Sukses

Beauty

10 Cara Mengatasi Ketombe dengan Santapan nan Lezat

Ketombe adalah kelupasan sel kulit kepala yang kering. Benda yang satu ini biasanya juga disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari salah penggunaan produk perawatan rambut, kurang asupan nutrisi, kulit kepala yang tidak dapat bernafas hingga stres. Salah satu cara untuk mengatasi ketombe adalah dengan mengaplikasikan sampo khusus ketombe secara rutin.

Bisa juga menyiasatinya dengan mengatur pola makan. Bagi yang sedang bermasalah dengan rambut berketombe, tidak ada salahnya untuk memperbanyak santapan beberapa jenis penganan berikut.

1. Biji Bunga Matahari 

Cara Mengatasi Ketombe dengan Santapan nan Lezat (c)shutterstock

Biji bunga matahari merupakan salah satu jenis camilan yang ampuh dalam mengatasi ketombe. Siapa sangka jika rasa gurih dari penganan tersebut mengandung zinc dan vitamin B6 yang berperan penting dalam menjaga kesehatan dan kebersihan rambut secara optimal. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba mengganti snack favorit dengan biji bunga matahari yang dipercaya dapat membantu dalam menghilangkan ketombe. Menurut HealthWithFood.org, satu cup biji bunga matahari yang memenuhi 31% asupan B6 yang dibutuhkan dalam sehari.

Baca juga: 5 Manfaat Biji Bunga Matahari Untuk Kesehatan

2. Pepaya

Cara Mengatasi Ketombe dengan Santapan nan Lezat (c)shutterstock

Pepaya merupakan salah satu buah yang kerap digunakan dalam beauty treatment. Selain berfungsi untuk mencerahkan kulit, vitamin A di dalamnya juga dapat mengatasi ketombe membandel. Hal tersebut dikarenakan fungsi dari vitamin A dalam meluruhkan sel kulit mati. Tidak hanya itu, sodium yang terdapat di daging buahnya juga menghidrasi kulit secara optimal. Seperti yang dilansir dari WebMD, menyantap 140 gram buah pepaya dapat menyumbang 2% zat besi dan 8% vitamin A yang dibutuhkan oleh tubuh dalam sehari.

3. Apel

Cara Mengatasi Ketombe dengan Santapan nan Lezat (c)shutterstock

Situs Livescience menjelaskan, menyantap satu buah apel setiap hari dapat menjauhkan dari penyakit. Pernyataan tersebut bisa jadi benar adanya jika mengingat kandungan vitamin dan nutrisi yang terdapat dalam apel. Mulai dari zat besi, zinc, mangan, potasium, vitamin A hingga vitamin B6 yang ampuh dalam mengatasi ketombe.

Baca juga: Hair Mask Apel Untuk Rambut Dan Kulit Kepala Sehat

4. Salmon

Cara Mengatasi Ketombe dengan Santapan nan Lezat (c)shutterstock

Ikan yang satu ini memang dikenal kaya akan kandungan omega-3. Siapa sangka jika zat yang meningkatkan proses metabolisme tersebut juga dapat mengatasi masalah ketombe. Menurut laman whfoods.com, 113,40 gram dari daging salmon akan memberikan 55% omega-3 yang dibutuhkan dalam sehari. Zat tersebut lah yang akan berfungsi dalam menjaga kelembapan kulit kepala.

5. Tuna

Cara Mengatasi Ketombe dengan Santapan nan Lezat (c)shutterstock

Jenis ikan laut lainnya yang dapat membantu dalam mengatasi masalah ketombe adalah tuna. Sama-sama mengandung omega-3, menjadikannya sebagai salah satu jenis makanan yang dapat mengatasi ketombe. Omega-3 yang ada di dalam ikan tuna akan menutrisi sel kulit kepala secara optimal. Dilansir dari Healtheating, tubuh perempuan membutuhkan asupan omega-3 sebanyak 1100 miligram, berbeda dengan pria yang memerlukan 1600 miligram.

6. Kedelai

Cara Mengatasi Ketombe dengan Santapan nan Lezat (c)shutterstock

Penyebab ketombe adalah kulit kepala yang kering. Untuk mengatasi ketombe, bisa dengan memanfaatkan kedelai. Hal tersebut dikarenakan tingginya kandungan vitamin E yang ada dalam kedelai. Zat tersebut berperan aktif dalam memperbaiki kualitas sel kulit kepala. Sehingga kulit kepala lebih ternutrisi dan terhindar dari masalah ketombe. 25 gram kedelai dalam sehari merupakan jumlah yang disarankan oleh jurnal Soy: A Complete Source of Protein.

7. Tiram

Cara Mengatasi Ketombe dengan Santapan nan Lezat (c)shutterstock

Tiram mungkin lebih dikenal sebagai makanan afrosidiak. Namun, kandungan zinc dalam jumlah tingginya mampu mengatasi ketombe dan rambut rontok. Maka dari itu, variasikan santapan laut dengan menambahkan tiram. Sehingga tidak akan ada lagi rambut berketombe. Namun, agar tubuh tetap sehat, Thrutcher.com membeberkan jika tubuh memerlukan asupan protein sebanyak 46 gram untuk wanita dan 56 gram untuk pria dalam sehari.

8. Kentang 

Cara Mengatasi Ketombe dengan Santapan nan Lezat (c)shutterstock

Salah satu jenis sayuran yang kerap diolah menjadi French fries ini juga dapat mengatasi ketombe secara ampuh tidak heran karena kentang memiliki kandungan vitamin A yang ampuh dalam mengatasi pengelupasan sel kulit mati. Kondisi tersebut merupakan penyebab ketombe yang biasa dialami oleh banyak orang. Salah satu laman kesehatan, EatforHealth menerangkan jika jumlah penyajian kentang dalam sehari yang ideal adalah sekitar 75 gram.

Baca juga: Kentang: Makanan Tepat untuk Diet

9. Kacang Mede

Cara Mengatasi Ketombe dengan Santapan nan Lezat (c)shutterstock

Jenis kacang yang biasa digunakan sebagai campuran cokelat ini juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi ketombe. Salah satu faktornya karena kacang mede kaya akan zinc. Zinc sendiri merupakan zat yang diperlukan tubuh untuk menutrisi sel kulit kepala secara optimal. Sehingga kulit tetap lembap dan terhindar dari masalah ketombe. Sebagai pengganti camilan, NutritionAustralia.org menganjurkan untuk menyantap 30 gram kacang-kacangan setiap hari.

10. Daging Merah

Cara Mengatasi Ketombe dengan Santapan nan Lezat (c)shutterstock

Penyebab ketombe yang sering dialami oleh sebagian orang adalah kekurangan asupan zinc. Maka dari itu, untuk mengatasi ketombe dapat dilakukan dengan memperbanyak penganan yang mengandung zinc. Salah satunya adalah daging merah. Jumlah yang dianjurkan untuk mengonsumsi daging merah sesuai saran dari Eatforhealth adalah 65 gram per hari yang juga memberikan energi sebanyak 500-600 kiloJoul. Namun, tetap sesuaikan dengan jumlah energi harian agar tetap sehat.

Semua orang tentu ingin memiliki kulit kepala yang bersih dan sehat. Namun, terkadang salah dalam mengaplikasikan produk atau pun menerapkan gaya hidup yang kurang sehat sering menimbulkan beberapa masalah. Salah satunya adalah rambut berketombe. Untuk mengatasinya tidak cukup dengan mengandalkan shampo khusus ketombe saja, tetapi juga harus diimbangi dengan mengatur santapan makanan bergizi.

(vem/kky/boo)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading