Sukses

Beauty

Obat Mujarab Untuk Ketombe

Ketombe merupakan masalah pada rambut yang disebabkan oleh jamur bernama malassezia atau pityrosporum. Sebenarnya kedua jamur tersebut memang hidup di dalam kulit kepala tanpa menimbulkan masalah. Namun akibat stres atau hormon yang tidak seimbang jamur bisa tumbuh tak terkendali lalu menyebabkan kulit kepala gatal serta lepasnya lapisan kulit yang berupa serpihan atau yang kita kenal dengan ketombe.

Ladies, kebanyakan orang menggunakan shampo untuk mengatasi masalah rambut ini, namun penggunaan bahan-bahan alamai seperti minyak jojoba ternyata bisa juga menjadi alternatif yang mujarab mengatasi ketombe. Berikut adalah bahan alami yang bisa menghilangkan ketombe yang dilansir dari laman naturalnews.com:

Minyak jojoba: minyak jojoba paling baik untuk mengatasi ketombe, kandungannya membantu melembabkan dan menutrisi rambut serta kulit kepala. Karena bahannya alami, minyak jojoba juga berperan untuk membantu pertumbuhan rambut.

Biotin: biotin adalah vitamin B berbentuk larutan cair yang membantu memecah karbohidrat, lemak serta protein. Pada rambut vitamin B berperan untuk menguatkan rambut. Vitamin B dapat dikonsumsi sebagai suplemen atau didapatkan dari makanan seperti daging merah, royal jelly atau salmon.

Minyak kelapa murni: minyak kelapa adalah bahan terbaik yang dapat mengatasi ketombe. Penggunaanya cukup dihangatkan lalu diusapkan ke kulit kepala lalu dipijat-pijat. Minyak kelapa sangat cocok untuk mengatasi gatal pada kulit kepala dan membantu menormalkannya. Setelah dipijat, biarkan minyak kelapa beberapa saat agar bekerja sebelum rambut dibilas.

Oleh: Rahmawati

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading