Sukses

Beauty

Yuk, Mengenal 10 Bahan Anti Ketombe yang Ada pada Sampo!

Ada sederet bahan aktif yang dapat membantumu dalam mengatasi ketombe. Tentu saja setiap bahan tersebut memiliki fungsi dan cara kerja yang berbeda. Maka dari itu, dengan mengetahui sedikit seluk beluknya, beberapa bahan yang terkandung dalam shampo khusus ketombe berikut dapat menangani masalah ketombemu dengan tepat.  

Kamu perlu menggunakan sampo dengan formula tepat yang dapat membantu merawat serta melembabkan kulit kepala dan rambut. Kulit kepala yang terjaga kebersihan dan kelembapannya membantu menjauhkan ketombe dan juga membantu rambut tumbuh sehat dan kuat. Coba cek formula yang ada pada HEAD & SHOULDERS Shampoo Cool Menthol Anti Dandruff.

Sampo dengan Formula Tiga Aksi Baru ini membantu membersihkan ketombe darimu, melindungi, dan melembapkan kulit kepala dari pertama kali keramas. Dengan HEAD & SHOULDERS, shampo Anti Ketombe no. 1 di dunia yuk miliki rambut indah dan bebas ketombe sekarang juga. Dengan pemakaian yang teratur, formula di dalam sampo ini juga mampu membantu menghilangkan ketombe dan minyak berlebih dari kulit kepala lebih baik dari shampo anti-ketombe terkemuka lainnya.

 

1. Zinc Pyrithione

Salah satu jenis bahan yang biasa ditemukan pada shampo khusus ketombe adalah zinc pyrithione atau ZnPTO. Bahan ini sudah sejak lama dicampurkan pada sampo anti ketombe. Tidak heran karena fungsinya mampu menghambat pertumbuhan dari malassezia, penyebab ketombe. Sampo dengan kandungan ZnPTO juga diperuntukkan rambut berketombe yang disebabkan oleh serborheic dermatitis.

2. Climbazole

Penyebab ketombe yang umum dijumpai adalah jamur. Biasanya, hal tersebut diakibatkan oleh kurangn menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala. Namun, siasati saja dengan mengaplikasikan shampo khusus ketombe yang memiliki kandungan climbazole. Zat ini merupakan anti-jamur yang dapat membasmi jamur berlebih pada kulit kepala. Biasanya, climbazole juga dikombinasikan dengan ZnPTO agar lebih optimal dalam mengatasi ketombe.

3. Lavender

Rambut berketombe kerap disertai dengan rasa gatal pada sejumlah area kulit kepala. Kondisi itu biasa terjadi karena jumlah jamur pada kulit kepala yang melebihi angka normal. Untuk mengatasinya, gunakan saja shampo khusus ketombe yang memiliki kandungan lavender di dalamnya. Lavender sendiri mempunyai bahan yang dapat melembapkan dan meredakan gatal-gatal pada kepala.

4. Charcoal

Siapa sangka jika charcoal atau arang juga menjadi salah satu bahan campuran dari shampo khusus ketombe. Bahan ini memiliki peranan penting dalam membersihkan area rambut berketombe. Arang juga mengandung zat yang mampu mendetoksifikasi sel kulit kepala secara menyeluruh. Memakai sampo dengan kandungan charcoal juga menjadikan kulit terasa lebih ringan dan segar.

5. Coal Tar

Jika rambut berketombemu disebabkan oleh gangguan kulit psoriasis, pilihlah shampo khusus ketombe yang mencampurkan coal tar di dalamnya. Bahan ini mampu memperlambat regenerasi sel kulit penyebab ketombe. Namun, saat sedang merawat rambut dengan produk mengandung coal tar, selalu kenakan pelindung kepala. Hal tersebut dikarenakan coal tar dapat meningkatkan sensitivitas kulit terhdapa cahaya. Jadi, jangan sampai kulit kepalamu terbakar, ya!

6. Salicylic Acid

Salicylic acids merupakan bahan aktif yang biasa digunakan untuk mengatasi ketombe. Namun, siapa sangka jika bahan tersebut juga ampuh dalam mengatasi ketombe. Shampo khusus ketombe yang mencampurkan salicylic acid di dalamnya dapat mengeksfoliasi dan melembutkan serpihan sel kulit pada kulit kepala.

7. Selenium Sulfide

Bahan ini memiliki kandungan anti-jamur yang dapat mengontrol pertumbuhan malassezia. Selain itu, selenium sulfide juga ampuh menghambat regenerasi sel kulit yang berlebihan pada kulit kepala. Sampo dengan kandungan tersebut juga ampuh mengatasi rambut berketombe yang disebabkan oleh serborheic dermatitis dan psoriasis. Keuntungan lainnya jika menggunakan sampo dengan selenium sulfide adalah menyegarkan kulit kepala dan meredakan gatal-gatal.

8. Ketoconazole

Ketoconazole merupakan salah satu bahan yang paling ampuh dalam mengatasi jamur. Bahan aktif ini juga biasa dicampurkan dalam shampo khusus ketombe. Sampo dengan kandungan tersebut juga mampu meredakan rasa gatal yang disebabkan oleh ketombe. Namun, karena sifatnya yang keras, tidak semua negara menjualnya dengan bebas. Bagi yang memiliki masalah rambut berketombe karena serborheic dermatitis, bisa mengaplikasikan sampo dengan campuran ketoconazole.

9. Sulfur

Siapa sih yang tidak kenal dengan sulfur atau belerang? Bahan satu ini biasa digunakan untuk mengobat beragam penyakit kulit. Jadi, jangan kaget jika menemukan sulfur dalam deretan komposisi shampo khusus ketombe. Bahan tersebut bekerja dengan cara menghambat pertumbuhan sel baru.

10. Ciclopirox Olamin

Bahan lain yang juga biasa digunakan pada shampo khusus ketombe adalah ciclopirax olamin. Cara kerja dari bahan aktif ini adalah dengan mencegah pembentukan bakteri pada kulit kepala. Namun, penggunaan sampo dengan kandungan tersebut tidak diperbolehkan untuk pemakaian jangka waktu lama. Pasalnya, ciclopirox olamin dapat menyebabkan rasa gatal dan ruam pada kulit kepala.

Baca juga: Kenali Penyebab Masalah Ketombe Dan Cari Tahu Cara Mengatasinya

Nah, ternyata mengatasi ketombe dengan sampo khusus juga harus disesuaikan dengan penyebab ketombe agar hasilnya optimal. Salah satu cara menyiasatinya adalah menggunakan bahan yang tepat. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk memilih bahan seperti di atas yang cocok untuk kondisi rambutmu. Jadi, lebih bijak lagi dalam memilih sampo anti ketombe, ya!

(vem/kki)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading