Sukses

Beauty

Cara Mengatasi Rambut Rontok yang Benar Hindarkan Kebotakan Dini

Siapa sih yang tidak ingin memiliki rambut yang sehat, berkilau, dan indah? Sayangnya, rambut rontok telah menjadi masalah yang mengganggu dan mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia. Meskipun tidak menimbulkan rasa sakit, melihat rambut rontok parah bisa jadi pengalaman yang menyedihkan, sekaligus menjengkelkan.  Tidak ingin mengalami kebotakan sejak dini? Coba deh beberapa cara mengatasi rambut rontok berikut ini.

1. Kenali Dulu Penyebab Rambut Rontok

Menurut para ahli kecantikan, kehilangan sekitar 100 helai rambut dalam sehari masih dianggap normal. Di luar jumlah ini, dapat dianggap sebagai rambut rontok parah. Untuk mencari cara perawatan rambut rontok yang efektif, perlu diketahui dulu apa penyebab rambut rontok.

Dari dalam tubuh bisa terjadi kekurangan nutrisi penting, kebiasaan diet yang salah, ketidakseimbangan hormon, penggunaan obat-obat tertentu, ketombe, dan mengalami stres. Sedangkan dari faktor eksternal mencakup terlalu sering mengubah warna rambut, styling rambut yang berlebihan,  sering bermain-main dengan rambut. Setelah mengetahui penyebab rambut rontok, kini bisa dicari cara mengatasi rambut rontok, misalnya melakukan diet seimbang, cukup istirahat, dan rileksasi.

2. Pilah-Pilih Sisir yang Aman Untuk Rambut

Siapa yang menyangka kalau urusan sisir saja bisa jadi penyebab rambut rontok. Hindari sisir yang terlalu rapat dan gunakan yang bergigi lebar yang secara lembut mencegah kusut, mengurangi risiko kerusakan rambut, dan mengatasi rambut rontok. Selain itu, jangan lupa untuk membersihkan sisir setiap minggu, karena penggunaan sisir yang kotor akan memicu berbagai masalah seperti ketombe, gatal-gatal, dan berujung pada rambut rontok parah. Bersihkan dengan campuran sabun dan air hangat, lalu biarkan hingga kering.

3. Hal Ini Jangan Lakukan Pada Rambut yang Basah

Dalam kondisi basah, rambut berada dalam keadaan yang rapuh dan mudah patah. Oleh karena itu hindari menyisir rambut saat basah, karena dapat menjadi penyebab rambut rontok. Biarkan kering secara alami dan gunakan sisir bergigi jarang untuk merapikannya. Selain itu, jangan menggosok-gosok rambut dengan handuk. Tidak hanya membuatnya kusut, tapi juga mudah patah dan memicu rambut rontok parah. Cukup tepuk-tepukkan handuk dengan perlahan setelah mencuci rambut, untuk menghindari kerusakan rambut.

4. Hot Oil Treatment

Tradisi meminyaki rambut untuk meningkatkan dan mempertahankan keindahannya berasal dari India kuno. Daripada melakukan perawatan salon yang mahal, gunakan produk alami yang aman, tidak menghasilkan efek samping, dan juga efektif. Minyak alami, seperti kelapa dan zaitun, dapat digunakan sebagai cara mengatasi rambut rontok dan mendorong pertumbuhan rambut baru.

Hangatkan minyak pilihan Anda dengan memanaskannya. Pastikan tidak terlalu panas, lalu aplikasikan ke kulit kepala dengan menggunakan jari atau kapas. Tutup dengan shower cap, biarkan selama sekitar 1 jam, lalu cuci rambut hingga bersih.

5. Rutin Mencuci Rambut

Cuci rambut minimal 3 hari sekali untuk menghilangkan debu, kotoran, minyak, dan bakteri yang menumpuk.  Menjaga rambut dan kulit kepala tetap bersih merupakan cara mencegah rambut rontok. Cobalah untuk beralih ke shampoo yang bebas sulfat, silikon dan paraben bebas untuk menghindari kerusakan rambut akibat bahan kimia yang terlalu keras, sehingga menjadi cara mengatasi rambut rontok yang tepat dan efektif.

6. Hindari Pewarnaan Rambut Terlalu Sering

Mengikuti trend warna rambut yang terus berganti memang telah menjadi bagian dari gaya hidup. Sayangnya penggunaan cat rambut yang terus menerus dan teknik bleaching dapat membuat rambut rusak dan menjadi penyebab rambut rontok. Lakukan perawatan khusus bagi rambut diwarnai untuk menjaga kesehatan dan mengatasi rambut rontok.

7. Biarkan Rambut Tergerai

Terlalu sering menggunakan tali rambut untuk mengusung gaya rambut seperti ekor kuda ketat, kuncir atau kepang dapat menjadi penyebab rambut rontok. Apalagi jika dipakai terlalu sering dan setiap hari. Sesekali biarkan rambut dalam keadaan tergerai alami dan pastikan rambut telah kering sepenuhnya, sebelum mengikatnya ya.

8. Diet Seimbang

Selain menjaga kesehatan tubuh, diet seimbang dapat menjadi cara mencegah rambut rontok. Kekurangan nutrisi seperti vitamin dan protein dapat memicu rambut rontok parah.  Jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan gizi dengan memasukkan aneka sayuran dan buah-buahan ke dalam menu makan sehari-hari.

9. Minum Banyak Air

Tidak hanya baik bagi kesehatan tubuh, mengonsumsi banyak air putih juga dapat memperbaiki kondisi tubuh. Selain menjadi cara merawat rambut rontok, rambut pun berkilau dan terlihat sehat. Penuhi kebutuhan air minum sebanyak 8 gelap setiap hari.

10. Gunakan Serum Rambut

Rambut yang kering lebih mudah patah dan memicu rambut rontok parah. Oleh karena itu, selalu jaga kelembapan rambut dengan mengaplikasikan serum rambut. Terutama saat berada di bawah paparan sinar matahari dan sebelum menggunakan alat penata rambut bersuhu panas. Gunakan secara rutin dan teratur untuk mendapatkan rambut indah yang diinginkan.

Cukup mudah kan mencari cara mengatasi rambut rontok. Lakukan sekarang juga sebelum terlambat ya.

(vem/eth)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading