Sukses

Beauty

Cara Mencegah Rambut Rontok dengan Masker Rambut Buatan Sendiri

Rambut rontok seringkali menjadi masalah besar bagi kebanyakan perempuan. Tapi terkadang kamu tidak memiliki banyak waktu untuk mengunjungi salon dan mendapatkan perawatan khusus. Belum lagi dana yang disiapkan untuk mengatasi penyebab rambut rontok pun tidak sedikit. Coba deh manfaatkan masker rambut buatan sendiri, dengan menggunakan bahan-bahan yang tersedia di dapur.

1. Masker Telur

Telur dikenal kaya protein yang ampuh mendorong pertumbuhan sel-sel tubuh, sehingga dapat digunakan sebagai salah satu bahan perawatan rambut rontok. Caranya cukup sederhana kok. Sediakan 1 telur rebus, secangkir susu, 2 sendok makan sari jeruk lemon, dan minyak zaitun. Campur hingga rata, usapkan pada seluruh kulit kepala hingga merata. Berikan sedikit pijatan, tutup dengan shower cap, dan diamkan selama 20 menit. Akhiri dengan membilasnya hingga bersih menggunakan air.

2. Masker Pisang

Tidak hanya menjadi buah favorit, tapi kamu juga bisa memanfaatkan nutrisi yang terkandung di dalamnya sebagai masker rambut. Yang dibutuhkan cukup 2 buah pisang matang, sesendok makan minyak zaitun, minyak kelapa, dan madu. Aduk dalam satu wadah hingga tercampur rata, dengan bantuan sendok. Aplikasikan ke seluruh bagian rambut hingga merata. Diamkan 5 menit, lalu bilas dengan air hangat. Gunakan secara rutin untuk mengatasi rambut rontok.

3. Masker Yogurt

Yogurt menjadi cara mengatasi rambut rontok secara alami, yang murah dan mudah didapat. Pembuatannya pun tak kalah sederhana. Siapkan secangkir yogurt, 1 sendok makan cuka apel, dan 1 sendok makan madu. Aduk rata dan oleskan masker rambut dari akarnya hingga ujung rambut. Biarkan selama 15 menit, lalu cuci rambut dengan air dingin. Gunakan secara teratur sebagai cara alami mengatasi rambut rontok.

4. Masker Alpukat

Aplikasikan masker alpukat ini untuk mengatasi rambut rontok, sekaligus melembapkan dan menyuburkan rambut. Pilih buah yang sudah masak, lalu tambahkan setengah cangkir susu, 1 sendok makan minyak zaitun, dan minyak almond. Aduk hingga halus dan tidak menggumpal. Bubuhkan pada rambut hingga merata, mulai akar hingga ujung rambut. Diamkan selama 15 menit, sebelum cuci dengan air dingin hingga bersih.

5. Masker Strawberry

Mau solusi rambut rontok yang alami, mudah, dan cepat? Gunakan saja masker strawberry. Hanya dengan 2 kali pemakaian, rambut rontok mulai berkurang.  Haluskan beberapa strawberry di dalam mangkuk, lalu campurkan dengan minyak kelapa, dan madu. Ambil sedikit campuran lalu oleskan dari pangkal hingga ujung rambut. Bilas hingga bersih dengan air dingin, setelah didiamkan selama 20 menit. Pakai sekarang juga dan rasakan khasiatnya ya.

6. Daun Kari untuk Masker Rambut

Masker rambut sebagai cara mengatasi rambut rontok ini akan membawa perubahan besar bagi kondisi rambutmu. Ambil beberapa daun kari dan minyak kelapa dari dapur. Panaskan selama beberapa menit, saring, lalu oleskan secara merata ke seluruh rambut. Bilas hingga bersih setelah pemakaian 20 menit. Pakai masker rambut 2 kali seminggu untuk perawatan rambut rontok.

7. Minyak Jarak

Minyak jarak yang juga dikenal sebagai castor oil ini dapat membawa perubahan bagi masalah rambut rontok. Kamu membutuhkan 2 sendok makan minyak jarak dan sebuah telur. Campur keduanya hingga rata lalu pijatkan ke kulit kepala. Jangan lupa mengoleskannya ke seluruh permukaan rambut ya. Diamkan sejenak lalu cuci dengan air dingin. Gunakan secara rutin sebagai cara mengurangi rambut rontok.

8. Masker Rambut Berbahan Rosemary

Tidak hanya bermanfaat sebagai bumbu dapur, rosemary juga dapat digunakan untuk menguatkan akar rambut dan membantu mengatasi rambut rontok. Caranya cukup mudah lho. Didihkan air berisi potongan rosemary selama beberapa menit. Diamkan lalu saring, dan pijatkan ke seluruh kulit kepala. Biarkan meresap selama 15 menit, lalu cuci bersih menggunakan air hangat suam-suam kuku.

9. Masker Rambut Teh Hijau

Teh hijau banyak dikenal karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Tapi tahukah kamu bahwa minuman lezat ini juga dapat dimanfaatkan untuk merangsang pertumbuhan rambut dan mengurangi rambut rontok. Kamu hanya perlu mengocok 1 kuning telur dan 2 sendok makan teh hijau, hingga membentuk tekstur yang creamy. Aplikasikan dengan bantuan kuas ke seluruh permukaan kulit kepala dan rambut. Diamkan selama 15-20 menit, lalu cuci dengan air dingin, sebelum menggunakan shampoo.

10. Masker Rambut Vitamin E

Lindungi rambut  dengan kekuatan vitamin E dan kombinasi minyak esensial, sebagai cara merawat rambut rontok. Dalam satu botol, kombinasikan minyak almond, arak, kelapa, dan lavender. Jangan lupa tambahkan vitamin E yang sudah dikeluarkan dari kemasannya. Aplikasikan campuran ini pada kulit kepala sebanyak 3 kali seminggu. Diamkan semalaman dan cuci bersih keesokan paginya.

Dari sekian banyaknya masker rambut alami yang digunakan sebagai cara mengatasi rmabut rontok, manakah yang jadi pilihanmu?

(vem/eth)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading