Bebaskan Penampilan dengan Cara Alami Menghilangkan Kutu Rambut

Selasa, 12 April 2016 00:01

(c) shutterstock

Vemale.com - Walau sudah menjaga kebersihan rambut, kutu rambut selalu menjadi momok yang harus dihadapi setiap tahunnya. Bahkan di AS, 6-12 juta anak-anak harus bermasalah dengan gatal-gatal yang disebabkan oleh kutu rambut. Daripada memakai resep yang dapat berisiko bagi kesehatan, ada beberapa cara menghilangkan kutu rambut secara alami yang bisa kamu coba.

1. Cara Manual





Cara pertama dan utama yang harus dilakukan untuk menghilangkan kutu rambut adalah dengan menyisir dan mematikan kutu maupun telurnya secara manual. Pertama, bagi rambut menjadi beberapa bagian, lalu mulailah menyisir sedikit demi sedikit dengan menggunakan sisir khusus. Bentuk gigi yang rapat memudahkanmu untuk mengambil kutu dan telur dari rambut.

2. Shampoo Kutu Berbahan Alami





Pyrethrum atau pyrethrins merupakan insektisida alami yang diekstrak dari bunga krisan. Senyawa ini menyerang sistem saraf kutu rambut, sehingga menjadi cara menghilangkan kutu rambut dengan cepat. Cara menggunakannya cukup mudah. Aplikasikan produk ke rambut kering, tunggu 10 menit. Tambahkan air untuk membuatnya berbusa, lalu bilas hingga bersih.

Lanjutkan dengan menyisirnya menggunakan sisir khusus untuk mengambil kutu dan telurnya. Gunakan kembali setelah 7 hari dari waktu pemakaian sebelumnya. Jika ada reaksi alergi pada kulit, hentikan segera.

3. Minyak Zaitun





Biasa digunakan sebagai salah satu bahan masakan, minyak zaitun dipercaya dapat membasmi kutu rambut, karena cairannya masuk ke dalam lubang nafas sehingga membut kutu mati lemas. Aplikasikan pada malam hari ke seluruh rambut, lalu tutup dengan shower cap. Keesokan harinya, sisir sebagai cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya. Keramas hingga bersih.

Baca Juga 3 Bahan Alami Pembasmi Kutu Rambut

4. Pengering Rambut





Dalam sebuah penelitian, metode menggunakan udara panas terbukti sangat efektif sebagai cara menghilangkan telur kutu rambut. Sebanyak 89% telur kutu mengering, tapi hanya 10% dari kutu rambut yang mati. Jadi gunakan hair dryer pada rambut yang baru saja dicuci, untuk meningkatkan kesempatan menghilangkan kutu rambut.

5. Metode Shrink Wrap





Tidak sesuai dengan namanya, teknik ini tidak melibatkan membungkus rambut dengan bahan apa pun. Ini merupakan cara menghilangkan kutu rambut paling ampuh dan direkomendasikan oleh para dokter, hingga dimuat di jurnal Pediatrics tahun 2004. Kombinasi penggunaan sabun pembersih kulit yang lembut pada rambut, menyisir sebanyak mungkin, dan menggunakan hair dryer dapat membasmi kutu rambut sebanyak 94-96%. Selain itu, juga terbebas dari serangan kutu rambut, minimal selama 6 bulan setelah penggunaan metode ini.

Baca Cara Mengatasi Kutu Rambut Dengan Bahan Alami Juga

6. Menghilangkan Kutu Rambut dengan Mayonnaise





Hampir sama manfaat dan cara kerja dengan minyak zaitun dalam membasmi kutu rambut. Pilih penggunaan mayonnaise yang full fat, sehingga dapat memblokir jalan nafas kutu dengan cairan yang lebih pekat. Gunakan pada malam hari, tutup dengan shower cap, lalu bilas hingga bersih keesokan harinya.

7. Penggunaan Cuka





Cuka dipercaya sebagai salah satu cara membasmi kutu rambut dengan cepat dan efektif. Senyawa asam di dalamnya mampu mengurai pelekat khusus yang dikeluarkan induk kutu rambut, saat meninggalkan telurnya. Oleskan pada seluruh bagian rambut, terutama setelah melakukan perawatan dalam menghilangkan kutu rambut.

8. Proses Pencegahan Kutu Datang Kembali





Setelah rambut terbebas dari kutu rambut cegah hal ini berulang kembali dengan menjaga kebersihan lingkungan sekitar, terutama tempat tinggal. Cuci selimut, topi, syal, dan handuk dalam air panas. Lalu keringkan dengan pengaturan suhu panas, atau jemur di bawah sinar matahari. Rendam sisir dalam campuran air panas dan sabun. Jangan lupa juga untuk membersihkan bantal, boneka binatang, hingga karpet sebagai cara ampuh menghilangkan kutu rambut dan telurnya secara alami.

9. Hindari Kontak Head-to-Head





Saran terbaik agar dapat terhindar dari penyebaran kutu rambut adalah dengan menghindarkan rambut bersentuhan dengan yang lain. Cara ini tidak mudah, terutama untuk anak-anak dalam usia sekolah. Untuk yang berambut panjang, ikat rambut ekor kuda atau kepang.

10. Jangan Berbagi





Walau terdengar egois, ini merupakan cara menghilangkan kutu rambut dengan cepat.  Hindari berbagi sisir, sikat, jepit rambut, topi, syal, dan bantal, untuk mencegah perpindahan telur kutu rambut. Selain itu, tambahkan beberapa tetes minyak esensial, seperti tea tree oil, ke dalam produk perawatan rambut untuk menangkal kutu rambut.

Gunakan beberapa tips ini untuk menjaga diri sendiri dan anggota keluarga lain, agar terbebas dari kutu rambut. Selamat mencoba!

(vem/eth)






ARTIKEL TERKAIT - RAMBUT SEHAT


    © 2003-2018 Vemale.com. Hak cipta dilindungi undang-undang.