Sukses

Lifestyle

Upacara Dahar Klimah dalam Pernikahan Adat Jawa

Upacara dahar klimah dalam pernikahan adat Jawa berlangsung setelah kedua mempelai duduk di pelaminan. Prosesi dahar klimah ini juga disebut ritual dulang-dulangan Ladies.

Upacara ini juga menjadi tradisi yang tidak boleh dilewatkan pada acara pernikahan Ladies, karena prosesi ini juga mengandung makna dengan kepercayaan atau mitos dari nenek moyang yang bersifat turun-temurun.

Dahar klimah merupakan prosesi pernikahan dimana sang pengantin saling menyuapi satu sama lain nih Ladies. Makanan yang disajikan terdiri dari nasi dan lauknya. Lauk berisi lauk pindang hati Ladies.

Pada pelaksanaannya, pengantin pria seharusnya mengepal nasi serta lauknya dengan beberapa kepal dan harus berjumlah ganjil yang kemudian didulangkan atau disuapkan dengan tangan telanjang kepada pengantin wanita. Namun, di jaman sekarang prosesi ini menjadi lebih modern dengan saling melakukan saling dulang atau saling menyuapi dengan sendok Ladies.

Menurut maxx.brides.com makna ritual ini adalah bahwa sebagai pasangan baik pengantin pria maupun pengantin wanita harus saling bekerjasama dalam rumah tangga, saling membantu, dan bahu-membahu. Sedangkan lauk pindang hati nih Ladies, memberi makna sebagai wujud dari kemantapan hati dalam memilih pasangan.

Jadi, percaya atau tidak itulah mitos yang dipercaya dan terus menjadi tradisi yang harus dilakukan. Jika tidak dilakukan, biasanya pihak keluarga pengantin yang akan mendapat teguran loh Ladies.

Nah Ladies, jika berbicara tentang prosesi pernikahan adat jawa memang terbilang banyak dan cukup panjang. Dan dahar klimah adalah salah satu upacara yang juga terdapat dalam prosesi pernikahan adat jawa ini.

Oleh : Dwi Yonas P.

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading