Sukses

Beauty

10 Cara Memanjangkan Rambut yang Mudah Dipraktikkan

Rambut panjang memang memberikan beberapa keuntungan. Salah satunya adalah lebih mudah dikreasikan menjadi beragam gaya rambut. Cara mendapatkannya pun ternyata cukup mudah. Bahkan, bagi yang sedang disibukkan dengan padatnya kegiatan juga bisa mencoba sederet cara cepat memanjangkan rambut berikut.

1. Mengurangi Hair Styling

Mengkreasikan rambut menjadi beragam gaya dapat membuat penampilanmu lebih berbeda. Tidak heran jika banyak wanita gemar menjajal tatanan rambut. Hal tersebut juga kerap dikaitkan dengan penggunaan hair styling product. Bahan-bahan kimia yang ada di dalam produk tersebut dapat menghambat proses pertumbuhan rambut. Maka dari itu, kurangi pemakaian produk tersebut agar rambut tumbuh lebih cepat.

2. Rajin Mengoleskan Minyak Kelapa Sawit

Jenis minyak yang satu ini dikenal kaya akan tocotrienols, salah satu bahan yang dapat mempercepat proses pertumbuhan rambut. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mencoba cara memanjangkan rambut secara alami menggunakan minyak kelapa sawit. Cukup aplikasikan satu hingga dua kali dalam seminggu. Minyak kelapa sawit juga ampuh dalam melindungi kulit kepala dari matahari, garam dan air klorin yang menyebabkan rambut cepat kusam.

Baca juga: Cara Alami Melembutkan Rambut Dengan Minyak Kelapa dan Lidah Buaya

3. Gunakan Pelindung Kepala

Sinar matahari memang baik untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala. Namun, terpapar sinar matahari dalam jangka waktu lama justru akan merusak kesehatan rambut. Untuk menyiasatinya, gunakan pelindung kepala berupa topi atau pun scarf. Kondisi tersebut juga bisa dijadikan sebagai salah satu cara cepat memanjangkan rambut.

4. Hindari Menyisir Rambut Basah

Alih-alih membuat rambut tidak kusut setelah keramas, menyisir rambut yang basah justru dapat merusak rambut. Hal tersebut juga menghambat proses pertumbuhan rambut yang lebih sehat. Maka dari itu, bagi yang ingin mendapatkan rambut panjang, usahakan untuk membiasakan menyisir rambut dalam keadaan kering.

5. Sarung Bantal Berbahan Sutra

Cara memanjangkan rambut yang dapat dicoba menggunakan sarung bantal berbahan sutra. Kain yang lembut dan licin tersebut akan membuat rambut lebih sehat dan bebas kusut. Tidak hanya itu, hal tersebut juga mampu membuat rambut lebih bernapas. Proses pertumbuhan rambut pun tidak akan terganggu.

6. Konsumsi Biotin

Salah satu bahan yang dapat digunakan sebagai cara cepat memanjangkan rambut adalah biotin. Bahan tersebut merupakan bagian dari vitamin B yang dapat ditemukan pada kedelai, telur dan hati. Maka dari itu, untuk memanjangkan rambut, sisipkan makanan yang mengandung biotin pada menu santap. Bisa juga menyiasatinya dengan mengonsumsi biotin dalam bentuk suplemen.

7. Memijat Kulit Kepala

Bagi yang ingin memanjangkan rambut secara alami juga bisa memijat kulit kepala secara rutin. Hal tersebut dapat menstimulasi pertumbuhan sel rambut baru. Hasilnya, rambut dapat menjadi lebih cepat panjang. Agar kulit tidak mengalami iritasi, berikan pijatan lembut selama 30 detik hingga satu menit. Lakukan selama empat hingga enam minggu agar hasilnya lebih optimal.

Baca juga: Manfaat Pijat Kepala Bagi Keindahan Rambut

8. Urai Rambut Saat Tidur

Alih-alih mengikat rambut agar terhindar dari jerawat, hal tersebut justru dapat membuat rambut rontok. Tidak hanya itu, mengikat rambut saat tidur juga dapat menghambat proses pertumbuhan rambut. Maka dari itu, hindari mengikat rambut atau pun menggunakan penutup rambut saat tidur.

9. Hindari Stres

Salah satu hal yang dapat mengganggu proses pertumbuhan rambut adalah stres. Luangkan sedikit waktu untuk sekadar menenangkan pikiran dan tubuh. Misalnya saja dengan mengerjakan hobi. Bisa juga dengan mengunjungi destinasi wisata menarik. Bagi yang tidak ingin keluar rumah, lakukan saja yoga atau meditasi. Kondisi tersebut akan membuat sel kulit kepala dan rambut menjadi lebih panjang. Dengan begitu, rambut panjang pun akan mudah didapat.

10. Perhatikan Asupan Makanan

Bagi yang ingin mencoba cara cepat memanjangkan rambut, bisa mulai mengontrol asupan makanan mulai dari sekarang. Perbanyak asupan sumber omega-3 seperti salmon. Omega-3 dapat membantu melancarkan proses pertumbuhan rambut.

Cara cepat memanjangkan rambut memang beragam. Selain itu, hal tersebut juga kerap menjadi pilihan bagi orang yang sibuk. Namun, jangan asal memilih segala cara agar rambut tetap sehat. Tidak ada salahnya untuk menjajal sederet cara memanjangkan rambut di atas yang praktis dan tidak mengganggu jadwal acaramu.

(vem/kki)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading