Sukses

Beauty

10 Cara Merawat Rambut Bebas Repot

Ditanya tentang gaya rambut indah, bisa dimungkinkan hampir sebagian besar orang mendambakannya. Namun, mendapatkan gaya rambut indah, juga perlu dibarengi dengan cara merawat rambut yang benar. Sebab, apapun jenis gaya rambut yang dimiliki, jika rambutnya sendiri tidak sehat, juga akan terlihat kurang menarik. Di sisi lain, cara merawat rambut sendiri, tak harus selalu dikaitkan dengan hal-hal yang sifatnya merepotkan, seperti harus sering pergi ke salon. 

Eits, tapi tunggu dulu. Masih ada cara merawat rambut yang bisa dibilang ‘bebas ribet’ dan bisa dilakukan secara mudah di rumah lho, Ladies. Simak penjelasannya berikut ini ya:

1. Mengatur Jadwal Keramas

Cara Merawat Rambut Bebas Repot (c)shutterstock
Cara merawat rambut bebas ribet pertama yang perlu dicoba adalah dengan mengatur jadwal keramas. Keramas memang menjadi salah satu cara merawat rambut yang perlu dilakukan, agar rambut tetap bersih dan bebas ketombe dengan shampo anti ketombe terbaik. Atur waktu mencuci rambut dengan tepat. Perhatikan ketika rambut terasa lepek berarti sudah waktunya keramas hari ini.

2. Pilih Sampo Alami

Cara Merawat Rambut Bebas Repot (c)shutterstock
Cara merawat rambut bisa juga menggunakan bahan-bahan alami untuk mencuci rambut. Selain tak meninggalkan efek samping, bahan-bahan alami seperti minyak zaitun, minyak kelapa, lemon ataupun lidah buaya, dapat menutrisi rambut. Selain itu, manfaat shampo alami ini juga dapat membuat rambut lebih lembut.

3. Gunakan Masker Rambut Alami

Cara Merawat Rambut Bebas Repot (c)shutterstock
Cara merawat rambut semakin komplit bila setelah keramas dipungkasi dengan masker rambut alami. Pilihlah bahan-bahan yang berkhasiat dan dapat menutrisi rambut, seperti minyak urang-aring, minyak zaitun, yogurt, lemon dan lidah buaya.

4. Minimalkan Penggunaan Hair Dryer

Cara Merawat Rambut Bebas Repot (c)shutterstock
Cara merawat rambut bebas ribet selanjutnya adalah meminimalkan penggunaan hair dryer. Alat ini memang bisa membuat rambut cepat kering seusai keramas, namun rentan membuat rambut kering hingga menjadi terlihat kusam berkepanjangan.

Baca Juga: Cara Pakai Hair Dryer Agar Rambut Tidak Rusak

5. Jangan Menyisir Rambut saat Basah

Cara Merawat Rambut Bebas Repot (c)shutterstock
Cara merawat rambut juga perlu dilakukan dengan mengubah kebiasaan lama yang salah. Benar, menyisir rambut saat basah rupanya dapat membuat rambut kaku dan bercabang. Demi menjaga kesehatan dan keindahan rambut, mulai biasakan menyisir rambut saat basah dengan sisir bergigi jarang.

6. Menggunakan Kondisioner

Cara Merawat Rambut Bebas Repot (c)shutterstock
Cara merawat rambut berikutnya yang tak boleh dilewatkan, yaitu menggunakan kondisioner. Fungsi kondisioner adalah menjaga kelembapan rambut. Selain itu, kondisioner juga mengandung beberapa vitamin yang dibutuhkan oleh rambut, agar tampak lebih lembut.

7. Mencoba Pelembap Alami

Cara Merawat Rambut Bebas Repot (c)shutterstock
Cara merawat rambut lainnya, bila tak ada kondisioner instan, bisa mencoba membuat kondisoner alami. Manfaatkan campuran minyak zaitun setelah keramas. Diamkan beberapa menit, bilas hingga bersih. Minyak zaitun dapat menutrisi rambut, termasuk menjaga kelembapannya.

8. Basahi dengan Air Putih

Cara Merawat Rambut Bebas Repot (c)shutterstock
Cara merawat rambut kering bisa pula dilakukan dengan membasahi rambut dengan air putih, tanpa perlu keramas dengan shampo anti ketombe. Selain dapat melembapkan rambut, rutin membasuh rambut dengan air putih dapat membersihkan kulit kepala, tanpa menghilangkan minyak alami rambut sepenuhnya.

Baca Juga: Waktu-Waktu Terbaik Minum Air Putih Untuk Dapatkan Manfaat 

9. Perbanyak Minum Air Putih

Cara Merawat Rambut Bebas Repot (c)shutterstock
Cara merawat rambut tidak saja dari luar, namun juga perlu ditunjang dari dalam. Supanya rambut tetap terjaga kelembapannya, rutinlah minum air putih. Manfaatnya juga lumayan banyak buat tubuh. Selain bisa membuat rambut lebih menarik, rutin minum air putih juga dapat membuat kulit lebih sehat.

10. Penuhi Nutrisi Tubuh

Cara Merawat Rambut Bebas Repot (c)shutterstock
Cara merawat rambut yang terakhir adalah menerapkan pola hidup sehat. Rambut merupakan bagian dari tubuh. Jika ingin bugar, maka perlu ditopang nutrisi dari dalam. Pilihlah asupan yang mendukung kesehatan tubuh sekaligus rambut. Buah-buahan dan sayuran merupakan sumber makanan yang kaya vitamin, mineral dan antioksidan yang penting untuk menjaga daya tahan tubuh, sekaligus kesehatan rambut.

Sekarang, tak perlu bingung lagi mencari cara merawat rambut yang merepotkan, karena hampir keseluruhan tips tersebut bisa mulai diterapkan secara mudah di rumah. Selamat mencoba.

Baca Juga:
10 Cara Mengatasi Rambut Berketombe dengan Minyak Alami

Tuntaskan Ketombe Yang Membandel

6 Cara Ampuh Mengatasi Gatal Karena Ketombe


(vem/aik/boo)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading