Sukses

Beauty

Jangan Hanya Merawat Rambut, Kenali Tipe-Tipe Kulit Kepala Dan Cara Merawatnya

Merawat kulit adalah hal yang wajib dilakukan jika ingin kulit tetap terlihat sehat hingga tua nanti. Tetapi selama ini kita merawat kulit hanya di bagian tubuh dan wajah. Padahal ada satu bagian kulit yang tak kalah pentingnya untuk dirawat namun sering terlupakan. Yup, kulit kepala.

Kulit kepala bisa dibilang seperti perpanjangan dari kulit wajah kita. Seperti karakter kulit wajah, kulit kepala pun memiliki tipe yang berbeda-beda. Jika tak dirawat, akan mengganggu pertumbuhan rambut dan masalah kesehatan lainnya.

Pada umumnya, kondisi kulit kepala dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor dari luar, misalnya cuaca atau kebiasaan styling rambut yang dilakukan setiap hari (hair dryer, catokan panas) ataupun pengaruh hormonal tubuh seseorang. Lalu, bagaimana mengetahui tipe kulit kepala dan solusi perawatannya? Yuk simak penjelasannya seperti yang dilansir oleh cosmopolitan.com berikut ini.

(vem/wnd)

Kulit Kepala Berminyak

Apakah kamu mengalami rasa lepek dan lengket pada rambut di hari kedua setelah keramas? Jika ya, tipe kulit kepalamu adalah berminyak. Sama halnya dengan jerawat yang ada di wajah, naik turunnya hormon menjadi pemicu intensitas minyak di kulit kepala.

Solusi:
Gunakan masker rambut yang mengandung tanah liat untuk membersihkan folikel. Cuci rambut setiap hari menggunakan daily shampoo atau shampoo khusus rambut berminyak.

Kulit Kepala Sensitif


Tidak ada ketombe, tapi kulit kepala terasa begitu gatal, 'kencang' dan tidak nyaman? Yup, itu tandanya kulit kepalamu sensitif, Ladies. Rasa tidak nyaman tersebut muncul disebabkan peradangan yang terjadi di kulit kepala. Peradangan ini adalah reaksi dari residu produk perawatan rambut yang menumpuk dan tidak bersih maksimal saat mencuci rambut.

Solusi:

Sekali seminggu, ganti penggunaan shampoo biasa dengan scrub untuk kulit kepala. Ini berguna untuk mengikis kulit mati dan membuang tumpukan residu produk perawatan rambut di kulit kepala. Setelah scrubbing, gunakan serum yang kaya akan kandungan lipid serta bersifat mendinginkan kulit kepala.

Kulit Kepala Kering

Rasa gatal dengan bintik-bintik putih kecil disertai rasa perih jika terkena produk perawatan rambut, adalah ciri kulit kepala yang kering. Kelembaban kulit kepala akan semakin menurun di musim dingin dan udara yang kering. Penggunaan catok dan hair dryer akan semakin memperburuk kondisinya. Jika semakin parah, akan memunculkan ketombe-ketombe berukuran besar yang mengganggu rasa nyaman dan bikin minder penampilan.

Solusi:

Setelah mencuci rambut, pakailah kondisioner secara rutin. Aplikasikan sedikit pada kulit kepala untuk memberikan kelembaban. Setiap 2-3 hari sekali, masker rambut menggunakan masker yang terbuat dari asam salisilat selama 10 menit.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading