Sukses

Beauty

10 Kebiasaan Sederhana Mencegah Penyebab Ketombe Muncul

Rambut berketombe merupakan salah satu masalah yang kerap menyerang rambut. Penyebab ketombe sendiri beragam, mulai dari kulit kepala yang kering hingga kurangnya asupan nutrisi pada tubuh. Maka dari itu, untuk mengatasinya ada beberapa kebiasaan kecil yang harus dilakukan untuk mencegah ketombe seperti berikut.

1. Biasakan Memakai Sampo Anti Ketombe

Memakai shampo anti ketombe memang menjadi salah satu solusi untuk mengatasi ketombe. Namun, cara pemakaiannya yang salah justru akan memperparah kondisinya. Maka dari itu, selalu ikuti petunjuk yang tercantum agar kulit kepala tetap bersih. Misalnya saja ada sejumlah shampo anti ketombe yang mengaruskan untuk mendiamkan selama beberapa menit sebelum bilas agar formulanya lebih meresap. Ada juga yang menginstruksikan untuk segera membilasnya hingga bersih.

2. Selektif Memilih Sampo Anti Ketombe Terbaik

Bagi yang ingin menggunakan shampo anti ketombe, jangan asal pilih. Pakailah produk yang sesuai dengan kondisi kulit kepala agar hasilnya lebih optimal. Misalnya saja bagi kulit yang rentan kering, akan lebih baik mengaplikasikan shampo anti ketombe dengan kandungan coal tar. Sedangkan bagi yang sering beraktivitas di udara terbuka, pilihlah shampo anti ketombe terbaik yang menambahkan ketoconazole atau zinc pyrithione yang akan membasmi jamur dan bakteri penyebab ketombe.

Baca juga: Pilih Sampo Tepat Agar Rambut Lebih Sehat

3. Perhatikan Kandungan Sampo Anti Ketombe

Beragam jenis sampo anti ketombe tentu memiliki formula yang berbeda. Maka dari itu, jangan sampai kandungan di dalamnya membuat rambut malah jadi rusak.

4. Gunakan Sisir yang Bersih

Agar tidak terkena rambut berketombe, jangan menggunakan sisir dari orang yang memiliki ketombe. Hal tersebut dapat membuatmu tertular dan menimbulkan ketombe. Maka dari itu, pakailah sisir milik sendiri. Namun, jangan lupa pula untuk menjaga kebersihan sisir dengan mencucinya secara rutin. Cara tersebut akan menghilangkan kotoran atau bahkan bakteri penyebab ketombe yang mungkin menempel pada sisir.

Baca juga: Cara Mudah Membersihkan Sisir Rambut

5. Jangan Malas Menyisir Rambut

Rambut berketombe juga bisa disebabkan karena malas menyisir rambut. Menyisir rambut ternyata tidak hanya menjadikan rambut tampak rapi saja, tetapi juga membantu melancarkan peredaran darah sekaligus meluruhkan kotoran yang menempel pada kulit kepala dan batang rambut. Agar kulit kepala tetap sehat, sisirlah selama tiga kali dalam sehari.

6. Bersihkan Rambut

Kebersihan rambut merupakan poin utama untuk mencegah ketombe. Maka dari itu, jangan malas untuk mencuci rambut secara rutin. Bagi yang tidak memiliki banyak waktu, bisa menyiasatinya dengan mencuci rambut sekali dalam seminggu. Namun, agar tetap bersih, gunakan sampo anti ketombe dengan formula yang ampuh dalam membersihkan kulit kepala dan rambut secara optimal. Misalnya saja dengan menggunakan sampo anti ketombe terbaik bercampur zat anti-bakteri dan antijamur. Bilas hingga bersih sehingga tidak ada sisa sampo yang menempel.

7. Aplikasikan Masker Rambut

Kekurangan nutrisi juga bisa menjadi penyebab ketombe. Untuk menyiasatinya, bisa dengan mengaplikasikan masker rambut secara rutin. Misalnya saja setiap seminggu sekali. Gunakan bahan-bahan yang mengandung protein seperti telur. Memualskan masker telur dan memberikan pijatan lembut dapat menjadikan kulit kepala lebih sehat dan lembap, sehingga ketombe juga enggan datang.

Baca juga: Cara Tepat Menggunakan Masker Rambut

8. Asupan Cairan

Sel kulit kepala yang kering juga menjadi penyebab terbanyak dari rambut berketombe. Untuk menyiasatinya, cukup mudah. Perbanyak konsumsi cairan dalam tubuh, terutama air putih. Bahan tersebut tidak hanya menyegarkan dahaga, tapi juga dapat melembapkan sel tubuh dan kulit kepala. Kondisi tersebut akan menghindarkanmu dari masalah rambut berketombe.

9. Kurangi Penggunaan Hair Spray

Menjajal beragam tatanan rambut memang dapat membuat penampilanmu tampak lebih menarik. Namun, terlalu sering menggunakan hair spray juga memberikan dampak buruk pada kesehatan rambut dan kulit kepala. Residu dari bahan kimia di dalamnya dapat memicu rambut berketombe dan rambut rontok. Maka dari itu, kurangi pemakain hair spray. Bisa juga mengakalinya dengan mengeramasi rambut sehabis mengaplikasikan hair spray.

10. Tenangkan Pikiran dan Tubuh

Siapa sangka jika stres juga menjadi penyebab ketombe. Maka dari itu, salah satu cara mencegah ketombe adalah dengan membuat pikiran dan tubuhmu merasa lebih relaks. Hal tersebut dapat diwujudkan dalam beberapa cara. Misalnya saja sekadar melakukan hobi di akhir pekan, berkunjung ke destinasi wisata atau menghabiskan waktu bersama orang tersayang.

Penyebab ketombe ternyata sangatlah beragam. Tidak heran jika ada sejumlah cara untuk mengatasi ketombe. Mulai dari lebih menjaga kebersihan rambut, asupan gizi yang diperoleh oleh tubuh hingga mengurangi risiko stres. Selain itu, agar hasilnya lebih optimal, terapkan kebiasaan tersebut secara rutin.

(vem/kki)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading