Sukses

Beauty

10 Cara Mengatasi Rambut Berketombe dengan Minyak Alami

Rambut yang indah merupakan dambaan bagi banyak wanita. Tidak heran jika beragam jenis perawatan dan shampo anti ketombe rela dicoba untuk mendapatkan kondisi tersebut. Apalagi cara tersebut juga dilakukan untuk menghindari rambut ketombe yang sangat mengganggu penampilan.

Ketombe sendiri merupakan sel kulit kepala yang mongering dan terkelupas. Masalah rambut berketombe bisa disebabkan oleh beberapa hal. Mulai dari kebersihan tubuh, asupan makanan, jenis produk yang digunakan hingga gaya hidup. Jadi, tidak ada salahnya jika mulai dari sekarang menyiapkan beberapa obat alami untuk mengatasi ketombe berikut yang terdiri dari beragam jenis minyak.

Usir Ketombe dengan Minyak Zaitun

Usir Ketombe dengan Minyak Zaitun

Jenis minyak yang satu ini sudah sering digunakan sebagai salah satu beauty treatment. Kandungan moisturizer-nya yang tinggi ternyata juga bisa digunakan untuk mengatasi ketombe. Selain itu, nutrisi di dalamnya juga ampuh menstimulasi pertumbuhan sel kulit baru yang lebih sehat. Mengaplikasikannya secara rutin juga mampu menjadikan rambut tumbuh lebat dan tebal.

Baca juga: Minyak Zaitun Untuk Atasi Rambut Berketombe

Minyak Kelapa Mencegah Ketombe

Minyak Kelapa Mencegah Ketombe

Terlalu sering mengubah gaya rambut ternyata juga dapat meningkatkan risiko rambut berketombe. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk menyiasatinya dengan mengaplikasikan minyak kelapa. Bahan tersebut sudah dipercaya dari dulu dapat menjaga kesehatan tubuh. Kandungan nutrisi di dalamnya juga ampuh melembapkan kulit kepala secara optimal. Tidak heran jika minyak kelapa sering disarankan untuk mengatasi masalah rambut berketombe.

Baca juga: Rambut Lebat dan Sehat Berkat Minyak Kelapa

Tea Tree Oil Atasi Rambut Berketombe

Tea Tree Oil Atasi Rambut Berketombe

Pemilik prone skin tentu sudah tidak asing lagi dengan minyak satu ini. Tea tree oil memang dikenal memiliki kandungan anti-bakteri yang ampuh menjaga kebersihan kulit. Hal tersebut rupanya juga dapat mengatasi rambut berketombe. Sehingga kulit kepala menjadi lebih bersih dan bebas dari rambut berketombe.

Obat Alami Atasi Ketombe Cedarwood Oil

Obat Alami Atasi Ketombe Cedarwood Oil

Keistimewaan dari minyak yang satu ini adalah memiliki anti-seborrhoic. Zat tersebut merupakan salah satu obat alami mengatasi ketombe membandel secara ampuh. Tidak hanya itu, cedarwood oil juga mampu menjaga kesehatan kulit kepala. Sehingga kulit juga akan terhindar dari dry scalp yang kerap menimbulkan rasa gatal dan rambut berketombe.

Egg Oil Pencegahan Ketombe Alami

Egg Oil Pencegahan Ketombe Alami

Salah satu zat yang dapat mengatasi ketombe secara alami adalah omega-3. Kandungan tersebut tidak hanya diperoleh dari ikan laut saja, tetapi juga pada egg oil. Omega-3 dapat memperkuat folikel rambut. Sedangkan kolesterol dalam egg oil juga dapat mengurangi ketombe secara bertahap.

Baby Oil Menutrisi Kulit Kepala

Baby Oil Menutrisi Kulit Kepala

Salah satu penyebab ketombe semakin menyebar dan banyak adalah lemak. Berbeda dari jenis minyak lainnya, baby oil tidak mengandung bahan tersebut. Sehingga kulit kepala akan tetap sehat dan ternutrisi tanpa harus khawatir menyebabkan ketombe parah. Tidak heran jika kulit kepala terasa lebih segar dan bersih.  

Ginger Oil Mengatasi Rambut Berketombe

Ginger Oil Mengatasi Rambut Berketombe

Jahe memang sudah sejak lama dipercaya dapat menjaga rambut tetap sehat. Hal tersebut rupanya tidak jauh berbeda dengan ginger oil. Nutrisi di dalamnya tidak hanya menjadikan rambut tumbuh lebat saja. Bahan ini juga ampuh dalam mengatasi rambut berketombe. Moisturizer-nya dapat melembapkan kulit kepala secara optimal. Sehingga ketombe tidak akan kembali lagi.

Baca juga: 4 Fakta Manfaat Jahe untuk Rambut

Rosemary Oil Usir Jamur Penyebab Ketombe

Rosemary Oil Usir Jamur Penyebab Ketombe

Salah satu penyebab rambut berketombe adalah jamur. Kondisi tersebut biasanya terjadi akibat menutup kepala terlalu lama. Untuk mengatasinya, cukup dengan memanfaatkan rosemary oil yang memiliki kandungan zat anti-jamur. Sehingga kulit kepala akan terbebas dari masalah rambut berketombe sekaligus ternutrisi secara optimal.

Cegah Ketombe dengan Sesame Oil

Cegah Ketombe dengan Sesame Oil

Minyak yang biasa ditambahkan untuk memperkaya cita rasa masakan ini juga sering dipakai untuk mengatasi rambut berketombe. Hal tersebut dikarenakan kandungan vitamin E, vitamin B kompleks dan beragam mineral dalam jumlah tinggi di dalamnya. Bahan-bahan tersebut akan menutrisi sel kulit dan rambut secara optimal. Sehingga scalp akan terasa lebih lembap dan terhindar dari masalah ketombe membandel.

Neem Oil Menghilangkan Ketombe Secara Menyeluruh

Neem Oil Menghilangkan Ketombe Secara Menyeluruh

Minyak yang terbuat dari daun neem ini ternyata juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah ketombe. Tidak heran karena ekstrak dari daun dan buah neem tersebut memiliki zat anti-jamur yang menghilangkan ketombe secara menyeluruh. Neem oil juga mampu menyegarkan dan melembapkan kulit kepala. Belum lagi dengan zat anti-bakterinya yang menjaga kulit kepala tetap higienis.

Mengatasi rambut berketombe memang harus secara menyeluruh agar hasilnya memuaskan. Selain menggunakan shampo khusus ketombe, tidak ada salahnya unutk mencoba obat ketombe alami dari beragam minyak alami. Selain lebih aman, kandungan di dalamnya juga ampuh dalam menjaga kesehatan rambut serta kulit kepala.

(vem/kki/aik)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading