10 Cara Memanjangkan Rambut Sederhana yang Mudah untuk Dicoba

Selasa, 29 Maret 2016 03:00

(c) shutterstock

Vemale.com - Memiliki rambut panjang yang lebat merupakan dambaan perempuan. Tidak heran jika beragam perawatan untuk memanjangkan rambut digemari. Namun, siapa sangka jika sejumlah treatment tersebut juga dapat dilakukan di rumah dengan cara yang sederhana. Agar lebih aman dan menghemat waktu, tidak ada salahnya untuk mencoba sejumlah tips berikut yang juga diselingi dengan cara memanjangkan rambut secara alami.

1. Teratur Memotong Ujung Rambut





Salah satu cara cepat memanjangkan rambut, yaitu melakukan trimming setiap enam hingga delapan minggu sekali. Hal tersebut akan menghilangkan ujung rambut yang rusak atau mati. Cara tersebut juga dapat digunakan untuk meminimalkan rambut bercabang. Selain itu, memangkas ujung rambut juga menstimulasi pertumbuhan rambut baru yang lebih sehat.

2. Hot Oil Massage





Cara memanjangkan rambut secara alami yang dapat dicoba adalah memijat kulit kepala menggunakan hot oil. Kandungan dalam minyak tersebut akan menutrisi sel kulit rambut secara optimal. Hot oil massage menstimulasi rambut untuk tumbuh lebih cepat. Tidak hanya itu, memulaskan minyak esensial pada kulit kepala juga menjadikan rambut baru tumbuh lebih tebal, lembut dan sehat.

Baca juga: Rambut Segar Berkat Pijat

3. Masker Putih Telur





Bahan lain yang dapat dijadikan referensi untuk cara memanjangkan rambut secara alami adalah putih telur. Putih telur dikenal sebagai bahan yang dapat menutrisi kembali sel kulit rambut. Kandungan di dalam putih telur juga menjadikan rambut tumbuh lebih lembut dan berkilau. Batang dan akar rambut juga akan menjadi lebih kuat serta mempercepat proses pertumbuhan rambut.

Baca juga: Memanfaatkan Perawatan Rambut Menggunakan Telur

4. Minum Air Putih





Cara cepat memanjangkan rambut yang praktis adalah meminum air putih. Bahan tersebut ternyata tidak hanya menyegarkan dahaga saja. Namun, juga berperan penting dalam menjaga sel tubuh agar tetap terhidrasi, salah satunya sel kulit kepala dan rambut. Mengonsumsi minimal delapan gelas per hari dapat menguatkan dan mempercepat pertumbuhan rambut.

5. Menyisir Rambut





Siapa yang akan menyangka jika kebiasaan kecil ini juga dapat dijadikan salah satu cara cepat memanjangkan rambut. Menyisir rambut sebanyak satu hingga dua kali di pagi dan malam hari dapat melancarkan peredaran darah. Hal tersebut akan membuat folikel rambut ternutrisi sekaligus menstimulasi pertumbuhan rambut. Agar rambut tetap sehat, gunakan sisir bergigi jarang.

6. Hindari Blow Dry





Blow dry memang membuat rambut lebih cepat kering dan tampak lebih bervolume. Namun, melakukannya secara terus-menerus ternyata justru dapat merusak batang rambut. Maka dari itu, untuk cara cepat memanjangkan rambut hindari blow drying. Cara tersebut akan menstimulasi sel rambut baru yang lebih kuat dan sehat.

7. Makanan Berprotein





Menjaga kesehatan rambut ternyata tidak hanya dilakukan dengan mengaplikasikan produk khusus. Bisa juga menyiasatinya dengan mengontrol asupan makanan. Bagi yang ingin memanjangkan rambut secara alami, tidak ada salahnya untuk memperbanyak penganan penuh protein, seperti telur, ikan, daging, produk susu dan kacang-kacangan. Bahan tersebut akan mempercepat proses pertumbuhan rambut.

8. Bilas dengan Air Kentang





Rambut panjang yang sehat dan indah ternyata mudah untuk didapatkan. Bagi yang memiliki rambut pendek dan sedang mencari cara cepat memanjangkan rambut, tidak ada salahnya untuk menjatuhkan pilihan pada air kentang. Membilas rambut menggunakan air kentang dapat membantu dalam memanjangkan rambut secara alami. Hal tersebut dikarenakan adanya kandungan vitamin B, A dan C yang penting dalam proses pertumbuhan rambut.

9. Deep Conditioner Treatment





Bagi yang ingin mencoba perawatan untuk memanjangkan rambut, bisa mencoba deep conditioner treatment. Cara tersebut tidak hanya menutrisi sel kulit kepala dan rambut saja. Namun, juga ampuh dalam memanjangkan rambut secara alami. Keuntungan lainnya yang didapatkan dari deep conditioner treatment adalah tekstur rambut menjadi sehalus sutra.

Baca juga: Cara Meluruskan Rambut dengan Conditioner

10. Minyak Esensial





Ingin memanjangkan rambut secara alami? Gunakan saja minyak esensial. Minyak yang biasa digunakan untuk melembapkan sel kulit tubuh tersebut juga ampuh dalam memanjangkan rambut. Beberapa minyak yang dapat dijadikan pilihan misalnya saja seperti rosemary oil, cedarwood oil, thyme oil dan minyak zaitun.

Memiliki rambut panjang ternyata dapat dilakukan dengan mudah. Selain menggunakan produk rambut yang membantu rambut tumbuh lebih cepat, imbangi juga dengan sejumlah perawatan. Misalnya saja dengan menerapkan sejumlah tips di atas, sebab tidak hanya menstimulasi sel rambut, tetapi juga bisa menutrisi sel kulit kepala dan rambut.

(vem/kki)






ARTIKEL TERKAIT - RAMBUT SEHAT


© 2003-2017 Vemale.com. Hak cipta dilindungi undang-undang.