Sukses

Lifestyle

Tradisi Pernikahan Mesir

Pernikahan dianggap sebagai peristiwa terpenting dalam kehidupan masyarakat Mesir, karena pernikahan adalah jalan tersuci untuk memenuhi kebutuhan psikologis dan biologis manusia.

Menurut zawaj.com, tradisi pernikahan di Mesir di era modern tidak jauh berbeda dengan pernikahan di masa lampau. Yang membedakan adalah tempat pesta pernikahannya, kalau dulu cukup di rumah pengantin, sekarang umumnya di hotel.

Pernikahan diawali dengan pertunangan. Keluarga calon pengantin pria mendatangi rumah keluarga calon pengantin wanita untuk meminta restu, dengan membawa Mahr, dan perhiasan yang disebut Shabka. Saat restu dan perjanjian sudah disepakati, mereka akan menetapkan waktu pesta pertunangan dan pernikahan.

Saat pesta pertunangan, seluruh kerabat dan sahabat dekat akan datang dan dijamu dengan aneka makanan dan minuman. Acara intinya adalah ketika calon pengantin pria melingkarkan cincin di jari calon pengantin wanita, menyimbolan keabadian.

Di malam sebelum hari pernikahan, para wanita (kerabat atau sahabat) akan mendatangi rumah pengantin wanita dan merayakan “Henna Night”, mereka akan menari dan menyanyi sedangkan pengantin wanita akan di-henna tangan dan kakinya. Sedangkan para pria mendatangi rumah pengantin pria untuk berpesta, menari dan menyanyi sepanjang malam.

Di hari berikutnya, pengantin melengkapi dan menandatangani surat-surat pernikahan dan mendaftarkan pernikahannya, dihadiri oleh keluarga dan sahabat terdekat.

Acara berikutnya adalah pesta pernikahan. Saat matahari mulai tenggelam, pengantin wanita diarak menuju rumah baru mereka dengan menggunakan kuda atau unta, diiringi oleh musik dan arak-arakan akan dilempari dengan gandum hijau sebagai simbol kesuburan.

Dan sehari setelah pernikahan, ibu dan saudara dari pengantin wanita akan mengunjungi rumahnya dan memberikan makanan, sedangkan kerabat dan sahabat baru akan berkunjung 7 hari setelahnya, juga dengan membawa makanan.

Oleh: Asizah

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading