Sukses

Beauty

Mencegah Ketombe dengan Gaya Hidup yang Lebih Baik

Penyebab ketombe ternyata tidak hanya karena kurang menjaga kebersihan saja. Gaya hidup yang kurang sehat juga kerap menjadi pemicunya. Nah, bagi yang ingin mengatasinya, tidak perlu menjajal cara yang terlalu rumit. Cukup terapkan beberapa tips mencegah ketombe berikut.

1. Rajin Menyisir Rambut

Salah satu cara mengatasi ketombe yang praktis adalah dengan menyisir rambut. Kebiasaan kecil ini tidak hanya merapikan rambut yang berantakan. Namun, juga menjadikan kulit kepala lebih sehat dan terhindar dari masalah ketombe. Gerakan menyisir rambut diketahui dapat menstimulasi produksi sebum serta melancarkan aliran darah.

2. Berjemur Selama Beberapa Menit

Sinar matahari pagi memang menyehatkan. Tidak hanya dapat memproduksi vitamin E yang baik untuk kesehatan kulit saja. Sinar matahari juga dapat mencegah pertumbuhan jamur penyebab ketombe yang tidak terkontrol. Cukup habiskan waktu selama beberapa menit untuk menikmati hangatnya sinar matahari.

3. Rajin Berkeramas

Rambut sehat dan lebat merupakan dambaan bagi sebagian wanita. Tidak heran jika beragam jenis perawatan rambut rela dilakukan. Namun, jangan sampai melewatkan acara mencuci rambut. Pasalnya, bahan yang ada di dalam sampo dapat meluruhkan kotoran atau pun jamur penyebab ketombe yang menempel pada kulit kepala.

4. Gunakan Shampo Anti Ketombe Ketombe

Salah satu cara mencegah ketombe atau pun mengatasi ketombe membandel dapat dilakukan dengan menggunakan sampo anti ketombe. Formula di dalamnya akan menjaga kesehatan serta kebersihan kulit kepala secara optimal. Namun, pastikan jika kandungan di dalamnya sesuai dengan penyebab ketombe agar hasilnya lebih optimal.

5. Manjakan Rambut dengan Masker

Menikmati me time memang paling bisa membuatmu tersegarkan setelah beberapa hari sibuk dengan rutinitas. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk memanjakan rambut dengan mengoleskan masker rambut. Pilihlah produk dengan bahan yang mampu menutrisi serta melembapkan kulit keplaa sehingga terhindar dari masalah rambut ketombe.

6. Jaga Asupan Cairan

Cairan merupakan bahan penting yang dapat menjaga kelembapan dan eksehatan tubuh. Begitu pula dengan kondisi rambut yang rentan mengalami kulit kering. Kulit yang kering merupakan penyebab ketombe yang kerap disepelekan. Maka dari itu, untuk menghindarinya, minumlah minijmal delaoan gelas air putih dalam sehari.

7. Perhatikan Kandungan Hair Treatment Products

Gemar memanjakan rambut dengan produk tertentu? Jangan sampai salah menggunakan produk. Perhatikan bahan atau komposisi di dalamnya agar rambut tetap lembap dan sehat. Misalnya saja bagi yang rentan mengalami iritasi, akan lebih baik menggunakan produk dengan kandungan bahan lembut sekaligus menjauhkan dari jamur penyebab ketombe seperti jojoba oil.

8. Jangan Sembarangan Diet

Menjaga bentuk tubuh memang penting, tapi bukan berarti tidak mengonsumsi jenis makanan tertentu. Hal tersebut justru dapat membahayakan kesehatan tubuh karena kekurangan asupan gizi. Tidak heran jika tubuh akan rentan terserang beberapa penyakit. Misalnya saja rambut berketombe yang disebabkan kurangnya protein serta zinc pada sel kulit kepala.

9. Kurangi Pemakaian Hair Styling

Suka mengkreasikan rambut menjadi beragam model? Tentu saja hobi tersebut membutuhkan campur tangan dari hair styling product untuk menghasilkan tampilan yang berbeda. Namun, menggunakan hair styling product terlalu lama justru akan merusak kesehatan kulit kepala dan rambut. Akibatnya, kulit kepala lebih rentan kering dan menyebabkan rambut berketombe. Maka dari itu, kurangi pemakaian produk tersebut.

10. Berolahraga Teratur

Meluangkan waktu di akhir pekan juga dapat menyelamatkanmu dari masalah ketombe. Pasalnya, berolahraga mampu melancarkan peredaran darah serta menjauhkanmu dari risiko stres. Tidak heran jika melakukannya secara teratur mampu menjadikan tubuh makin bugar dan kulit kepala makin sehat dan lembap.

Wah, ternyata mengatasi rambut berketombe tidak hanya dapat dilakukan dengan menggunakan shampo khusus ketombe saja. Bisa juga disiasati dengan menerapkan sejumlah tips di atas, kan?

(vem/kki)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading