Sukses

Beauty

4 Cara Ampuh Untuk Mengatasi Ketombe

Ketombe yang menempel di kulit kepala Anda dan menyebabkan gatal yang mengganggu tentu sangat menyebalkan. Sangat sulit rasanya untuk mengenyahkan si putih dari kepala Anda meskipun telah mencoba berbagai shampo anti-ketombe.

Tidak hanya menyebabkan gatal dan mengganggu penampilan Anda, ketombe juga membuat kulit kepala tidak sehat dan rambut menjadi rontok. Ketombe menyebabkan rambut Anda rapuh dan patah yang tentu akan mengganggu kepercayaan diri Anda.

Jika hal tersebut juga Anda alami, Anda perlu mencoba cara-cara untuk melawan ketombe, seperti dilansir Womenshealthmag.com berikut ini.

(vem/cha)

Vitamin

Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin A, B, dan C dapat membuat kulit kepala Anda tetap sehat. Vitamin-vitamin larut air ini sangat penting untuk berbagai sistem dan pertumbuhan sel yang mempengaruhi kesehatan kulit kepala, Vitamin A, B, dan C juga mendukung sistem kekebalan tubuh yang juga membantu melawan ketombe.

Tambahlah buah-buahan dan sayuran kaya vitamin dalam menu harian Anda. Jus buah segar dan sayuran juga dapat menjadi pilihan tepat untuk snack dan penghilang dahaga Anda.

Bersihkan sisir rambut

Sama seperti peralatan make up Anda, peralatan perawatan rambut juga dapat menjadi rumah yang nyaman bagi kuman dan jamur. Karena itu, bersihkan sisir dan sikat rambut Anda secara rutin. Pastikan keadaannya bersih saat Anda gunakan pada rambut Anda.

Bersihkan rambut yang ada pada sisir, lalu rendam sisir dalam larutan cuka dan air hangat selama 30 menit. Ulangi 2-3 kali seminggu untuk mencegah sisir Anda menjadi sarang kuman dan jamur.

Gunakan sampo yang tepat

Zinc atau seng adalah zat kunci untuk melawan ketombe. Zinc memiliki kandungan anti-bakteri yang memperlambat kemunculan ketombe. Periksa sampo Anda, pastikan sampo anti-ketombe Anda mengandung zinc.

Perawatan dan konsultasi dengan ahli

Cobalah perawatan pada salon yang terpercaya di daerah Anda. Sebaiknya perawatan yang Anda lakukan langsung di bawah pengawasan ahli, agar tidak malah memperparah keadaan.

Jika berbagai cara yang Anda lakukan tidak juga menampakkan hasil pada kulit kepala, konsultasikan dengan dokter tentang masalah ketombe yang Anda alami. Dokter akan memberikan saran langkah apa yang harus Anda lakukan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading