Sukses

Parenting

Mengecat Rambut Saat Hamil. Amankah Bagi Bayi?

Apakah Moms seorang wanita karir yang harus berpenampilan menarik saat bertemu dengan klien atau atasan? Moms pasti tidak suka kala ada uban yang muncul. Daripada mengganggu penampilan, mungkin Moms ingin mengecat rambut saja.

Tapi masalahnya Moms sedang hamil. Jadi, apakah boleh mengecat rambut ketika hamil? Dan apakah mengecat rambut akan berpengaruh buruk bagi kesehatan bayi? Untuk tahu jawabannya, mari kita simak ulasan Roger W. Harms, M.D. yang dilansir di mayoclinic.com.

“Saat mengecat rambut, ada sebagian kecil kandungan cat rambut yang bisa masuk ke kulit. Tapi, bagaimanapun juga mengecat rambut tidak mengganggu perkembangan si bayi”, jelas Harms.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2005 menunjukkan bahwa ada keterkaitan antara mengecat rambut saat hamil dan kanker neuroblastoma pada anak-anak. Tapi beberapa penelitian lainnya yang fokus pada penggunaan cat rambut sebelum dan ketika hamil tidak mendapatkan kesimpulan yang sama.

Banyak peneliti juga menjelaskan bahwa kecil kemungkinannya untuk bayi beresiko terkena tumor saat si ibu menggunakan produk-produk kimia untuk rambut baik sebelum maupun ketika hamil. Tapi, jika saat hamil Moms memang harus mengecat rambut, perhatikan baik-baik anjuran dari Food and Drug Administration berikut:

  1. Ikuti petunjuk pakai pada kemasan dengan benar
  2. Jika mengecat rambut sendiri, gunakan sarung tangan ketika mengecat
  3. Diamkan rambut tidak lebih lama dari yang disarankan di petunjuk pemakaian
  4. Bilas sampai ke kulit kepala sampai benar-benar bersih

Jika Moms masih khawatir untuk mengecat rambut, konsultasikan saja dulu dengan dokter Anda, atau kalau bisa tundalah perawatan rambut yang menggunakan bahan-bahan kimia.

Oleh: Agit Diyanita

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading