Sukses

Beauty

Gemar Mencatok Rambut, Ini Lho Kerugiannya Untuk Rambut Anda

Mencatok rambut memang bisa menjadi solusi instan untuk membuat rambut lebih rapi dan lurus. However, sementara efek rambut lurus itu memang akan dapatkan tapi efek tersebut hanyalah bersifat sementara karena kondisi sebenarnya adalah rambut berubah menjadi tidak sehat.

Dilansir dari laman www.huffingtonpost.com, dermatolog, Dr. Jessica Krant, M.D., M.P.H., dan ahli rambut dan kulit kepala, Elizabeth Cunnane Phillip, menjelaskan apa yang terjadi dengan rambut bila terlalu sering terpapar panas dari alat catok. Selain itu, mereka juga memberikan saran untuk mencegah kerusakan pada rambut akibat catokan. Simak, yuk!

 

  • Rambut Terbakar. Sama seperti kulit, rambut juga bisa terbakar. Bila Anda menemui rambut berubah warna jadi kuning, terutama di bagian bawah rambut, hal tersebut menjadi tanda bahwa rambut Anda terbakar. Dr. Krant menuturkan, bahwa struktur rambut yang sehat memiliki pori-pori, air dan udara yang masuk ke medulla sehingga dapat memancarkan kilau rambut dari dalam. Cara terbaik mengatasi kerusakan rambut akibat sering mencatok adalah dengan memangkasnya. Dan, ketika rambut baru sudah tumbuh, sebaiknya jangan terlalu sering terpapar dengan alat styling.
  • Rontok. Jangan mengabaikan rambut yang rusak, sebab jaringan di folikel yang sudah terlanjur rusak akan sulit disembuhkan. Bahkan menurut Dr. Krant, rambut yang rusak karena alat catok, hair dryer dan produk styling seperti hair spray dapat memicu rambut jadi rontok dan sulit untuk tumbuh kembali.
  • Rambut Kering. Alat catok yang panas akan menyerap kelembaban yang memicu rambut jadi kering. Untuk menghindari rambut menjadi sangat kering dan kusam, Phillip menyarankan agar kita memilih alat catok yang tepat. "Alat catok terbaik adalah alat catok yang dilapisi dengan teflon. Selain itu, jangan lupa untuk melindungi rambut dengan vitamin atau serum sebelum dan sesudah Anda mencatok rambut," ujar Elizabeth.
  • Rambut Semakin Rusak Bila Dicatok Saat Basah. Dr. Krant memperingatkan untuk tidak mencatok ketika rambut masih basah. Jika rambut yang masih basah terpapar panas, hal ini  akan memicu rambut menjadi patah dan pecah-pecah. Jadi pastikan sebelum mencatok, rambut Anda telah benar-benar kering untuk mencegah kerusakan rambut menjadi semakin parah.

Nah, itulah beberapa kerugian dari terlalu sering mencatok rambut dan cara untuk mengatasinya. Semoga bermanfaat!

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading