Sukses

Beauty

Pencegahan Ketombe Juga Bisa Dari 10 Bahan Makanan Ini Lho!

Cara mengatasi rambut berketombe ternyata tidak hanya melalui produk khusus saja. Hal tersebut dapat disiasati dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di dapur. Namun, tentu saja tidak semua bahan makanan yang ada mampu membasmi ketombe. Agar tidak salah pilih, simpan beberapa bahan berikut sebagai cara mencegah ketombe alami yang bisa dilakukan sendiri.

1. Madu

Siapa sih yang tidak kenal dengan madu. Bahan yang biasa digunakan untuk menggantikan gula ini juga dapat membantumu dalam mengatasi ketombe. Hal tersebut dikarenakan adanya kandungan zat antibakteri yang menjaga kulit kepala bersih dari penyebab ketombe. Selain itu, moisturizer pada madu juga melembapkan sel kulit secara optimal.

2. Yoghurt

Dairy product satu ini tidak hanya nikmat disantap. Namun, juga dapat membasmi ketombe secara alami. Tidak heran jika produk olahan susu tersebut memiliki jumlah protein yang tinggi. Protein sendiri merupakan salah satu zat yang berperan penting dalam kesehatan kulit kepala. Mengaplikasikan yoghurt yang masih segar pada kulit kepala akan membuat kulit kepala terasa lebih lembap dan terbebas dari rambut berketombe.

3. Buah Bit

Salah satu bahan yang dapat digunakan sebagai pewarna alami sekaligus mencegah ketombe datang kembali adalah buah bit. Buah berwarna merah ini memiliki vitamin yang menunjang kesehatan kulit kepala dan rambut. Tidak heran jika kulit kepala akan senantiasa lembap dan sehat serta terhindar dari masalah ketombe.

4. Bawang Putih

Salah satu bumbu dapur yang wajib ada adalah bawang putih. Nah, bagi yang sedang bermasalah dengan rambut berketombe bisa mencoba untuk menggunakan bawang putih. Bahan makanan ini memilioki kandungan zat antiseptik yang akan mensterilkan kulit kepala dari bakteri atau pun jamur penyebab ketombe.

5. Lemon

Segelas lemonade dingin tentu akan menyegarkan dahaga. Apalagi dengan rasa sedikit asam yang diberikan. Kandungan asam yang ada pada lemon merupakan ciri khas dari banyaknya vitamin C atau pun antioksidan yang terkandung. Jadi, tidak ada salahnya menggunakan air perasan lemon dalam mengatasi ketombe. Zat di dalam buah ini akan melembapkan sekaligus menutrisi sel kulit kepala.

6. Telur

Telur merupakan salah satu bahan makanan yang memiliki kandungan protein dan biotin. Zat tersebut merupakan penunjang dari pertumbuhan rambut serta kesehatan kulit kepala. Mengaplikasikan masker telur pada kulit kepala secara rutin akan melembapkan sekaligus menutrisi sel kulit kepala secara optimal.

7. Bawang Bombay

Bahan makanan satu ini biasa digunakan untuk menambah citarasa makanan. Namun, siapa yang akan menyangka jika kandungan zat di dalamnya dapat mengatasi rambut berketombe. Gunakan saja jus bawang Bombay untuk membilas rambut. Kotoran atau pun jamur penyebab ketombe pun akan rontok seketika.

8. Salmon

Makanan yang mengandung omega-3 di dalamnya juga dapat digunakan untuk merawat kesehatan rambut. Seperti halnya dengan ikan laut yang kaya akan zat tersebut. Menyisipkan beberapa gram daging ikan salmon pada menu santap juga bisa menjadi referensi untuk mengatasi rambut berketombe.

9. Pisang

Buah yang satu ini tidak hanya mampu mengganjal perut lapar saja. Namun, kandungan zinc di dalamnya juga dapat memelihara kesehatan kulit kepala. Zat tersebut juga menghindarkanmu dari masalah rambut berketombe. Cara penggunaannya bisa dikonsumsi atau pun dijadikan masker rambut yang dikombinasi dengan bahan lain.

10. Dadih

Memiliki tipe kulit kepala yang rentan kering? Jangan ragu untuk menjatuhkan pilihan pada dadih susu. Bahan satu ini ternyata juga memiliki jumlah protein yang tidak kalah dengan dairy product lain. Tidak heran jika mengusapkan dadih dapat melembapkan kulit kepala dan menjauhkanmu dari penyebab ketombe.

Wah, ternyata rambut berketombe merupakan masalah yang kerap dihadapi oleh sebagian orang. Bisa juga disiasati dengan membubuhkan bahan-bahan yang ada di sekitar, seperti bahan makanan di atas.

(vem/kki)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading