrak lidah buaya juga menjadikan rambut tumbuh lebih lebat. Jadi, jangan ragu untuk menggunakan lidah buaya dalam mengatasi ketombe.

(vem/kki)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading