Sukses

Beauty

10 Cara Merawat Rambut dengan Masker, Mau Coba?

Dulu masker mungkin hanya bagian kecil dari cara merawat wajah. Sebut saja cara memutihkan wajah, cara menghilangkan jerawat, cara menghilangkan bekas jerawat, hingga cara menghilangkan komedo, salah satunya menggunakan masker. Namun, seiring perkembangannya, cara merawat rambut juga ada yang menggunakan masker. Tentunya bukan sembarang masker, melainkan khusus untuk rambut.

Menariknya, cara merawat rambut dengan hair mask bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang mudah diperoleh dan terjangkau. Kabar baiknya lagi, hair mask berikut ini cocok untuk semua jenis rambut:

1. Kombinasi Alpukat, Madu dan Minyak Zaitun

(c)shutterstock

Cara merawat rambut rusak bisa memanfaatkan masker rambut alami dari kombinasi alpukat, madu dan minyak zaitun. Selain juga enak jika dikonsumsi, bahan-bahan ini banyak mengandung lemak sehat dan antioksidan. Selain itu, kandungan vitamin E-nya dapat membantu menjaga kelembapan rambut secara alami, sehingga baik juga dimanfaatkan sebagai cara merawat rambut kering.

2. Kombinasi Pisang, Minyak Kelapa, Minyak Zaitun dan Madu

(c)shutterstock

Bingung mencari cara merawat rambut mengembang? Manfaatkan saja masker rambut alami dari campuran pisang, minyak kelapa, minyak zaitun, dan madu. Kandungan vitamin C dan antioksidan yang ada dalam bahan-bahan tersebut dapat membuat rambut lebih lembut dan mudah diatur.

3. Kombinasi Stroberi, Madu dan Minyak Kelapa

(c)shutterstock

Salah satu cara merawat rambut dengan baik adalah rutin menjaga kebersihannya. Selain dengan keramas, manfaatkan masker rambut alami dari kombinasi stroberi, madu dan minyak kelapa. Selain dapat membantu membersihkan kotoran yang menempel di kulit kepala, masker rambut alami ini juga memberikan sensasi dingin pada kulit kepala sekaligus menutrisi rambut.

4. Kombinasi Yogurt, Madu dan Lemon

(c)shutterstock

Ini dia salah satu cara menghilangkan ketombe secara alami. Manfaatkan yogurt, madu dan lemon. Jadikan masker alami. Bahan-bahan tersebut dapat menutrisi rambut agar tetap kuat, terlebih setelah melakukan hair styling.

5. Kombinasi Minyak Zaitun dan Madu

(c)shutterstock

Rambut rusak akibat cat rambut atau terlalu sering melakukan hair styling? Manfaatkan saja hair mask dari kombinasi minyak zaitun dan madu. Kedua bahan ini mengandung nutrisi yang cocok dimanfaatkan sebagai cara merawat rambut rusak secara alami dan mudah.

Baca Juga: 10 Cara Memanjangkan Rambut Secara Alami

6. Kombinasi Putih Telur dan Jeruk Lemon

(c)hellonatural

Cara merawat rambut secara alami dapat pula dilakukan dengan hair mask yang terbuat dari campuran putih telur dan jeruk lemon. Kedua bahan ini dapat menutrisi batang rambut, serta mengurangi kadar minyak berlebih pada kulit kepala.

7. Kombinasi Baking Soda, Yogurt dan Lemon

(c)hellonatural

Rambut berminyak memang kerap memunculkan ketombe, sehingga perlu segera dicarikan solusinya. Salah satu cara merawat rambut bebas minyak berlebih dan pastinya ketombe, dengan menggunakan masker alami dari kombinasi baking soda, yogurt dan lemon. Selain dapat menutrisi rambut, juga menjaga kepala tetap bersih dan segar.

8. Kombinasi Lidah Buaya dan Jeruk Nipis

(c)hellonatural

Barangkali pernah mendengar cara meluruskan rambut dengan lidah buaya, ternyata tanaman tersebut juga dapat dimanfaatkan sebagai cara merawat rambut rusak. Namun, perlu dicampur dengan jeruk nipis. Jadikan masker rambut. Secara alami kedua bahan ini dapat menutrisi rambut yang rusak.

Baca Juga: 10 Cara Mengatasi Rambut Berketombe dengan Minyak Alami

9. Kombinasi Telur, Susu dan Minyak Zaitun

(c)shutterstock

Rupanya menjaga kelembapan rambut juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Kombinasi telur, susu dan minyak zaitun dapat dimanfaatkan sebagai salah satu cara merawat rambut secara alami. Kandungan nutrisi yang ada di dalamnya dapat membuat rambut tampak mengembang dan terjaga kelembapannya.

10. Kombinasi Oatmeal, Susu dan Madu

(c)shutterstock

Biasanya campuran oatmeal, susu dan madu dijadikan santapan sarapan lezat bernutrisi. Tapi, kali ini kombinasi bahan-bahan tersebut dijadikan sebagai masker alami. Ternyata, nutrisi yang terkandung dalam bahan-bahan tersebut bermanfaat untuk menjaga rambut tampak berkilau dan lembut, sehingga sangat pas dijadikan salah cara merawat rambut secara alami dan sehat.

Dengan bahan-bahan yang mudah diperoleh dan terjangkau, masker rambut alami tersebut dapat dimanfaatkan dan digunakan kapan saja di rumah. Selain bebas bahan pengawet, pengeluaran pun jadi lebih hemat karena tak perlu sering-sering pergi ke salon. Selamat mencoba.

(vem/boo)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading