10 Solusi Mengatasi Rambut Rontok Secara Efektif

Selasa, 19 April 2016 03:01

(c) shutterstock

Vemale.com - Mengikuti trend gaya rambut atau warna rambut yang terus berganti membuat penampilanmu terlihat makin keren dan stylish. Tapi hal tersebut tidak bisa dilakukan, jika kamu mengalami masalah rambut rontok parah. Apabila telah melebihi dari 100 helai rambut rontok, maka gunakan beberapa solusi efektif ini sebagai cara mengatasi rambut rontok.

1. Lakukan Diet Seimbang





Terkadang rambut rontok parah menjadi sinyal yang dikirimkan tubuuh, akibat kekurangan beberapa nutrisi, seperti protein, zat besi, dan vitamin. Masukkan ikan, sayuran berdaun hijau, buah-buahan kaya zat besi, susu, dan produk olahannya, ke dalam pola makan harian sebagai cara mengatasi rambut rontok. Suplemen makanan seperti tambahan vitamin A dan B juga bisa dikonsumsi, untuk membantu menyehatkan kulit kepala dan merawat rambut rontok.

2. Hot Oil Treatment





Cara perawatan rambut asal India ini dipercaya mampu mengatasi rambut rontok yang efektif dan tanpa efek samping. Kamu bisa menggunakan minyak almond, zaitun, atau kelapa pada rambutmu. Cukup oleskan minyak yang sudah dihangatkan sebelumnya, dari akar hingga ujung rambut. Lalu pijat kulit kepala secara perlahan agar minyak dapat meresap dengan baik. Tutup dengan shower cap selama sejam, lalu cuci rambut dan gunakan kondisioner untuk hasil terbaik.

3. Cara Merawat Rambut dengan Santan





Kelapa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan tubuh. Selain minyak kelapa, kamu juga bisa memanfaatkan santan sebagai cara mengatasi rambut rontok. Caranya cukup mudah kok. Parut kelapa tua dan saring santannya dengan menambahkan sedikit air. Oleskan cairan santan ke area rambut yang mulai menipis, biarkan semalam, dan bilas dengan air keesokan harinya.

BACA Cara Berhijab Bebas Rambut Rontok di Sini

4. Manfaat Bawang Merah dan Putih Untuk Rambut





Sulfur menstimulasi produksi kolagen yang membantu rambut tumbuh dengan sehat. Bumbu dapur seperti bawang merah dan putih, yang kaya akan sulfur, telah digunakan dalam pengobatan tradisional sebagai obat rambut rontok. Untuk penggunaannya, cukup haluskan bawang lalu tambahkan 1-2 sendok teh madu. Agar baunya tersamarkan, campurkan sedikit air bunga mawar, lalu aduk rata. Aplikasikan ke rambut dan diamkan 40-50 menit, kemudian cuci bersih.

5. Gali Khasiat Telur Untuk Rambut Rontok





Tak diragukan lagi, telur telah menjadi cara mengatasi rambut rontok yang ampuh dan efektif. Kandungan protein dan mineral di dalamnya menjadi pemicu tumbuhnya rambut, terutama jika dikombinasikan dengan minyak zaitun. Cukup ambil putih telur dan aduk dengan tambahan sesendok teh minyak zaitun, hingga membentuk pasta. Oleskan ke seluruh rambut hingga merata. Diamkan selama 15-20 menit, lalu bersihkan dengan air dan shampoo.

6. Cantik, Bunga Sepatu Juga Membantu Merawat Rambut Rontok





Selain berkhasiat mencegah rambut beruban, bunga sepatu ternyata juga menjadi salah satu obat rambut rontok alami yang ampuh. Ambil beberapa bunga sepatu, lalu haluskan sambil menambahkan minyak wijen atau kelapa, hingga membentuk adonan halus. Aplikasikan pada kulit kepala dan rambut, lalu diamkan selama beberapa jam. Bilas hingga bersih.

7. Mengatasi Rambut Rontok dengan Seledri





Seledri telah dikenal dalam pengobatan tradisional untuk merangsang pertumbuhan rambut dan mengatasi rambut rontok. Caranya haluskan seledri yang masih segar dengan bantuan air. Oleskan pada kulit kepala dan diamkan selama setengah jam, lalu cuci hingga bersih.

BACA Lebih Lanjut Cara Efektif Mengatasi Rambut Rontok

8. Manfaat Mengonsumsi Teh Hijau





Kandungan teh hijau yang kaya antioksidan tidak hanya menjadi cara mencegah rambut rontok, tapi juga mendorong pertumbuhan rambut baru. Cukup campur bubuk tek hijau dengan sedikit air, lalu aplikasikan ke kulit kepala. Diamkan selama sejam, lalu cuci bersih dengan air.

9. Selalu Jaga Kebersihan Kulit Kepala





Kulit kepala yang kotor berpotensi mengalami infeksi. Gunakan shampoo berkualitas dan conditioner yang mencegah timbulnya masalah ketombe dan gatal-gatal, yang juga menjadi pemicu rambut rontok parah. Selain mencuci rambut, jangan lupa menjaga kebersihan sisir dan sikat rambut, rutin melakukan trim rambut, dan menghindari penggunaan blow dryer yang terlalu sering.

10. Terapkan Gaya Hidup Sehat





Gaya hidup yang kurang sehat juga dapat memicu rambut rontok parah. Penggunaan obat rambut rontok maupun sampo tidak akan banyak berpengaruh, jika tidak melakukan pengubahan menuju tubuh yang lebih sehat. Praktekkan meditasi, cukup tidur, dan mengurangi penggunaan zat kimia pada rambut dapat menjadi cara mengatasi rambut rontok dengan cepat dan efektif.

Selamatkan rambut indahmu dengan menggunakan beberapa tips ini ya.

(vem/eth)






ARTIKEL TERKAIT - RAMBUT SEHAT


    © 2003-2018 Vemale.com. Hak cipta dilindungi undang-undang.