Sukses

Beauty

10 Tips Mengatasi Ketombe dengan Manfaat Yoghurt

Yoghurt merupakan salah satu bahan yang dapat digunakan untuk mengatasi rambut berketombe. Selain mampu melembapkan kulit kepala secara optimal. Bahan ini akan menutrisi kulit kepala sehingga menghindarkanmu dari rambut berketombe. Nah, agar rambut semakin sehat, tidak ada salahnya untuk mencampurkan yoghurt dengan bahan lain seperti berikut.

1. Masker Yoghurt

Kali ini cukup ambil beberapa sendok makan plain yoghurt. Balurkan pada kulit kepala secara merata. Diamkan Selama kurang lebih 10 hingga 15 menit agar formula di dalamnya terserap dengan baik. Apalagi dengan bahan anti-bakteri dan anti-jamur yang akan membasmi jamur penyebab ketombe. Setelah itu, bilas menggunakan air dingin dan shampo khusus ketombe hingga bersih.

2. Masker Yoghurt dan Telur

Siapkan satu cup yoghurt dan satu butir telur. Aduk kedua bahan tersebut hingga merata. Aplikasikan pada kulit kepala secara menyeluruh dan diamkan selama 30 menit, kandungan protein yang ada pada telur akan membantu yoghurt mengoptimalkan kelembapan dan kesehatan kulit kepala. Tidak heran jika kulit kepala terhindar dari penyebab ketombe seperti kulit kering atau pun kurang asupan.

3. Masker Yoghurt dan Air Lemon

Mencampurkan air lemon dan yoghurt juga dapat menjadi pilihan untuk mengatasi rambut berketombe. Tidak heran karena lemon sendiri terkenal akan kandungan antioksidan dan vitamin C-nya yang tinggi. Zat tersebut merupakan penunjang untuk kesehatan dan kelembapan kulit kepala. Tidak heran jika kombinasinya dengan yoghurt akan menghindarkanmu dari kulit kering penyebab ketombe.

4. Masker Yoghurt dan Gram Flour

Tekstur dari gram flour yang sedikit kasar akan membantumu dalam meluruhkan tumpukan sel kulit mati. Maka dari itu, bagi yang ingin mengatasi ketombe dengan yoghurt bisa menambahkan bahan ini. Mengaplikasikannya sembari menggosok lembut akan melunakkan serpihan ketombe tanpa harus menyebabkan iritasi.

5. Masker Yoghurt dan Cuka Apel

Masker yoghurt lain yang dapat digunakan untuk mengatasi rambut berketombe adalah yoghurt dan cuka apel. Cuka apel merupakan produk yang dapat mengatasi banyak masalah kesehatan berkat bahan aktif di dalamnya. Bahkan, cuka apel dapat melembapkan kulit kepala dengan mengembalikan pH ke angka normal. Selain itu, zat anti-jamurnya juga akan membasmi jamur penyebab ketombe.

6. Masker Yoghurt dan Pasta Fenugreek

Fenugreek merupakan salah satu jenis biji-bijian yang sudah lama digunakan untuk mengatasi masalah ketombe. Tidak ada salahnya untuk mencampurkan yoghurt dengan bahan satu ini. Namun, agar lebih mudah untuk diaplikasikan, pilihlah fenugreek dalam bentuk pasta. Membubuhkannya pada kulit kepala secara rutin akan membantumu dalam membasmi ketombe. Tentu saja hal tersebut harus didukung pula dengan penggunaan shampo khusus ketombe.

7. Masker Yoghurt dan Avokad

Ekstrak buah avokad banyak digunakan sebagai bahan campuran kosmetik. Mulai dari produk untuk kulit hingga rambut. Tidak ada salahnya jika kali ini mengombinasikan plain yoghurt dengan daging buah avokad yang sudah dihaluskan. Kandungan omega-3 dalam daging avokad ampuh dalam melembapkan sekaligus menutrisi kulit kepala. Jadi, jangan heran jika kulit kepala kering penyebab ketombe tidak menyerang.

8. Masker Yoghurt dan Madu

Apa jadinya jika mencampurkan dua bahan kaya akan moisturizer sekaligus? Tentu saja ramuan tersebut akan melembapkan kulit secara optimal. Jadi, tidak ada salahnya untuk mengombinasikan antara yoghurt dan madu demi mengatasi rambut berketombe. Apalagi dengan nutrisi serta zat anti-jamur pada madu yang akan menjaga kebersihan kulit kepala dari jamur penyebab ketombe.

9. Masker Yoghurt dan Minyak Zaitun

Salah satu jenis minyak esensial yang kerap menjadi pilihan untuk merawat kesehatan dan kecantikan tubuh adalah minyak zaitun. Tidak heran karena di dalam minyak zaitun terkandung beragam zat yang dapat menutrisi kulit atau rambut. Jadi, jangan ragu untuk memadukannya dengan yoghurt agar ketombe dapat diatasi secara optimal.

10. Masker Yoghurt dan Tea Tree Oil

Tea tree oil merupakan salah satu minyak yang kaya akan kandungan anti-jamur dan antiseptiknya. Tidak heran jika bahan satu ini kerap digunakan untuk mengatasi jerawat. Namun, selain membasmi jerawat, tea tree oil juga dapat dikombinasikan dengan yoghurt untuk membasmi ketombe. Zat aktif di dalamnya akan membantu yoghurt dalam menjaga kebersihan dan kelembapan kulit kepala.

Mengaplikasikan masker berbahan dasar yoghurt ternyata dapat membantumu dalam mengatasi ketombe. Selain itu, kandungan formula di dalamnya juga menjadikan rambut dan kulit kepala semakin sehat. Apalagi jika dipadukan dengan bahan lain seperti di atas yang akan menjadikan rambutmu makin menawan dan terbebas dari masalah ketombe.

(vem/kki)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading