Sukses

Beauty

Tips Menghindari dan Mengatasi Ketombe Bagi Wanita Berjilbab

Ketombe memang bisa bikin bete. Kulit kepala tidak nyaman dan gatal karena munculnya si serbuk-serbuk putih yang mengganggu. Bila Anda wanita muslim berjilbab dan tengah mengalami masalah ketombe, maka Anda perlu mengetahui beberapa hal di bawah ini.

Penyebab ketombe

Jangan salahkan jilbab Anda, karena sebenarnya, perawatan yang kurang tepat dan gaya hidup bisa menyebabkan ketombe di kepala. Penyebab umum dari ketombe adalah jamur, kulit kering, stres dan kesalahan pemilihan produk perawatan rambut yang mungkin tidak cocok dengan Anda.

Cara Mencegah Ketombe Muncul di Balik Jilbab Anda

1. Pastikan rambut kering

Setelah keramas, pastikan rambut Anda benar-benar kering untuk ditutup dengan jilbab. Rambut yang masih setengah basah dan ditutup dengan jilbab, akan beresiko memunculkan ketombe.

2. Ganti inner jilbab dengan rutin

Jangan gunakan inner jilbab yang sama lebih dari dua hari. Keringat dan kotoran yang mungkin menempel pada inner jilbab bisa menimbulkan gatal dan tak nyaman pada kepala Anda.

3. Gunakan air teh basi secara rutin

Manfaatkan air teh yang sudah didiamkan semalaman untuk mencuci rambut. Siramkan di kepala sebelum keramas, lalu cuci bersih. Perawatan teratur akan mengurangi ketombe secara berkala.

4. Hair tonic anti ketombe

Gunakan tonik rambut anti ketombe dan anti rambut rontok. Aplikasikan setelah keramas dengan memijat perlahan. Tonik tersebut dapat menjaga kelembaban kulit kepala dan mencegah rambut rontok.

5. Keramas teratur

Jangan biarkan kesibukan membuat Anda menelantarkan rambut. Cuci rambut Anda 3 kali seminggu atau sesuai kebutuhan kulit kepala Anda agar selalu bersih dan terhindar dari keringat berlebih.

Itulah beberapa tips untuk menghindari ketombe bagi wanita muslimah yang berjilbab. Menutup rambut dengan jilbab tanpa merawatnya dapat membuat kelembaban kulit kepala tidak stabil. Hindari stres dan lakukan perawatan teratur agar terhindar dari ketombe. Stay beautiful hijabers.

(vem/gil)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading