Sukses

Beauty

10 Tips Mengatasi Ketombe dengan Buah Lemon

Salah satu penyebab ketombe adalah infeksi kulit kepala oleh jamur yang bernama malassezia. Akibtanya, banyak sel kulit kepala yang mati dan menumpuk. Tumpukan itulah yang disebut dengan ketombe. Masalah rambut berketombe memang menjadi persoalan tersendiri, terutama jika berbicara tentang penampilan. Namun, tidak perlu bersedih karena ketombe bisa diatasi dengan menggunakan buah lemon. Buah satu ini akan membuat kulit kepala tetap sehat dan ternutrisi. Nah, berikut deretan ramuan dari lemon yang bisa dipilih sesuai selera.

1. Lemon + Minyak Kelapa

Penyebab ketombe bisa berasal dari beragam hal. Salah satunya adalah kurang dalam menjaga kebersihan kulit kepala. Namun, hal tersebut bisa disisasati dengan membalurkan campuran air lemon dan minyak kelapa. Cukup campurkan satu sendok teh air lemon dengan dua sendok makan minyak kelapa dan dua cup air hangat. Balurkan pada kulit kepala sebelum tidur.

2. Lemon + Minyak Hazel

Ramuan lain untuk membantu dalam mengatasi ketombe adalah dengan mencampurkan air lemon dengan minyak hazel. Minyak hazel juga berfungsi untuk melembapkan kulit kepala serta meredakan peradangan yang ada. Aplikasikan campuran dari minyak hazel dengan air lemon yang sudah dihangatkan terlebih dahulu pada kulit kepala secara rutin.

3. Lemon + Dadih + Madu

Madu merupakan bahan anti-bakteri yang akan menjaga kulit kepala tetap steril. Sedangkan dadih adalah dairy product yang dimanfaatkan untuk melembapkan kulit kepala. Siapa sangka jika kombinasi antara keduanya dengan air lemon bisa membantumu dalam menghilangkan ketombe. Cukup gunakan ramuan ini menjadi masker rambut yang akan membasmi serpihan putih.

4. Lemon + Bubuk Bawang Putih

Bawang putih merupakan salah satu bahan yang diperaya mengandung zat anti-bakteri. Tentu saja hal tersebut bisa dimanfaatkan untuk menjaga kebersihan kulit kepala sehingga terhindar dari masalah ketombe. Kali ini cukup buat masker rambut dari air perasan lemon dengan bubuk bawang putih. Balurkan ramuan tersebut selama 30 menit sebelum berkeramas.

5. Lemon + Jahe + MInyak Zaitun

Perpaduan antara air lemon, jahe dan minyak zaitun merupakan kombinasi pas untuk membantumu dalam mengatasi ketombe. Air lemon yang mengandung vitamin C, jahe dengan anti-jamur serta minyak zaitun yang melembapkan akan mengusir ketombe dari kulit kepala dan rambut. Agar hasilnya lebih optimal, aplikasikan dan biarkan selama semalaman.

6. Lemon + Cuka Apel

Cuka apel merupakan salah satu produk yang kerap digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh. Tidak heran jika sebagian orang memanfaatkannya dalam mengatasi ketombe. Kali ini, agar hasilnya lebih terlihat, campurkan saja cuka apel dengan air lemon. Balurkan selama 30 menit pada kulit kepala agar formulanya lebih meresap. Setelah itu, bilas hingga bersih.

7. Lemon + Teh Bubuk

Lemon dan teh ternyata juga dapat mengatasi ketombe dengan cara menjadikan kulit lebih segar. Tidak hanya itu, kandungan zat antibakteri pada teh juga bermanfaat untuk menjaga kulit kepala tetap steril. Apalagi jika bahan tersebut dikombinasikan dengan air perasan lemon yang akan membersihkan kulit kepala dari masalah ketombe.

8. Lemon + Telur

Ingin mendapatkan rambut sehat bebas dari masalah ketombe? Jatuhkan saja pilihanmu dengan menjajal masker rambut berbahan dasar telur. Seperti yang telah diketahui oleh banyak orang jika telur memiliki kandungan protein dalam jumlah tinggi. Tidak heran jika bahan tersebut menutrisi sel kulit secara optimal. Agar hasilnya makin optimal, jangan ragu untuk mencampurkannya dengan air lemon yang kaya akan vitamin C dan mampu menstabilkan pH kulit.

9. Lemon + Kulit Jeruk

Suka menyantap buah jeruk? Jangan terburu-buru untuk membuang kulitnya. Pasalnya, kulit dari buah yang kaya vitamin C ini dapat digunakan dalam mengatasi rambut berketombe. Tidak heran jika sebagian orang rela mengolahnya menjadi pasta yang telah dicampur dengan air lemon. Agar rambut tetap sehat dan bebas dari ketombe, aplikasikan secara rutin sebelum berkermas.

10. Lemon + Baking Soda

Selain digunakan untuk membuat kue, baking soda juga dimanfaatkan dalam mengkesfoliasi tumpukan sel kulit mati. Fungsinya yang satu ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe pada kulit kepala. Baking soda akan meluruhakn tumpukan ketombe sehingga kulit kepala terasa lebih ringan dan bersih. Agar mudah dalam mengaplikasikannya, buatlah menjadi pasta. Caranya cukup dengan mencampurkan baking soda dengan air lemon.

Siapa sangka jika buah yang mengandung vitamin C ini dapat membantumu dalam mengatasi rambut berketombe. Bahkan, buah yang berasa asam tersebut juga dapat dikombinasikan dengan bahan lain. Tentu saja hal tersebut akan memudahkanmu dalam memilih perawatan rambut yang tepat dan sesuai dengan kondisi kulit kepala. Namun, agar hasilnya lebih optimal, jangan lupa untuk mengimbanginya dengan mengaplikasikan produk khusus ketombe, ya!

(vem/kki)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading