Sukses

Beauty

3 Resep DIY Sampo Anti Ketombe dari Bahan Alami

Ladies, salah satu masalah rambut yang mengganggu dan banyak dialami orang-orang di seluruh dunia adalah ketombe. Kebayang nggak sih, gatal yang menyiksa dan berujung dengan serpihan-serpihan kulit kepala yang berjatuhan saat kita menggaruknya. Malu sih, tapi gatalnya itu lho ... nggak bisa ditahan!

Ada banyak shampo anti ketombe yang beredar di pasaran. Tetapi ujung-ujungnya shampo anti ketombe akan membuat rambut kering. Jika diobati di salon, biayanya mahal. Wah, lalu bagaimana ya cara mengobati yang aman dan murah?

Tenang, Ladies, sebetulnya mengobati ketombe dapat dilakukan di rumah dengan bahan-bahan yang gampang ditemui. Mungkin akan terasa lebih ribet karena pengobatan alami memerlukan ketelatenan lebih. Namun, jika melihat hasilnya, kamu takkan merasa rugi deh. Yuk simak 3 resep pengobatan ketombe seperti yang kami lansir dari everydayroots.com berikut ini.

(vem/wnd)

Cuka

Mungkin terdengar aneh, apakah benar cuka dapat mengobati ketombean? Ternyata cuka dapat membersihkan residu yang menumpuk di kulit kepala yang menjadi penyebab ketombe.

Bahan:

1/2 cangkir air hangat
1/2 cangkir cuka apel atau cuka putih

Cara:

Campurkan air hangat dan cuka apel. Keramaslah menggunakan campuran kedua bahan ini, gosokkan lembut pada kulit kepala selama beberapa menit. Kemudian bilas rambut menggunakan air bersih. Ulangi cara ini 1 kali seminggu atau kapanpun kamu merasa perlu.

Baking Soda

Baking soda adalah salah satu bahan ajaib yang wajib kamu miliki di rumah. Bahan aktif dalam baking soda berfungsi membunuh jamur, sekaligus sebagai eksfoliasi alami yang lembut.

Bahan:

1 sendok makan baking soda
1 cangkir air
Beberapa tetes rosemary oil

Cara:

Campurkan 1 sendok makan baking soda ke dalam 1 cangkir air hangat. Tuangkan campuran ini ke dalam botol bersih, kocok hingga rata. Gunakan seperti memakai shampoo untuk keramas.

Rambut mungkin terasa kering di awal penggunaan, tetapi minyak alami kulit kepala akan mengembalikan kelembaban rambut seperti semula. Ramuan ini akan menyeimbangkan kadar minyak di kulit kepala sehingga ketombe tidak muncul kembali.

Obat Kumur

Obat kumur seperti Listerine, diam-diam ampuh membersihkan ketombe membandel lho. Di tahun 1930-an, Listerine diciptakan pada awalnya justru untuk mengusir ketombe. Kandungannya ampuh untuk melawan jamur penyebab ketombe.

Bahan:

Air bersih
Obat kumur (usahakan bukan yang berwarna biru atau hijau ya)
Botol spray

Cara:

Campurkan 2 bagian air dengan 1 bagian obat kumur. Setelah keramas, semprotkan campuran air dan obat kumur ke kulit kepala. Pijat perlahan dan biarkan 30 menit. Bilas dengan air bersih.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading