Sukses

Beauty

10 Cara Mencegah Ketombe Terlihat di Helai Rambut Hitam

Rambut hitam yang lebat dan sehat kerap menjadi standar kecantikan wanita Indonesia. Semakin hitam dan tebal, semakin cantik wanita yang memilikinya. Sederet cara merawat rambut hitam pun kemudian menjadi incaran demi mempertahankannya, termasuk mencegah ketombe muncul di helai rambut hitam. Mulai dari menjaga kebersihan rambut, yuk, Ladies.

1. Mencuci rambut Secara Rutin

Salah satu cara mencegah ketombe adalah mencuci rambut secara rutin. Keramas dapat menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala karena mampu meluruhkan kotoran dan debu yang menempel pada kulit kepala atau pun rambut. Tingkatkan intensitas mencuci rambut jika sering melakukan kegiatan di lura ruangan yang lebih rentan terhadap debu dan polusi.

2. Pilih Shampo yang Tepat

Bagi yang memiliki rambut berketombe, akan lebih baik untuk mengaplikasikan sampo yang bebas dari kandungan sulfur. Sulfur akan membuat kulit kepala lebih kering sehingga memicu rambut berketombe atau bahkan membuat keadaannya bertambah parah. Gunakan saja sampo dengan campuran zat anti-bakteri atau anti-jamur. Agar hasilnya lebih optimal, keramasi rambut sebanyak satu hingga dua kali dalam seminggu.

Baca juga: Sampo Anti Ketombe Terbaik Wajib Memiliki Kandungan Ini

3. Kurangi Pemakaian Hair Styling

Berlebihan dalam menggunakan produk hair styling ternyata juga dapat menjadi penyebab ketombe. Bahan kimia yang ada di dalamnya ternyata dapat membunuh bakteri alami pada kulit kepala. Fungsi dari bakteri alami sendiri adalah membasmi jamur ataupun kotoranĀ  penyebab ketombe. Jika terpaksa harus menggunakan hair styling product, usahakan lebih menjaga kebersihan rambut dengan cara meningkatkan intensitas mencuci rambut.

4. Eksfoliasi Kulit Kepala

Agar kulit kepala lebih sehat dan bersih, lakukan eksfoliasi secara berkala. Proses ini akan meluruhkan sel kulit mati, sehingga dapat terhindar dari masalah rambut berketombe. Selain menggunakan exfoliator khusus kulit kepala, manfaatkan pula bahan-bahan alami. Misalnya saja baking soda dan garam dapur yang mengandung bahan anti-bakteri dan anti-jamur.

Baca juga: Scrub Rambut Dan Kulit Kepala, Apa Manfaatnya

5. Melembapkan Kulit Kepala

Salah satu penyebab ketombe adalah kulit kepala yang kering. Maka dari itu, siasati dengan mengaplikasikan minyak esensial pada kulit kepala. Selain dapat membantu menjaga kelembapan kulit kepala, minyak esensial dapat menutrisi rambut. Lakukan perawatan tersebut sebelum tidur. Bungkus dengan tudung masker, baru bilas keesokan harinya.

6. Banyak Meminum Air Putih

Menjaga kelembapan sel kulit kepala juga dapat dilakukan dari dalam. Salah satunya dengan mengonsumsi air putih. Bahan yang satu ini tidak hanya mampu mengeluarkan toksin dari dalam tubuh. Namun, juga dapat melembapkan sel kulit kepala. Kondisi tersebut dapat mencegah ketombe meluas. Dengan rutin meminum air putih, sel tubuh pun juga tak mudah mengalami dehidrasi.

7. Merelaksasi Pikiran

Stres juga menjadi penyebab ketombe yang sering disepelekan. Kondisi tersebut kerap menyerang bagi yang memiliki rutinitas padat. Untuk mencegah ketombe, luangkan sedikit waktu untuk merelaksasi pikiran. Misalnya saja dengan bermeditasi atau pun melakukan hobi. Menerapkannya secara rutin, dapat mengurangi tingkat stres.

8. Berolahraga Teratur

Agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari sejumlah masalah, jangan lupa menyempatkan berolahraga. Kegiatan satu ini tidak hanya menjadikan tubuh bugar, tetapi juga mampu mencegah ketombe. Berolahraga mampu melancarakan peredaran darah. Saat aliran darah menjadi lancar, kadar oksigen yang dibawa pada sel-sel tubuh pun juga akan meningkat. Dilansir dari laman bodyecology.com, oksigen dapat menutrisi sel kulit. Kondisi tersebut tentu saja akan membuat sel kulit kepala lebih sehat dan terhindar dari masalah penyebab ketombe.

9. Berjemur di Bawah Sinar Matahari

Agar kulit kepala tetap ternutrisi dan terhindar dari rambut berketombe, tidak ada salahnya untuk meluangkan beberapa menit berjemur di bawah sinar matahari. Cara tersebut juga berlaku pada rambut berketombe yang disebabkan oleh psoriasis. Namun, cara tersebut tidak diperbolehkan bagi yang menggunakan sampo berbahan tertentu. Misalnya saja seperti coal tar yang menjadikan kulit lebih sensitif pada sinar matahari.

Baca juga: 3 Gaya Rambut Untuk Melindungi Kulit Kepala Dari Sinar Matahari

10. Konsumsi Makanan Penuh Gizi

Agar rambut terbebas dari masalah ketombe, mulai sekarang coba perbaiki pola makan. Perbanyak konsumsi penganan yang mengandung omega-3, zinc dan vitamin B. ketiga bahan tersebut dapat menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut. Beberapa jenis bahan yang dapat dijadikan referensi untuk mencegah ketombe adalah dairy products, sayuran hijau, kacang-kacangan, kentang hingga daging merah.

Rambut hitam yang sehat dan lebat memang dapat memberi nilai plus pada penampilan. Maka dari itu, agar terhindar dari sejumlah masalah, terutama rambut berketombe, jangan ragu untuk menerapkan beberapa tips di atas. Mengaplikasikannya secara rutin, tentu akan membantu dalam mencegah ketombe datang.

(vem/kki)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading