Sukses

Beauty

10 Tips Anti Ketombe Berdasarkan Penyebabnya

Rambut berketombe merupakan salah satu masalah yang kerap menghantui sebagian orang. Tidak hanya dapat mempengaruhi penampilan saja. Serpihan-serpihan putih tersebut kerap disertai dengan rasa gatal yang menyiksa. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mengatasi rambut berketombe secara optimal berdasarkan penyebabnya.

1. Masalah Ketombe Karena Menyisir Rambut?

Salah satu penyebab ketombe yang kerap diabaikan adalah menyisir rambut. Padahal, kegiatan kecil ini tidak hanya menjadikan rambut tampak lebih rapi saja. Namun, juga mampu menstimulasi produksi minyak alami pada kulit kepala sehingga terhindar dari kulit kepala kering. Jadi, sesibuk apapun jadwal aktivitasmu, jangan sampai tidak menyisir rambut, ya!

2. Pertumbuhan Jamur di Kulit Kepala

Penyebab ketombe lainnya adalah pertumbuhan malassezia yang tidak terkendali. Akibatnya, jumlahnya yang melampaui batas normal dapat memicu rambut berketombe. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan berjemur di bawah sinar matahari. UVA dapat menghambat pertumbuhan jamur tersebut. Namun, jangan terlalu lama berada di bawah terik matahari agar rambut tetap sehat. Cukup beberapa menit saja.

3. Kulit Kepala Kering, Aplikasikan Moisturizer

Rambut berketombe memang kerap disertai dengan rasa gatal. Kondisi ini biasanya terjadi pada rambut berketombe yang disebabkan oleh kulit kepala kering. Maka dari itu, jangan lupa untuk selalu mengoleskan produk perawatan rambut yang mengandung moisturizer. Bisa juga menyiasatinya dengan membubuhkan minyak esensial. Misalnya saja minyak zaitun, minyak kelapa atau pun minyak lavender.

4. Mengabaikan Kebersihan Kulit Kepala

Bagi yang gemar beraktivitas di tempat terbuka, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan. Pasalnya, kulit kepala akan rentan terhadap seborrheic dermatitis yang juga menjadi salah satu penyebab ketombe. Kondisi tersebut bisanya menyerang pemilik kulit kepala yang berminyak. Maka dari itu, gunakan produk rambut yang ampuh dalam menyerap kelebihan produksi sebum.

5. Sering Lupa Keramas Secara Rutin

Menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala juga harus dibarengi dengan jadwal keramas yang tepat. Mencuci rambut secara berkala mampu meluruhkan kotoran penyebab ketombe yang menempel pada kulit kepala. Tidak hanya itu, agar kulit kepala dan rambut tetap sehat, jangan sampai salah memilih jenis sampo. Akan lebih baik jika mengaplikasikan shampo khusus ketombe.

6. Lalai Perhatikan Kesehatan Kulit Kepala

Sebagian orang memiliki tipe kulit yang lebih sensitif. Kondisi tersebut tentu saja dapat meningkatkan risiko terhadap serangan iritasi atau pun masalah yang menyerang kulit kepala. Misalnya saja eksim, psoriasis yang juga membuatmu lebih rentan terkena masalah ketombe. Maka dari itu, jangan malas untuk mengaplikasikan produk perawatan yang tepat sekaligus memilihara kesehatan kulit kepala dan rambut.

7. Produk Perawatan Rambut Berketombe yang Tidak Tepat

Bagi yang ingin mendapatkan rambut sehat terbebas dari masalah ketombe, gunakanlah produk perawatan yang tepat. Tidak semua bahan-bahan yang terdapat di dalamnya aman dan cocok bagi kondisi kulit kepala mau pun rambutmu. Tidak ada salahnya menghabiskan lebih banyak waktu untuk mengetahui setiap komposisi dari produk yang akan dipakai. Langkah tersebut akan menjaga kulit kepala dan rambut bersih dan terhindar dari rambut berketombe.

8. Jangan Asal Diet

Diet makanan untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal kerap dilakukan oleh sebagian wanita. Sayangnya, tidak semua orang menerapkan proses diet yang benar. Akibatnya, asupan gizi harian pun tidak terpenuhi dan justru memicu beberapa masalah kesehatan. Misalnya saja rambut berketombe akibat kulit kepala kekurangan nutrisi yang menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala.

9. Kurang Olahraga

Olahraga merupakan aktivitas rutin yang wajib dilakukan. Tidak hanya mampu menyegarkan tubuh dan pikiran saja. Kegiatan ini mampu menghindarkanmu dari masalah ketombe. Pasalnya, menggerakkan tubuh melancarkan peredaran darah yang menunjang proses pertumbuhan sel-sel baru, termasuk sel kulit yang lebih sehat dan kuat.

10. Sedang Stres?

Aktivitas yang padat kerap menjadi alasan untuk tidak memanjakan diri. Hal tersebut ternyata dapat meningkatkan risiko stres. Stres sendiri merupakan salah satu penyebab ketombe yang kerap diremehkan. Maka dari itu, untuk mengatasi ketombe, luangkan waktu untuk menyegarkan pikiran. Misalnya saja traveling atau pun melakukan meditasi.

Mengatasi masalah ketombe memang tidak boleh sembarangan. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mengetahui penyebab dari rambut berketombe terlebih dahulu. Setelah itu, terapkan salah satu cara di atas yang sesuai dengan pemicunya. Namun, agar hasilnya lebih optimal. Jangan malas untuk mengaplikasikannya secara teratur.

(vem/kki)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading