10 Tips Mudah Cegah Pudarnya Warna Cat Rambut

Jum'at, 18 Maret 2016 15:00

(c) shutterstock

Vemale.com - Buat kebanyakan perempuan, mewarnai rambut sudah jadi kebutuhan wajib, yang sama pentingnya dengan merias wajah atau mengikuti tren fashion terbaru. Ada yang memanfaatkan cat rambut untuk menutupi rambut beruban atau sekadar mengubah tampilan, dari yang biasa jadi makin menawan.

Selain dilakukan oleh para profesional di salon, kamu juga bisa mewarnai rambut di rumah, dengan mengandalkan berbagai merk cat rambut yang dijual di pasaran. Apapun cara mewarnai rambut yang dipilih, keduanya sama-sama memudar setelah beberapa saat, bahkan berisiko membuat rambut rusak, jika tidak mendapatkan perawatan yang tepat.

Agar rambut tetap terlihat cantik dengan warna cat rambut yang tahan lama, simak beberapa tips mudah ini ya.

Hindari Penggunaan Air Panas




Hindari Penggunaan Air Panas

Banyak yang berpendapat terlalu sering mencuci rambut dapat membuat cat rambut lebih cepat hilang. Agar hal tersebut tidak terjadi, coba deh hindari penggunaan air panas saat membasahi dan membilas rambut. Tidak hanya membuat rambut kering, tapi juga membuat warna cat rambut mudah hilang.

Sampo Khusus




Sampo Khusus

Pilih produk shampo khusus yang ditujukan untuk merawat rambut yang diwarnai. Di dalamnya terkandung formula yang mencegah cat rambut memudar.

Baca Juga: 10 Tren Warna Rambut Ombre 2016

Jangan Lupakan Kondisioner




Jangan Lupakan Kondisioner

Selain itu, lengkapi perawatan rambutmu dengan menggunakan kondisioner, agar rambut tetap lembap, lembut, dan warna cat rambut tetap terjaga.

Rawat Rambut yang Diwarnai dengan Masker Rambut




Rawat Rambut yang Diwarnai dengan Masker Rambut

Tidak lupa, jadwalkan agenda rutin untuk mengaplikasikan masker rambut. Tidak hanya terhindar dari rambut bercabang, tapi juga mempertahankan cat rambut dari memudar dan kusam.

Lindungi Rambut dari Panas




Lindungi Rambut dari Panas

Seringkali para perempuan menata model rambut dengan memanfaatkan beberapa alat, seperti hair dryer, curling iron, atau pelurus rambut. Jika tidak diperlukan, hindari menggunakan alat-alat tersebut, karena panas yang dihasilkan dapat membuat rambut kering dan cat rambut mudah memudar.

Keringkan Rambut Secara Alami




Keringkan Rambut Secara Alami

Begitu juga dengan mencuci rambut, lebih baik keringkan dengan handuk bersih. Tak perlu menggosok-gosokkan handuk yang dapat membuat rambut bercabang dan kusut, tapi cukup ditepuk-tepukkan dengan lembut dan biarkan kering secara alami.

Tidak Menyisir Rambut Saat Basah




Tidak Menyisir Rambut Saat Basah

Karena buru-buru, kamu tidak punya banyak waktu untuk merapikan model rambut, apalagi jika memiliki potongan rambut panjang yang butuh waktu lama untuk kering. Biasanya rambut yang masih basah disisir begitu saja dengan sisir rapat, dengan tujuan membuatnya rapi, lurus, dan halus. Padahal rambut yang masih basah sangat rentan pada gesekan. Akibatnya, rambut rontok, cat rambut memudar, dan mudah kusam.

Pakai Sisir Bergigi Jarang




Pakai Sisir Bergigi Jarang

Jika ingin menyisir rambut yang masih basah, solusinya adalah dengan menggunakan sisir bergigi jarang dan biarkan saja rambut kering dengan sendirinya. Apabila mau potongan rambut memiliki tekstur sedikit ikal alami, gunakan saja jari-jari tanganmu untuk menyisir rambut dengan perlahan.

Jaga Warna Rambut dari Sinar Matahari




Jaga Warna Rambut dari Sinar Matahari

Memiliki kesibukan yang lumayan padat, terkadang mendorongmu untuk banyak beraktivitas di luar ruangan. Jika  berada di bawah sinar matahari langsung, kenakan topi untuk melindungi rambut. Selain cat rambut tidak mudah pudar, juga terhindar dari rambut kering dan bercabang.

Manfaatkan Serum Rambut




Manfaatkan Serum Rambut

Selain mengenakan topi saat berada di bawah sinar matahari, jika perlu, aplikasikan serum rambut khusus untuk menangkal efek buruk sinar matahari. Hasilnya cat rambut lebih tahan lama, rambut jadi lembut, lembap, dan terhindar dari rambut kering maupun bercabang.

Baca Juga: Di Sini Manfaat Serum Rambut Terbongkar

Merawat rambut yang diwarnai memang membutuhkan perawatan khusus, untuk menjaga kondisi rambut dan mempertahankan warna cat rambut. Jadi, luangkan waktu, tenaga, dan tentunya biaya untuk memberikan yang terbaik bagi rambutmu. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan warna rambut cantik seperti bintang iklan shampo, yang selama ini diidam-idamkan. Selamat mencoba beberapa tips mudah mencegah warna rambut pudar ini ya.

(vem/aik)






ARTIKEL TERKAIT - RAMBUT SEHAT


© 2003-2018 Vemale.com. Hak cipta dilindungi undang-undang.