Sukses

Beauty

Cantik Dengan Rambut Keriting Alami, Begini Cara Perawatannya

Mempunyai rambut keriting alami yang cenderung ikal atau bahkan keriting yang tebal, membutuhkan usaha ekstra dalam perawatannya. Sebagian besar perempuan akan memilih meluruskan rambut  supaya bisa lebih mudah diatur dan agar rambut lebih ‘nurut’. Padahal cara ini bisa merusak rambut, lho.  Memaksa rambut keriting alami menjadi lurus,  lama-kelamaan akan membuat rambut kehilangan keindahan alaminya. Apa pun jenisnya, rambut adalah mahkota yang harus dijaga dan dirawat dengan baik. Jika Anda memiliki rambut keriting alami yang cenderung susah untuk di atur, lakukan perawatan rambut keriting Anda dengan cara ini:

  • Perawatan mingguan. Satu-satunya jalan untuk ‘menjinakkan’ rambut yang sulit diatur karena berjenis keriting adalah dengan melakukan perawatan rutin setiap minggu. Dengan melakukan perawatan rutin dengan bahan-bahan alami atau produk rambut yang sesuai dengan jenis rambut Anda, hasilnya akan terlihat membaik hanya dalam dua minggu saja.
  • Riset sebelum memilih. Lakukan riset mengenai jenis shampo dan kondisioner yang paling baik bagi rambut Anda dan gantilah produk lama Anda. Jika Anda tidak melakukan perubahan pada produk yang Anda gunakan terus-menerus, maka Anda juga tidak akan melihat perubahan yang signifikan pada rambut Anda yang sulit diatur. Jangan ragu untuk melakukan percobaan produk hingga menemukan yang paling tepat.
  • Sisir dan sikat rambut Anda saat mandi. Trik ini bekerja cukup ampuh bagi pemilik rambut keriting yang rapat dan jika ditumbuhkan akan cenderung menjadi keriting kribo. Jangan mengeringkan rambut baru menyikatnya, lakukanlah sekaligus saat sedang mandi dan setelah mencuci rambut. Dengan melakukan hal ini, rambut Anda tetap terawat dengan disikat dan tidak terpisah-pisah hingga menjadi berantakan.
  • Stop menggunakan blow dry. Blow dryer atau alat pengering rambut merupakan hal yang sebaiknya Anda batasi bahkan hindari penggunaannya. Keringkan rambut keriting Anda hanya dengan handuk. Rambut yang dikeringkan menggunakan blow dry hanya akan merusak rambut Anda dan tidak ada efek positifnya bagi rambut keriting. Tundukkan kepala Anda agar rambut terjuntai lalu keringkan dengan handuk tanpa menggaruk rambut. Jika Anda perlu menggunakan blow dryer, gunakan panas yang paling rendah.
  • Hindari mewarnai rambut. Rambut keriting alami merupakan jenis rambut yang paling cocok mendapatkan perlakuan alami karena sifat rambut yang kering dan kasar. Jangan mewarnai atau mem-bleaching rambut sama sekali karena hal ini akan merusak keriting alami serta membuatnya kaku dan kasar lebih daripada seharusnya. Pertahankan warna asli rambut agar keriting alaminya berada dalam kondisi paling prima tanpa terpapar bahan-bahan kimia.
  • Temukan penata rambut yang tepat. Tahu sifat rambut Anda dan tahu bagaimana mengatur modelnya adalah dua persyaratan yang harus dimiliki oleh orang yang Anda percayakan untuk mengatur, merapikan dan memotong rambut Anda. Memotong dan memberikan model yang sesuai bagi pemilik rambut keriting alami bukanlah pekerjaan mudah, karenanya, pastikan Anda memilih penata rambut yang tepat.  Jangan ragu untuk mencoba tatanan rambut yang memang dikhususkan untuk pemilik rambut keriting. Keindahan alami rambut keriting haruslah menjadi kesempatan bagi Anda bereksperimen, dan tidak membatasi pilihan gaya tatanan rambut Anda.

Nah, itulah beberapa tips merawat rambut keriting Anda agar tetap cantik dan sehat. Semoga bermanfaat ya, Ladies!

Artikel ini ditinjau oleh: dr. Deffy Leksani Anggar Sari

Sumber : Meetdoctor.com

(vem/meetdoctor/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading