Sukses

Beauty

10 Kiat Mencegah Ketombe dengan Masker Rumahan

Kulit kepala yang kering merupakan salah satu penyebab ketombe. Namun, kondisi tersebut kerap tidak disadari dan disepelekan. Biasanya, kulit kepala yang terkena ketombe biasa ditandai dengan rasa gatal serta serpihan berwarna putih pada batang rambut atau pun kulit kepala. Cara mencegah ketombe yang disebabkan oleh kulit kering memang beragam, mau coba mengaplikasikan sederet masker rumahan berikut?

1. Minyak Zaitun dan Minyak Kelapa

Kali ini tidak ada salahnya untuk membuat masker dari campuran minyak esensial. Misalnya saja minyak zaitun dan minyak kelapa. Kombinasi keduanya akan menutrisi sekaligus melembapkan kulit kepala secara optimal sehingga ketombe membandel enggan menempel. Mengaplikasikan masker tersebut juga menstimulasi pertumbuhan rambut yang lebih sehat dan lebat.

2. Minyak Mint dan Yoghurt

Kandungan bahan di dalam minyak mint memang paling ampuh dalam meredakan rasa gatal pada kulit kepala. Sedangkan yoghurt mengandung bahan moisturizer sekaligus protein yang akan menutrisi dan menyehatkan kulit kepala. Kondisi kulit kepala yang demikian akan mencegah ketombe datang dan menempel.

3. Bilas Rambut dengan Air Cuka

Salah satu cara mengatasi ketombe yang dapat dicoba di rumah adalah dengan memanfaatkan cuka. Tingkat keasaman pada cuka ternyata mempengaruhi pH kulit kepala. Tidak heran jika mengguyurkan air yang dicampur dengan cuka dapat meredakan kulit kepala kering penyebab ketombe. Namun, langkah ini tidak diperbolehkan bagi yang memiliki jenis kulit kepala sensitive karena dapat menimbulkan peradangan.

4. Masker Lidah Buaya

Memiliki beberapa tanaman lidah buaya? Yuk, manfaatkan saja untuk mencegah ketombe datang. Caranya cukup mudah, aplikasikan gel lidah buaya yang masih segar pada rambut dan kulit kepala secara merata. Kandungan bahan di dalamnya akan melembapkan sekaligus meredakan iritasi yang disebabkan oleh kulit kepala kering. Jadi, kulit kepala akan terasa lebih segar dan terbebas dari masalah ketombe.

5. Pijat Kepala dengan Masker Zaitun

Kali ini gunakan masker zaitun yang mengandung moisturizer dan bahan anti-jamur. Cara membuatnya pun cukup mudah. Campurkan yoghurt dan juga minyak zaitun. Balurkan pada kulit kepala secara merata dan berikan pijatan lembut. Gerakan memijat pada kulit kepala akan melancarkan peredaran darah sehingga kulit akan menerima cukup asupan nutrisi. Hal tersebut tentu saja akan melembapkan kulit kepala sekaligus mencegah ketombe.

6. Masker Yoghurt

Salah satu dairy product ini memang ampuh dalam menjaga kelembapan kulit tubuh dan kepala. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk membalurkan plain yogurt atau pun greek yoghurt pada kulit kepala. Sedangkan protein di dalamnya juga akan menutrisi kulit kepala sehingga terhindar dari salah satu penyebab ketombe. Apalagi jika bukan kulit kering.

7. Shea Butter

Shea butter merupakan salah satu bahan yang juga kaya akan moisturizeri. Tidak heran jika sejumlah kosmetik mencampurkan shea butter dalam komposisinya. Nah, bagi yang sedang bermasalah dengan rambut ketombe yang disebabkan oleh kulit kepala kering, tidak ada salahnya untuk menyiasatinya dengan shea butter. Mengoleskannya pada kulit kepala secara merata selama beberapa menit akan menutrisi kulit dengan kandungan vitamin dan protein yang ampuh dalam melembapkan kulit.

8. Jus Bawang Bombay

Memiliki stok bawang Bombay yang cukup banyak? Ambil beberapa buahnya dan olah menjadi jus. Gunakan jus tersebut untuk membilas rambut. Langkah ini ampuh dalam mengatasi ketombe dan mencegah ketombe datang kembali. Membilas kulit kepala dengan jus bawang Bombay juga menjadikan rambut terasa lebih lembut dan berkilau.

9. Balurkan Minyak Wijen

Salah satu bumbu dapur yang dapat membantumu dalam mengatasi ketombe adalah minyak wijen. Kandungan di dalamnya ampuh dalam melembapkan sekaligus meredakan kulit kepala yang gatal. Tidak heran jika membalurkannya secara rutin pada kulit kepala dapat mencegah ketombe datang kembali. Namun, imbangi pula dengan pemakaian shampo khusus ketombe agar hasilnya lebih optimal.

10. Masker Pepaya dan Lemon

Mengombinasikan papaya dengan lemon bisa menjadi solusi cerdas dalam mengatasi ketombe. Kandungan zinc dalam daging papaya akan menutrisi kulit kepala dan mencegahnya dari kerontokan rambut, sedangkan air perasan lemon mengandung antioksidan yang akan melembapkan kulit kepala secara optimal.

Wah, sejumlah masker rambut di atas ternyata mudah dibuat dan aman bagi kulit kepala. Tidak hanya itu, kombinasi bahan di dalamnya juga ampuh dalam melembapkan kulit kepala secara optimal. Tidak heran jika langkah tersebut merupakan cara mencegah ketombe secara alami yang praktis dan mudah. Yuk, cegah rambut berketombe mulai dari sekarang!

(vem/kki)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading