Sukses

Beauty

10 Cara Merawat Rambut Agar Keriting Alami Cantik Memesona

Cara merawat rambut agar keriting alami tanpa menggunakan hair styling dapat membuatnya lebih sehat. Rambut akan tampak bervolume, dan penampilan pun lebih elegan. Hindari menggunakan alat catok yang dapat menghasilkan panas, karena justru akan membuat rambut kering, mudah patah dan bercabang ketika bosan dengan rambut keriting. Lakukan, pengkritingan dengan cara alami berikut ini untuk gaya lebih memesona.

1. Berawal dari Gaya Rambut

Cara pertama untuk membuat rambut keriting atau bergelombang adalah memulainya dengan model rambut yang tepat. Kamu bisa membuatnya menjadi long layer yang nanti akan mempermudah dalam proses pengkritingan. Dengan bagian layer terpendek sedagu, dan terpanjang sampai bahu rambut akan terlihat lebih berisi. Pastikan pula untuk sertakan gaya rambut ombre yang akan membuat look dengan curly hair semakin magnificent dan fabulous.

2. Gunakan Dry Shampoo

Mencuci rambut dengan sampo merupakan suatu kewajiban. Sebab, hal tersebut dapat membuat kotoran, minyak dan keringat di kulit kepala serta rambut terangkat, sehingga menjadikannya lebih bersih dan sehat.  Sebagai langkah awal untuk mengkeriting rambut, gunakanlah dry shampoo yang dapat membuat kulit kepala serta rambut tampak lebih bervolume dan meminimalkan jumlah minyak berlebih. Dengan begitu, nantinya rambut jadi mudah untuk dikeriting.

3. Menggunakan Roll

Roll rambut merupakan cara untuk mengkeriting rambut yang dilakukan sejak dahulu sebelum adanya hair styling. Bentuk tabungnya dapat membuat rambut lebih bergelombang hingga curly dalam waktu singkat saja. Cara mengaplikasikannya yang benar adalah membersihkan rambut terlebih dahulu dengan sampo serta melembutkannya memakai kondisioner. Lalu, angin-anginkan hingga benar-benar kering. Rapikan rambut secara perlahan dengan sisir bergigi jarang, dan ambil bagian-bagian terkecilnya.

Nah, inilah saatnya untuk melilitkan bagian-bagian tersebut pada masing-masing roll. Biarkan selama kurang lebih tiga hingga empat jam, lalu lepas roll dan lihat hasilnya!

Baca juga: 8 Langkah Menjaga Rambut Curly Awet Lebih Lama

4. Mengikatnya Menjadi Bun

Cara mudah membuat gaya rambut keriting secara alami dengan mengikatkan tali rambut dan membentuknya seperti ponytail terlebih dahulu. Kemudian, lilitkan seluruh rambut tersebut hingga membentuk sebuah konde atau bun yang memiliki bentuk seperti donat. Diamkan selama semalam atau sekitar enam hingga delapan jam. Lepaskan keesokan harinya, dan lihatlah rambut ikal yang begitu menakjubkan!

5. Menggunakan Headband

Headband merupakan salah satu cara merawat rambut agar keriting yang sangat menarik. Seperti biasa, bersihkan terlebih dahulu dengan sampo dan kondisioner. Saat setengah basah, Lingkarkan headband di kepala. Kemudian, wrap rambut mengitari headband hingga membentuk sebuah twist. Agar rambut tetap sehat tanpa adanya campur tangan hair styling, maka gunakanlah kipas angin untuk mengeringkannya. Setelah itu, buka headband dan lihatlah rambut curly yang cute.

Baca juga: Tips keriting rambut pakai sumpit ini hasilnya menakjubkan, coba ya!

6. Metode Braiding

Metode braiding merupakan cara merawat rambut agar keriting yang banyak diaplikasikan. Nantinya, cara ini akan menghasilkan rambut yang bervolume dan cenderung lebih mengembang. Maka dari itu, berilah kondisioner terlebih dahulu sebelum memulai pengkeritingan. Saat rambut setengah kering, buatlah dengan model braided. Untuk rambut curly maksimal, maka cobalah untuk membagi rambut menjadi tiga bagian. Diamkan gaya rambut ini selama semalam, lalu buka keesokan harinya.

7. Buat Jadi Twist

Sebelum mengkeriting rambut, lebih baik cucilah rambut dengan sampo terlebih dahulu dan biarkan setengah kering. Cara twist ini terbilang mudah, yaitu dengan membaginya menjadi dua bagian sama rata. Lalu, buatlah twist dan lilitkan pada bagian atas hingga menyerupai donat, Jepit dengan cukup kuat agar tidak mudah lepas. Diamkan selama kurang lebih empat hingga enam jam atau bahkan selama semalam untuk dapatkan rambut  wavy dan keriting yang indah.

8. Diikat dengan Potongan Kain Spandex

Sebelum mengkeriting rambut, pastikan untuk membersihkan dan membiarkannya setengah kering. Lembapkan pula dengan kondisioner, agar saat rambut mudah diatur dalam proses pengkeritingan. Langkah selanjutnya adalah memotong kain spandex berbentuk stripes berukuran lebar 2.5 sentimeter dan panjang 7.6 sentimeter. Gunakan sisir untuk memisahkan bagian per bagian rambut.

Agar penampilan lebih menarik, sebaiknya keritinglah bagian ujungnya saja dengan mengikatkan kain spandex yang telah dipotong-potong tersebut. Biarkan hingga rambut benar-benar kering, lalu lepaskan ikatan tersebut dan lihatlah rambut keriting yang indah.

9. Menggunakan Potongan Kertas

Cara merawat rambut agar keriting dengan potongan kertas sebenarnya hampir sama dengan metode yang digunakan dengan kain spandex. Potonglah kertas menjadi bentuk stripes terlebih dahulu. Bersihkan rambut dengan sampo dan kondisioner, dan biarkan setengah basah. Kemudian, rapikan dengan sisir bergigi jarang dan bagi menjadi beberapa bagian terkecil. Agar look semakin cute nantinya, maka ikatkan potongan kertas tersebut pad ujung rambut saja. Diamkan selama kurang lebih enam jam hingga rambut benar-benar bersih, dan Anda pun akan dapatkan rambut keriting spiral.

10. Bisa Juga Pakai Jepit Rambut

Ada berbagai macam jepit rambut yang dapat diaplikasikan untuk membuat penampilan lebih menarik. Namun, kali ini gunakanlah jepitan hitam sederhana saja untuk membuat rambut keriting alami. Sama halnya dengan cara di atas, pastikan agar rambut benar-benar bersih dan setengah basah terlebih dahulu. Lalu, buatlah hingga bagian-bagian terkecil dan lilitkan. Perkuat dengan jepit rambut, lalu diamkan selama kurang lebih empat jam. Rambut messy curly pun akan Anda dapatkan dalam waktu sekejap saja.

Mudah bukan cara merawat rambut agar keriting secara alami? Yuk, coba sepuluh cara di atas gara rambut lebih stylish tanpa harus memakai bantuan hair styling!

(vem/ind)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading