Sukses

Beauty

5 Bahan Alami Untuk Meluruskan Rambut (+Cara)

Rambut lurus dan lembut merupakan salah satu kondisi rambut yang sangat diimpikan oleh sebagian besar wanita. Hal ini terjadi karena rambut lurus mudah dirapikan, membuat penampilan seseorang terlihat makin cantik, rambut lurus mudah diatur dan yang paling penting, rambut lurus bisa membuat seorang wanita terlihat lebih feminim dan cantik.

Sayangnya, tidak semua orang dikaruniai rambut lurus secara alami. Dan hal inilah yang akhirnya membuat banyak orang berusaha meluruskan rambut di salon kecantikan. Ketika meluruskan rambut di salon kecantikan, tentunya seseorang harus menyiapkan dana yang tidak sedikit. Selain itu, orang ini juga harus mau menanggung risiko jika suatu saat nanti rambut bakal rusak. Sebenarnya nih ya, untuk mendapatkan rambut lurus, kita nggak perlu ke salon kok Ladies.

Dikutip dari laman naturalremedyideas.com, ada beberapa bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk meluruskan rambut. Beberapa bahan alami tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

(vem/mim)

Buah Pisang

Bahan alami pertama yang bisa dimanfaatkan untuk meluruskan rambut secara alami adalah buah pisang. Kandungan nutrisi dan vitamin di dalam buah pisang dipercaya bisa meluruskan rambut. Tak hanya itu saja. Kandungan nutrisi pada buah pisang juga bisa membuat rambut makin lembut, halus serta bebas dari masalah ketombe.

Cara memanfaatkan buah pisang untuk meluruskan rambut sendiri sangatlah mudah. Ambil satu buah pisang ukuran besar lalu haluskan. Jika sudah halus dan membentuk pasta, gunakan buah ini sebagai masker rambut. Aplikasikan secara merata ke rambut dari ujung rambut hingga pangkal rambut. Diamkan kira-kira selama 20 menit lalu bilas rambut atau cuci dengan sampo seperti biasa. Untuk hasil yang maksimal, lakukan cara ini sekali dalam seminggu.

Santan Kelapa

Bahan alami kedua yang bisa dimanfaatkan untuk meluruskan rambut adalah santan kelapa. Sejak zaman dulu, santan kelapa dikenal sebagai bahan alami yang sangat baik buat kesehatan dan kecantikan rambut. Dan beberapa penelitian terakhir menyebutkan jika santan kelapa juga bisa meluruskan rambut, membuat rambut makin halus dan lembut.

Cara memanfaatkan santan kelapa sebagai pelurus rambut sendiri sangat mudah kok Ladies. Siapkan satu gelas santan kelapa dan dua sdm air jeruk nipis. Campur kedua bahan hingga rata. Diamkan campuran ini di dalam lemari pendingin selama 2 sampai 3 jam sampai mengental dan membentuk pasta. Jika sudah, pakai sebagai masker rambut. Oleskan secara merata ke rambut sampai kulit kepala. Bungkus rambut dengan handuk hingga mengering. Jika sudah, bilas atau cuci rambut seperti biasa. Untuk dapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara ini seminggu sekali.

Susu

Bahan alami ketiga yang bisa dimanfaatkan sebagai pelurus rambut adalah susu. Hampir sama dengan santan kelapa, susu dikenal sangat baik dalam membuat rambut selalu sehat dan cantik. Tapi, susu yang digunakan untuk meluruskan adalah susu murni tanpa gula lho ya?

Bagaimana cara memanfaatkan susu untuk meluruskan rambut? Caranya, siapkan setengah gelas susu dan setengah gelas air. Campur kedua bahan dan letakkan di dalam botol. Semprotkan campuran ini ke rambut hingga akar rambut secara merata. Diamkan selama setengah sampai satu jam. Sisir rambut dengan sisir yang giginya renggang atau jarang-jarang sampai lurus. Jika sudah, bilas rambut dengan air bersih seperti biasa. Agar hasilnya maksimal, kamu bisa melakukan cara ini dua kali dalam seminggu.

Daun Seledri

Bahan alami keempat untuk meluruskan rambut adalah daun seledri. Kandungan nutrisi dan vitamin di dalam daun seledri telah dipercaya mampu membuat rambut makin sehat dan cantik. Daun seledri juga dipercaya bisa meluruskan serta membuat rambut makin hitam, berkilau, lembut dan akarnya kuat.

Cara memanfaatkan daun seledri sendiri sangatlah mudah. Kita hanya perlu menyiapkan 5 sampai 7 batang daun seledri lalu haluskan dengan cara ditumbuk atau diblender. Campur bersama sedikit air hingga membentuk pasta. Jika sudah, oleskan seledri secara merata ke seluruh rambut lalu bungkus rambut dengan handuk atau kain shower. Diamkan selama satu malam saat tidur. Saat bangun di pagi hari, bilas dan cuci rambut dengan sampo seperti biasa. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan perawatan ini setidaknya 2 kali dalam seminggu.

Buah Aplukat

Bahan alami yang kelima adalah buah alpukat. Selain memiliki rasa yang enak, baik buah kesehatan dan kecantikan kulit, buah alpukat rupanya juga sangat baik buat kecantikan rambut. Buah alpukat bahkan dipercaya sebagai salah satu bahan alami yang bisa meluruskan rambut dengan baik, cepat dan mudah.

Cara memanfaatkan buah alpukat untuk meluruskan rambut sendiri sangat simple. Ambil satu buah alpukat matang lalu haluskan. Campur bersama 3 sdm minyak kelapa dan aduk sampai rata hingga membentuk pasta. Oleskan di rambut hingga kulit kelapa dan diamkan kira-kira selama setengah jam. Jika sudah, bilas dan cuci rambut dengan sampo seperti biasa. Jangan lupa untuk memakai kondisioner alami dari minyak kepala atau minyak zaitun setelah melakukan perawatan ini. Untuk hasil maksimal, lakukan perawatan ini sekali dalam seminggu secara rutin.

Ladies, itulah beberapa bahan alami beserta cara untuk meluruskan rambut. Bahan alami yang sangat mudah untuk ditemukan ya? Pastinya, bahan ini juga sangat murah. Memang, hasil dari cara ini bisa terlihat ketika kamu melakukannya secara rutin dalam waktu yang cukup lama atau tergantung seberapa keriting rambut kamu. Tapi jangan salah, hasil yang akan diberikan akan begitu memuaskan. Semoga informasi ini bermanfaat.

[pos_1]

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading